Apakah Peran Marketing Support?

Peran Marketing Support – Kebanyakan orang beranggapan keberhasilan dari sebuah bisnis tergantung dari bagaimana penjualan dan pemasaran bisnis tersebut.

Padahal bukan hanya itu,  salah satu faktor yang menjadi penentu keberhasilan dari bisnis terutama marketing adalah tim. Dengan tim yang berkualitas dan skill yang baik keberhasilan marketing akan semakin terbuka lebar

Namun banyak pekerjaan yang harus dilakukan mulai dari awal hingga proses peninjauan ulang terkadang memberikan kesulitan bagi tim terutama tim kecil. Karena itu perlu ada dukungan atau back up dari bagian lain.

Disinilah marketing support beraksi. Tapi sebenarnya siapakah marketing support ini? Apa saja yang mereka lakukan untuk mengatasi hal tadi?. Semuanya akan terjawab jadi teruskan membaca.

Artikel Terkait : Manajemen Humas Efektif

Siapakah Marketing Support?

Dari segi bahasa support berarti dukungan. ibsinternationaltraining.com menyebutkan, marketing support adalah mereka yang menunjang dan memberikan pelayanan pada tim marketing.

Pelayanan seperti apa yang dimaksud? pelayanan ini berupa bantuan pada persiapan produk, proposal, presentasi, demo produk, riset produk, riset tender dan masih banyak lagi.

Dari banyaknya tugas mereka, yang paling umum dilakukan marketing support adalah membantu pada bagian advertising dan Customer Service. Ini karena bagian pengiklanan dan CS memerlukan tenaga banyak dan dengan skill yang mumpuni.

Pada saat ini banyak penyedia jasa marketing support bagi yang tidak memiliki tim pendukung sendiri dan bila dilihat hal ini lebih efektif, selain karena penyedia jasa pasti memiliki tim yang sudah terpercaya, jaringan yang dimiliki mereka pun sudah sangat luas. Sehingga perusahaan tersebut akan lebih mudah dikenal.

Artikel Terkait : 4 Cara Efektif Manfaatkan Marketing Channel

Tapi jika ingin memiliki tim marketing support sendiri, banyak juga training yang dapat diikuti sebagi bentuk persiapan menjadi tim marketing support yang handal.

Dengan memiliki tim marketing support yang handal, setiap perkerjaan yang banyak akan menjadi lebih mudah untuk dikerjakan. Sehingga perusahaan tersebut akan terus berkembang dan bertahan.

Ibarat pepatah mengatakan “Berat sama dipikul, Ringan sama dijinjing”, marketing support memudahkan pekerjaan divisi marketing agar tujuan bersama marketingg dapat tercapai.

Begitulah sekiranya sedikit ulasan mengenai marketing support. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Sekian dan terima kasih.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: