Mobile Banking BCA adalah salah satu cara baru mempermudah urusan perbankan. Urusan perbankan saat ini tidak dapat dihindari. Hampir setiap orang memiliki akun tersebut. Pengguna akun Bank tidak lagi diribetkan untuk melakukan transaksi di kantor atau counter bank terkait. Cukup membuka telepon pintar, kamu bisa melakukan transaksi perbankan dengan efisien.

Sebagai salah satu Bank terbesar di Indonesia, Bank Central Asia tidak pernah berhenti untuk melakukan inovasi, terutama dibidang keamanan. Sejak dulu, BCA terkenal dengan tingkat keamanan dibidang penyimpanan dan menjaga privasi pelanggan meskipun terkadang proses yang sedikit rumit dan panjang.

Begitu juga dengan inovasi baru Mobile Banking BCA. Setiap proses dan fitur dirancang sedemikian rupa untuk menjaga keamanan pelanggan. Oleh karena itu bagi pekerja dengan jumlah nominal uang besar, lebih mempercayakan Bank Central Asia sebagai partner kerja mereka.

Apa itu M-Banking BCA?

Transaksi perbankan dibuat simpel dengan fitur m-BCA. Kamu bisa melakukan transaksi dimanapun kamu berada. Pastikan saja smart phone kamu memiliki internet atau saldo pulsa, dan pastikan juga memiliki jaringan atau sinyal kuat. Semua transaksi perbankan dapat kamu lakukan secara online melalui aplikasi BCA mobile ini.

BCA (mobile banking) adalah salah satu layanan produk perbankan dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang dapat diakses langsung melalui telepon seluler/hand phone dalam bentuk media SMS atau menggunakan aplikasi BCA mobile. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah transaksi dalam ukuran menit dan dapat melakukan self service. Sehingga, pelanggan tidak perlu datang ke kantor Bank BCA terdekat.

Terdapat beberapa cara mendapatkan aplikasi BCA mobile. Pertama, kamu bisa mengunduh aplikasi BCA mobile melalui Play Store yang ada di handphone Android. Pada papan pencarian, ketik BCA mobile. Kemudian pilih ikon berwarna biru dengan tulisan BCA mobile, lalu install aplikasi. Pastikan ruang memori di smart phone kamu mencukupi.

Kedua, melalui App store yang ada di handphone apple kamu. Tulis BCA mobile pada papan pencarian, lalu install aplikasi. Dan yang terakhir adalah melalui website resmi BCA salah satunya yaitu www.bca.co.id.

Kelebihan M-banking BCA

Kelebihan M-banking BCA dan BCA mobile adalah sabagai berikut:

  1. Mobile banking BCA dapat menggunakan semua jenis operator GSM seperti Telkomsel, XL, Indosat, Axis, Three, dan lain-lain. Sehingga kamu tidak perlu mengganti SIM card untuk mendaftar kan nomor telepon kamu.
  2. Transaksi hemat dapat menggunakan internet. Baik melalui jalur internet GPRS/EDGE/3G/WIFI. Terlebih saat ini kamu bisa dengan mudah mendapatkan WIFI gratis.
  3. Fitur yang cukup lengkap, akan mempermudah kamu melakukan segala jenis transaksi dengan self service. Dimana kamu bisa melakukan transaksi dimana saja kamu berada. Hal ini sangat menguntungkan ketika posisi kamu berada jauh dari kantor atau cabang Bank BCA dan mesin ATM, bahkan kamu juga masih bisa melakukan transaksi ketika berada di luar negeri. Contohnya, untuk pembayaran listrik, kamu tetap bisa melakukan pembayaran melalui aplikasi.
  4. Pada fitur transfer sudah tersedia daftar transfer, dimana nomor rekening tujuan disimpan seperti kontak nomor telepon. Sehingga, ketika ingin melakukan transaksi berikutnya tinggal pilih dari daftar. BCA dapat menyimpan semua jenis Bank.
  5. Pada m-payment juga sudah terdapat fitur simpan nomor atau simpan daftar pembayaraan. Tentunya hal ini sangat membantu dan efisien untuk pembayaran selanjutnya.
  6. Terdapat beberapa layanan terbaru bagi pengguna OS Android dan IOS yaitu fasilitas buka tabungan, chatting sambil transaksi, blokir kartu ATM, kontrol kartu kredit, aktivasi kartu kredit BCA, membuat atau mengubah PIN kartu kredit, transaksi tanpa kartu, dan lain-lain.

Syarat Mobile Banking BCA

Syarat mobile banking BCA yaitu sebagai berikut:

  1. Nasabah atau pelanggan wajib memiliki ATM BCA yang aktif.
  2. Pelanggan adalah pengguna smartphone atau Blackberry, Android, iPhone, dan Windows Phone
  3. Nasabah juga wajib menggunakan SIM Card Operator tertentu, baik SIM Card Mobile Banking siap pakai maupun yang tidak. Kamu bisa mendapatkan SIM Card siap pakai di gerai XL, Indosat, dan GraPari. Kamu juga wajib meletakkan SIM Card di SIM 1 dan menggunakannya sebagai paket internet. Jadi, ketika kamu memiliki 2 SIM Card, kamu harus menggunakan SIM Card terdaftar sebagai SIM Card Internet.
  4. SIM Card atau nomor telepon untuk mobile banking harus sudah terdaftar melalui ATM.
  5. Nasabah harus menginstal aplikasi BCA Mobile sebelum mendaftar.
  6. Jika Nasabah membuat mobile banking di Counter atau cabang kantor BCA, Nasabah atau pelanggan wajib menggunakan PIN kartu ATM BCA untuk aktivasi. Yang kemudian nasabah bisa mengganti PIN pada menu m-admin pada aplikasi BCA Mobile. Sedikit tips untuk PIN, demi keamanan sangat tidak disarankan menggunakan nomor tanggal lahir, pengulangan angka lebih dari 2, dan nomor berurutan lebih dari.

Limit M-banking BCA

Limit m-banking BCA tidak jauh beda dari penggunaan ATM. Untuk limit transfer yaitu tergantung dari jenis ATM yang digunakan. Untuk transfer antar BCA ATM Paspor Silver 25 juta, Paspor Gold/Tapres 50 juta, Paspor Platinum 100 juta.

Transfer antar Bank yaitu Paspor Silver 10 juta, Paspor Gold/Tapres 15 juta, Paspor Platinum 25 juta. Dan untuk tarik tunai yaitu Paspor Silver 7 juta, Paspor Gold/Tapres 10 juta, Paspor Platinum 10 juta.

Limit pembelian pulsa yaitu sebesar Rp. 2.500.000,-/hari. Limit ini sudah gabungan dari limit pembelian pulsa isi ulang dengan e-channel lain seperti ATM BCA, KlikBCA, SMS BCA, SMS Top Up, dan BCA by Phone.

Menu Pada M-banking BCA

Terdapat banyak menu pada m-banking BCA diantaranya:

  1. M-Info yang berisi wallet (informasi saldo), mutasi rekening, beragam info kurs, suku bunga seperti tabungan/deposito RP maupun deposito valas. Selain itu kamu juga bisa melakukan pengecekan kode Bank, info kode perusahaan, info rekening deposito, info saldo dan transaksi kartu kredit, dan informasi saldo dan Mutasi Rekening.
  2. M-Trannsfer yang dapat digunakan untuk pengiriman ke Rekening BCA maupun Bank lain. Kamu bisa melihat kode Bank pada menu M-Info diatas.
  3. M-Payment untuk pembayaran segala macam tagihan credit card, token listrik, PAM, handphone, telepon seluler, asuransi, pembayaran kredit kendaraan, pembayaraan pendidikan dan lain-lain.
  4. M-Commerce berisi pembelian pulsa isi ulang, PLN Prabayar, dan lain-lain.
  5. M-admin digunakan untuk aktivasi, ganti PIN, Registrasi dan menghapus Info Kartu Kredit BCA.
  6. BCA Keyboard. Saat ini bagi kamu pengguna OS Android dan iOS bisa chatting sambil bertransaksi dalam waktu yang bersamaan.
  7. QRku merupakan salah satu fitur baru juga (pengguna OS Android dan iOS). Kamu hanya butuh scan QR untuk melakukan transfer tanpa harus menghafal nomor rekening.
  8. Saat ini, kamu juga bisa membuka rekening baru melalui applikasi (OS Android dan iOS). Anti ribet dan tanpa harus mengantri panjang, kamu bisa melakukan self service membuka rekening baru.
  9. Setor dan tarik tunai tanpa kartu. Lupa membawa kartu ATM tidak lagi menjadi alasan untuk tidak bisa setor atau tarik tunai. Namun, saat ini tidak semua mesin ATM mendukung untuk fitur ini. Dengan kata lain, kamu bisa melakukan transaksi setor dan tarik tunai tanpa kartu hanya di mesin ATM yang menerima layanan ini.

Cara Registrasi M-banking di ATM BCA

Untuk dapat melakukan registrasi m-banking di ATM BCA, pastikan bahwa kamu sudah memenuhi syarat m-banking yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika syarat sudah terpenuhi, proses akan cepat terselesaikan. Berikut ini cara registrasi m-banking di ATM BCA:

  1. Masukan kartu ATM, kemudian masukan PIN kamu.
  2. Pilih transaksi lainya
  3. Pilih jenis transaksi mobile banking
  4. Baca pernyataan yang mengatur tentang mobile banking secara cermat, kemudian setujui.
  5. Masukan nomor telepon yang akan digunakan untuk mobile banking, pastikan nomor telepon berada di SIM 1 pada handphone kamu.
  6. Kemudian, masukan PIN mobile banking yang akan kamu gunakan untuk masuk kedalam aplikasi. Sangat tidak disarankan memilih nomor tanggal lahir atau pengulangan angka sebanyak 6 kali. Jika perlu, kamu bisa mencatat PIN tersebut untuk menghindari kesalahan dan lupa PIN.
  7. Konfirmasi PIN mobile banking seperti PIN sebelumnya.
  8. Proses selesai, biasanya akan tercetak struk.

Cara Aktivasi M-banking

Aktivasi dapat dilakukan setelah melakukan registrasi di mesin ATM. Berikut cara aktivasi m-banking BCA:

  1. Download atau unduh aplikasi BCA Mobile di play store/app store/website BCA.
  2. Setelah menginstal aplikasi, buka aplikasi tersebut dan pilih m-BCA
  3. Accept pada pemberitahuan mobile banking yang muncul.
  4. Selanjutnya masukan No Kartu ATM. No tersebut ada pada bagian depan ATM yang berjumlah 16 angka.
  5. Setelah memasukan No ATM dengan benar, silahkan buat kode akses yang akan digunakan untuk mengakses BCA mobile. Kode harus kombinasi angka dan huruf, bisa huruf kecil atau huruf kapital. Semakin menarik kode tersebut, akan semakin aman.
  6. Kemudian konfirmasi kode tersebut.
  7. Setelah itu, akan ada pemberitahuan ketentuan BCA, pilih send kemudian OK.
  8. Proses telah diselesaikan dan kamu bisa menggunakan aplikasi untuk berbagai jenis transaksi yang tersedia di menu aplikasi.

Cara Transfer Mobile Banking

Cara transfer BCA mobile sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi BCA mobile dan pilih m-BCA, kemudian tekan OK/YES
  2. Pilih m-transfer
  3. Pilih transaksi yang akan dilakukan “antar rekening” atau “antar bank”
  4. Pilih mata uang
  5. Masukan jumlah uang yang akan di transfer
  6. Masukan No Rekening tujuan, jika belum terdapat di daftar No Rekening, kamu harus menyimpan No tersebut terlebih dahulu. Untuk melakukan penyimpanan, kamu akan dikenakan biaya.
  7. Kemudian masukan PIN m-BCA
  8. Lewati keterangan berita
  9. Pilih nomor rekening yang akan digunakan, jika memiliki lebih dari satu, pilih salah satu.
  10. Pastikan informasi dilayar telah benar
  11. Masukan PIN m-BCA

Cara cek info lain dan cara blokir m-banking BCA sangat mudah hanya perlu mengikuti instruksi yang ada. Masuk pada aplikasi, kemudian pilih menu yang diinginkan. Untuk pemblokiran kartu ATM atau kartu kredit, padat kamu lakukan di menu m-admin.

Mobile banking BCA selalu mencoba memberikan inovasi terbaik, salah satu inovasi terbaru yaitu setor dan tarik tunai tanpa kartu pada aplikasi BCA mobile yang telah ada sejak 2017.

Semua inovasi tersebut ada untuk memberikan pelayanan terbaik untuk para nasabah. Mobile banking dan segala fitur yang ada, dapat membantu nasabah melakukan transaksi lebih mudah dan cepat dalam hitungan menit dengan menggunakan smart phone kamu. Jadi, jangan sampai kita kalah smart dari phone kita.

Cari Artikel di Sini