Definisi Marketing – Marketing itu apa? Banyak orang berpikir pemasaran itu cuma tentang iklan atau penjualan. Padahal, pemasaran atau marketing adalah semua hal yang dilakukan untuk mendapatkan pelanggan dan mempertahankan hubungan dengan mereka. Bahkan tugas-tugas gampang seperti memberi ucapan terima kasih, berbincang-bincang dengan calon klien, chatting hanya untuk menanyai kabar dan ngopi dengan klien lama bisa dianggap sebagai pemasaran.

So, What is Marketing Definition?

Berdasarkan bussinesdictionary.com definisi marketing adalah proses memanajemen yang dilalui barang dan jasa untuk berubah dari konsep ke pelanggan. Ini termasuk koordinasi empat elemen yang disebut 4 P pemasaran:
(1) identifikasi, seleksi dan pengembangan produk (product)
(2) penentuan harga (price)
(3) pemilihan jalur distribusi untuk mencapai tempat pelanggan (place)
(4) pengembangan dan pelaksanaan strategi promosi (promotion).

sedangkan menurut ahli,

“Marketing is the management process responsible for identifying, anticipating and satisfying customer requirements profitably.” ( Marketing adalah manajemen proses yang bertanggung jawab untuk mengetahui, mengantisipasi dan memuaskan kebutuhan pelanggan secara menguntungkan. )

-The official academic definition from The Chartered Institute of Marketing (CIM)

 

Selain definisi diatas ada banyak definisi yang berbeda tentang pemasaran. berikut ini beberapa definisi alternatif yang ada:

“Cara yang dilakukan untuk menghubungkan bisnis dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan agar pelanggan mendapatkan produk yang tepat ke tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat”

“Proses manajemen yang mengidentifikasi, mengantisipasi dan kebutuhan pelanggan secara efisien dan menguntungkan”

“Pemasaran dapat didefinisikan sebagai setiap kegiatan manusia diarahkan pada fasilitasi dan pertukaran kebutuhan”

marketing is god LOL

marketing is god LOL

Manakah definisi yang benar? Semuanya benar. Karena semua mengandung esensi pemasaran yaitu:
Pemasaran ialah tentang memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan; Pemasaran ialah fungsi luas dari bisnis, bukan sesuatu yang beroperasi sendirian dari kegiatan usaha lain; Pemasaran ialah tentang memahami pelanggan dan menemukan cara untuk menyediakan produk atau jasa yang pelanggan inginkan.

Nah itu dia beberapa pengertian dari marketing, mulai dari arti umum sampai arti bebas yang berkembang dan semuanya tentu saja memiliki maksud yang sama yaitu memenuhi kebutuhan pelanggan. Cukup sekian untuk definisi marketing semoga bermanfaat. Terima kasih.

Cari Artikel di Sini