Definisi CMO

Chief Marketing Officer atau CMO adalah bagian dari Eksekutif Marketing. Mereka berperan sebagai pemimpin tim marketing. Namun terkadang kinerja CMO tersebut menurun sehingga tersalip oleh perkembangan yang begitu cepat dan mengekibatkan perusahaan tertinggal. Dalam artikel ini akan dipaparkan 11 cara yang dapat anda lakkan agar menjadi seorang marketing executive yang sukses. Selamat menyimak.

Tips Sukses CMO

Ketika anda menjadi marketing eksekutif anda dapat memilih ingin menjadi seorang CMO yang luar biasa, biasa – biasa saja atau malah gagal total. Jalan yang anda pilih itu tergantung dari perilaku anda. Karena itu kami sudah merangkum 11 kriteria yang dapat mengantarkan anda menjadi marketing executive sukses.

artikel terkait : Manajemen Pemasaran

1. Menjadi orang yang selalu visioner

Pemasaran adalah industri yang berkembang dengan kecepatan kilat. Seorang CMO sukses tahu bagaimana keadaan pemasaran hari ini, bagaimana perusahaan mendominasi, dan apa yang perusahaan inginkan setiap harinya dalam 12 bulan ke depan.

2. Mengerti apa yang diinginkan

Konsumen tidak ingin hard selling atau promosi berlebihan – mereka ingin iklan asli yang terlihat seperti konten biasa, menghibur dan informatif. CMO sukses tahu apa yang diinginkan konsumen dan bagaimana menyajikannya.

3. Memanusiakan manusia

Jelas, kan? Pemasaran didasarkan pada kemampuan untuk bekerja dengan banyak orang, memahami manusia dan bertransaksi dengan orang. Namun, tidak semua CMO dapat bersosialisasi dengan baik. Bersosialisasi (dengan baik) adalah keterampilan yang dapat dipelajari, disesuaikan keadaan dan selalu berimprovisasi.

4. Mediator yang hebat

Tugas seorang CMO bukan hanya memberikan ide baru tapi juga untuk memastikan tim pemasaran bekerja sebagai sebuah unit dan menangani isu-isu yang muncul antara departemen. Mereka seperti orang tua,mediator dan sahabat untuk tim nya.

seorang CMO atau maketing executive harus menjadi mediator yang baik bagi timnya (sumber: jhonson.cornell.edu)

5. Tidak terjebak dalam rutinitas

Lanskap pemasaran yang berkembang, pelanggan yang berkembang harus membuat CMO dapat mengikuti itu. Hanya karena taktik pemasaran bekerja tahun lalu (atau bahkan bulan lalu) tidak berarti itu akan sekarang. Karenanya CMO harus berkembang bukan stagnan

6. Memahami data dan informasi

Manajemen dan analisis data akan menentukan langkah berikutnya dari tim pemasaran. Namun, jika CMO tidak menyadari pentingnya data, tidak tahu bagaimana bergelut dengan itu, atau tidak dapat menindaklanjuti dengan tugas yang sesuai, itu tidak berharga. CMO sukses menemukan cara pengumpulan data yang bekerja untuk mereka.

7. Good Leader

Tidak semua pimpinan itu seorang pemimpin. Tapi kepemimpinan atau leadership ini dapat diasah. CMO harus menjadi pemimpin untuk memastikan keberhasilan perusahaan.

8. Thought-leader

CMO harus ahli dalam industri mereka dan idealnya berada di jalur untuk menjadi thought leader. Ini berarti berfokus pada personal branding, berbagi keahlian, dan membuat branding untuk dirinya sendiri (dan perusahaan mereka).

9. Berpengalaman

Jika seorang CMO terlalu sedikit pengalaman atau kaku, dapat merugikan perusahaan. Idealnya seorang CMO memiliki pengalaman yang pas dan biasanya berada pada kisaran umur matang 30an.

10. Inovatif dan Kreatif

Pemasaran selalu tentang peluang inovasi. Sebuah CMO besar harus inovatif dan selalu berpikiran maju.

11. Berkomitmen untuk perusahaan

Loyalitas dapat mengantarkan jauh di dalam bisnis dan sayangnya hal itu sudah jarang diterapkan. Seorang CMO besar berkomitmen untuk perusahaan dan karyawan nya dan akan melihat cara untuk mengangkat mereka.
(dikutip dari inc.com)

11 kriteria ini dapat anda gunakan sebagai patokan anda untuk menjadi marketing eksekutif yang sukses. Setelah anda membiasakan diri mendapatkannya bukan tidak mungkin jalan anda menjadi seorang marketing eksekutif sukses akan terbuka lebar..

Cari Artikel di Sini