Marketing Sales Integrasi Kesuksesan

Integrasi Marketing Sales – Marketing seperti yang kita tahu adalah proses pemenuhan kebutuhan pelanggan dengen proses jual beli. Lalu ada istilah lain yaitu sales yang secara umum diketahui sebagai upaya untuk menjual barang kepada pelanggan.

Secara sekilas keduanya terlihat sama, yaitu sama-sama meningkatkan keuntungan. Jadi sangat sering orang tidak mengetahui perbedaan keduanya terutama dalam organisasi kecil. Dalam organisasi kecil seseorang dapat melakukan proses pemasaran dan penjualan tapi itu berbeda jika dalam organisasi yang terus tumbuh karena peran dan tanggungan keduanya akan semakin spesifik.

Berikut ini dalam artikel akan dijelaskan perbedaan dan peran serta bagaimana integrasi dari keduanya sehingga bisa membawa usaha anda menuju kesuksesan. Semoga dapat bermanfaat.

Perbedaan Marketing dan Sales

Ilustrasi perbedaan marketing dan sales (sumber : mackalskionmarketing.blogspot.com)
Ilustrasi perbedaan marketing dan sales (sumber : mackalskionmarketing.blogspot.com)

Seperti yang dikutip dari situs diffen.com terdapat beberapa perbandingan yang ditampilkan antara marketing dan sales dalam beberapa aspek berikut pemaparannya :

MarketingSales
Definisirencana yang secara sistematis, penerapan dan kontrol dari kegiatan berbisnis untuk mempertemukan pembeli dan penjualtransaksi penjualan antara dua kelompok dimana pembeli menerima barang dan jasa dengan menukarkan uang; kesepakatan antara pembeli dan penjual pada sebuah harga barang
Pendekatanmemiliki wilayah aktifitas yang lebih luas untuk menjual produk/jasa, hubungan klien dsb; memperkirakan kebutuhan dimasa mendatang dan memiliki strategi yang tepat untuk mempertemukan kebutuhan tersebut utnuk hubungan jangka panjang.membuat kebutuhan pelanggan sesuai  dengan barang yang ditawarkan.
Fokusgambaran umum untuk promosi, distribusi, harga barang/jasa; memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan melalui barang yang ditawarkan.memenuhi target jumlah penjualan.
Prosesanalisis pasar, alur distribusi, produk jasa yang bersaing; strategi harga; pemantauan penjualan dan analisa hasil pasar;budget.biasanya langsung perorangan.
Pandanganjangka panjangjangka pendek
CakupanMarket research; pengiklanan; penjualan; public relation; pelayanan dan kepuasan pelanggan.sekali produk yang dibutuhkan sudah dibuat, pengaruhi pelanggan untuk membeli barang tersebut agar kebutuhannya terpenuhi.
Strategimenarik pelangganmendorong pelanggan
PrioritasMarketing menunjukkan bagaimana menyentuh pelanggan dan membangun hubugan jangka panjang bersama.penjualan adalah segalanya dalam pemasaran
Identitastarget marketing adalah membangun brand sehingga dapat dengan mudah dikenali dan memenhi kebutuhan pelanggan.sales adalah strategi untuk mempertemukan kebutuhan pada setiap kesempatan, metode individual, dikendalikan melalui interaksi manusia. tidak ada permis untuk identitas brand, jangka panjang dan terus menerus. murni hanya kemampuan untuk mempertemukan kebutuhan pada waktu yang tepat.

Integrasi Marketing Sales

Anda tahu anime Dragon Ball? dalam anime tersebut 2 tokoh utamanya, Goku dan Vegeta melakukan “fusion” menjadi Gogeta agar lebih kuat untuk mengalahkan musuhnya. Seperti halnya “sales” dengan kemampuan persuasif dan “marketing” yang mengutamkan pemenuhan kebutuhan serta hubungan jangka panjang, jika digabungkan keduanya akan memberikan perkembangan yang pesat pada bisnis anda.

Bagi seorang salesman untuk dapat melakukan transaksi pada umumnya memerlukan 8 kali melakukan “ajakan”. Dari ajakan tersebut terbagi menjadi 3 fase yaitu dingin, hangat dan panas. Semakin anda dapat menarik pelanggan pada fase yang lebih panas kemungkinan besar mereka akan menjadi pelanggan anda.

Permasalahan yang sering terjadi adalah penjual terkadang hanya memilih salah satu cara yang membuat mereka nyaman padahal agar dapat melakukan transaksi cara marketing dan sales harus dilakukan bersama. Contohnya orang yang pemalu mungkin akan melupakan taktik penjualan seperti networking dan hanya mengandalkan program pemasaran impersonal. Sebaliknya, bagi orang yang terbuka mereka akan mengahabiskan berjam-jam pada fase dingin pada networking tapi gagal meloloskan trasnsaksi karena kurangnya dukungan marketing.

Solusinya, kelompokan mana saja prospek yang berada pada fase dingin, hangat dan panas. Kemudian tentukan strategi untuk melakukan pendekatan dan motivasi yang pas bagi masing-masing kelompok. Taktik sales yang dapat digunakan  untuk menghadapi fase dingin itu seperti networking, cold-calling dan partisipasi dalam pameran pemasaran, sedangkan tktik marketingnya adalah dengan advertising, public relation, email langsung, seminar, promosi spesial dan melalui website. Bagi pelanggan dengan fase hangat, taktik sales dapat berupa follow-up call, kopdar, surat penawaran dan networking. Agar dapat mendekati fase ini taktik marketing seperti pengiklanan, PR dan direct email, broadcast fax dan suratkabar elektronik plus juga dapat digunakan bersamaan. Tembusnya penjualan pada umumnya memerlukan “personal heat” baik itu melalui panggilan atau secara langsung, presentasi atau pengjuan proposal, estimasi atau kontrak.

Daripada menghindari taktik  yang kurang nyaman bagi anda, seperti cold-calling atau pubic relation, lebih baik mengambil kesempatan itu untuk memoles keterampilan anda atau mencari orang dengan bakat yang pas untuk bekerja sama atau kemitraan, subkontrak, atau menyewa. Mulailah dengan memilih dua penjualan dan dua taktik pemasaran, dan plot semua kegiatan yang diperlukan untuk membawa mereka keluar. Kuncinya adalah untuk bersikap realistis dan tidak berlebihan. Nah itu dia sedikit tentang marketing sales, semoga dapat bermanfaat bagi anda untuk meningkatkan pertumbuhan usaha anda.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: