8 Hal Penting dalam Marketing Mix (Bauran Pemasaran)

Marketing Mix – Pada artikel kali ini saya ingin membahas tentang bauran pemasaran atau bahasa kerennya adalah Marketing Mix. Marketing Mix sendiri mulai populer dalam beberapa dekade terakhir ini. Tetapi, apa itu sebenarnya marketing mix ?

Kalau secara harfiah atau tata bahasanya kita dapat menarik benang merah yaitu marketing adalah pemasaran, sedangkan mix adalah campuran/bauran. Sehingga dalam bahasa Indonesia disebut dengan bauran pemasaran.

Sedangkan pengertian marketing mix menurut ahli sebagai berikut “Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the market.”(Marketing Management,1997).

Dalam bahasa Indonesia kurang lebih berarti kumpulan dari beberapa tool/alat/variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan menggunakan suatu badan usaha tertentu untuk mencapai tujuan marketing/pemasaran dalam suatu pasar tertentu. Sehingga, konsep marketing mix ini adalah kita menggunakan variabel pemasaran untuk menguasai market/pasar tertentu.

Dari pengertian diatas ada point penting yang dapat kita ambil yaitu variabel-variabel pemasaran. Lalu apa saja variabel pemasaran tersebut? Menurut Lovelock dan Wright mereka adalah ahli pemasaran merumuskan 8 variabel marketing mix yang dapat menjadi alat penting untuk pemasaran. Berikut ini 8 variabel bauran pemasaran :

  1. Product Elements adalah semua hal/komponen yang mempengaruhi kinerja layanan (jasa ataupun produk) sehingga menciptakan suatu nilai (kepuasan) tertentu bagi pelanggan.
  2. Place, Cyberspace, and time adalah keputusan yang diambil oleh pihak perusahaan (manajemen) mengenai tempat, waktu, serta bagaimana membuat suatu layanan terbaik bagi konsumen.
  3. Promotion and education adalah aktivitas promosi/memperkenalkan produk/jasa perusahaan kepada konsumen melalui aktivitas komunikasi 2 arah (perusahaan dengan konsumen) secara insentif guna membangun persepsi pelanggan yang dikehendaki oleh perusahaan. Dan goal/tujuan utamanya adalah mereka mau menggunakan layanan kita.
  4. Price and other user outlayss adalah pengeluaran dalam bentuk uang ataupun yang lain (waktu, dll) yang dilakukan oleh pelanggan saat membeli ataupun menggunakan jasa dari perusahaan tawarkan. Dari sinilah persepsi positif harus dibangun agar menciptakan pelanggan yang loyal.
  5. Process adalah suatu rangkaian tindakan/pengoperasian yang dibutuhkan untuk menyajikan/memberikan pelayanan terbaik (jasa ataupun produk) bagi pelanggan.
  6. Productivity and quality, produktivitas ialah efesiensi sejauh mana masukan-masukan terhadap layanan perusahaan ditransformasikan terhadap hasil layanan yang lebih baik sehingga dapat menambah nilai yang positif (persepsi) si pelanggan.Sedangkan kualitas ialah nilai atau derajat suatu layanan yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan maka nilai kualitasnya semakin tinggi.
  7. People adalah orang (pelanggan dan karyawan) yang terlibat dalam kegiatan produksi/pemakaian produk (service production).
  8. Physical Evidence ialah perangkat-perngkat/variabel yang dibutuhkan untuk menyajikan secara nyata/real terhadap kualitas layanan ataupun produk yang disajikan.

Itu tadi adalah 8 unsur dalam marketing mix yang dapat Anda jadikan bahan evaluasi untuk bisnis Anda. Semoga artikel ini memberikan pengetahuan yang cukup demi perkembangan perusahaan Anda.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: