Marketing Officer, Roda Gigi Penggerak Marketing

Peran Marketing Officer – Setelah sebelumnya beberapa artikel membahas tentang petinggi yang ada pada Marketing Department, kali ini kita akan mengulas mengenai salah satu anggota penting dari marketing yaitu marketing officer.

Dalam tingkatan yang paling atas di departemen pemasaran kita mengenal CMO yang memimpin jalannya departemen ini. CMO atau Chief Marketing Officer membawahi mereka yang kita sebut sebagai Marketing Officer.

Lalu siapa saja marketing officer ini? Dikutip dari thenest.com marketing officer adalah mereka yang bertugas membawa kemajuan bagi departemen marketing suatu perusahaan.

Jika anda menjadi seorang MO, anda akan mengetahui betapa rumitnya tugas mereka. Mulai dari pengembangan ide, branding dan lain sebagainya, dan itu semua pekerjaan kunci dari berhasilnya marketing perusahaan

Agar anda dapat mengantisipasi “kelabakan” dari banyaknya pekerjaan anda harus mengetahui apa saja yang dilakukan oleh seorang MO. Berikut ini beberapa tugas dari marketing officer :

1. Pembiayaan dan Perencanaan

Seorang MO paling pertama bertanggung jawab pada pengelolaan finansial marketing dalam bisnis. Karena pemasukan biaya dipengaruhi penjualan, maka sering ada interaksi antara bagian pemasaran dan penjualan. Hal ini agar biaya yang dikeluarkan dapat efektif dan memberikan profit yang signifikan bagi perusahaan.

Selain itu sebagai MO sudah menjadi tugasnya untuk menentukan rencana yang baik untuk memandu fokus pemasaran perusahaan dan strategi apa  yang akan diterapkan. Selajutnya rencana tersebut diawasi dan diaplikasikan kedalam tindakan yang nyata bersama dengan anggota tim yang lain.

2. Brand Image dan Market Placement

Brand Image merupakan kombinasi dari berbagai hal. Presentasi dan pesan marketing sangat penting dalam membentuk brand perusahaan. Penempatan pasar dari brand juga sangatlah penting dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap brand tersebut.

Sebagai MO, anda harus bisa memanipulasi gambaran ini untuk menentukan penempatan pasar yang sesuai untuk meningkatkan keuntungan. Anda juga dituntut untuk bisa membentuk brand dari produk baru yang belum pernah ada agar bisa diterima konsumen dengan baik.

3. Perluasan

Mampu melihat kesempatan adalah hal penting bagi seorang MO. Ketika melihat kesempatan bagus sudah menjadi tugasnya untuk melakukan ekspansi, baik itu mengembangkan produk baru atau menggunakan strategi pemasaran yang efektif. Diperlukan persiapan matang maret research dan lainnya serta ide-ide kreatif agar perluasan pasar dapat berhasil maksimal.

Artikel Terkait : Marketing Research

4. Memahami Pelanggan

Tugas lain dari MO adalah menemukan cara-cara baru untuk meningkatkan dan menyederhanakan hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Salah satu caranya adalah melalui iklan yang kreatif dan inovatif selain itu menciptakan cara baru agar pembelian dan pengiriman barang ke pelanggan lebih mudah.

Semua itu tadi akan sulit jika anda sebagai MO tidak memahami pelanggan. Anda perlu melihat dari sudut pandang pelanggan, pada apa saja mereka tertarik, masalah apa yang mereka hadapi dan apa yang mereka perlukan. Setelah anda mengetahuinya akan lebih mudah bagi anda untuk menciptakan hubungan yang baik.

5. Memahami Risiko dan Aturan

MO akan sering berurusan dengan risiko hukum dan keuangan. Salah satunya adalah pengawasan tehadap pembuatan iklan. Dalam pembuatan iklan jangan sampai ada konten yang dapat berisiko menimbulkan masalah seperti syarat ketentuan berlaku yang tidak tercantum akibatnya banyak komplain dari pelanggan yang akhirnya citra perusahaan akan memburuk.

Dengan mengetahui risiko dan aturan yang berlaku, anda dapat meminimalisir risiko yang mungkin terjadi dan menciptakan keuntungan dengan memanfaatkan aturan yang ada.

Nah itu dia sedikit mengenai marketing officer. MO ibarat roda gigi dalam jam, meskipun kecil namun memiliki peran penting dalam menggerakkan jarum jam dan menunjukkan waktu yang tepat. Setiap bagian memiliki peran penting begitu juga marketing officer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda sekian terima kasih.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: