Marketing Communication, Senjata Ampuh Marketing

Definisi Marketing Communication – Pernahkah anda tidak berbicara pada seorang pun selama sehari penuh? atau malah sebaliknya? Anda selalu berbicara pada setiap orang, meskipun itu hanya untuk basa-basi. Hal itu wajar karena pada dasarnnya manusia adalah mahluk sosial yang pasti memerlukan orang lain dan salah satu penghubungnya adalah komunikasi. Hampir tidak mungkin ditemukan manusia yang sama sekali tidak berkomunikasi seumur hidupnya. Bahkan bayi yang belum bisa berbicara pun dapat berkomunikasi dengan caranya sendiri seperti tangisan. Komunikasi memiliki kekuatan sendiri yang masih belum bisa dijelaskan dengan sempurna bahkan oleh ilmuwan. Dengan komunikasi, seseorang yang putus asa dapat kembali bersemangat atau orang dapat sakit hati hanya dengan berkomunikasi dengan orang yang “berlidah tajam”. Selain itu dengan komunikasi, sebuah informasi dapat tersebar hanya dalam beberapa detik. Sekarang bayangkan kekuatan tersebut anda terapkan dalam marketing, tentu bisa menjadi booster terhadap barang dan jasa yang anda tawarkan. Agar hal tersebut dapat anda rasakan silahkan simak artikel berikut yang menjelaskan sekilas bagaimana marketing komunikasi dapat menjadi senjata ampuh dalam marketing.

Apa itu Marketing Communication?

Marketing Communication atau marketing komunikasi terdiri dari gabungan 2 kata dasar yaitu marketing dan komunikasi . Marketing seperti dalam artikel Marketing, What it is? ialah tentang memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan yang menguntungkan. Sedangakan komunikasi adalah cara 2 individu atau lebih untuk berinteraksi dan saling memahami. jadi secara bebas dapat diartikan bahwa marketing komunikasi itu upaya memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan melalui interaksi agar saling memahami dan saling diuntungkan. Berdasarkan businessdictionary.com marketing komunikasi adalah Pesan promosi  yang terkoordinasi dan disampaikan melalui satu atau lebih saluran seperti media cetak, radio, televisi, surat langsung, dan personal selling.

Marketing komunikasi adalah bagian dari wilayah subjek secara keseluruhan  yang dikenal sebagai marketing. Marketing memiliki Marketing Mix yang terdiri dari Product, Place, Promotion, Price (dikenal sebagai 4P), dan ditambah People, Process dan Physical Evidence, ketika Marketing mix jasa atau yang dikenal sebagai tujuh 7P. (Baca lebih lanjut: Marketing Mix: Marketing 7P)

Lalu dimana letak marketing komunikasi? Marketing komunikasi termasuk dalam Marketing Mix bagian Promotion. Karena komunikasi menjadi kunci utama dalam mempromosikan apapun misalnnya:

  • Advertising (ATL dan BTL).
  • Sponsor.
  • Pengemasan.
  • Merchandising (dan point-of-sale).
  • Marketing (dan promosi internet).
  • Branding.

Hal diatas harus dapat berkomunikasi dengan baik agar pelanggan dapat merasakan “efek” dari apa yang ditawarkan. Bagaimna cara mengkomunikasikannya? salah satunya dengan Marketing komunikasi yang terintegrasi. Komunikasi pemasaran terpadu melihat unsur-unsur komunikas menjadi kesatuan yang utuh. Hal ini dikenal sebagai Marketing Mix Communication, dan membentuk dasar dari promosi komunikasi pemasaran.

Mengapa harus terintegrasi? Terpadu atau Integrasi berarti menyatukan atau menggabungkan, atau secara sederhana  seperti potongan puzzle yang bersama-sama membuat gambaran yang lengkap. Hal ini dimaksudkan agar pesan tunggal yang sama dapat disampaikan oleh semua komunikasi pemasaran. Pesan yang berbeda-beda dapat membingungkan pelanggan dan malah merusak merek. Jadi jika iklan TV membawa logo, gambar dan pesan tertentu, maka semua iklan di surat kabar dan bahan point-of-sale harus membawa logo, gambar dan pesan yang sama, atau salah satu yang sesuai dengan tema yang sama. Misalnya Coca-Cola menggunakan logo merah dan putih yang mudah dikenali dan mempertahankan tema kebersamaan dan kenikmatan di seluruh komunikasi pemasarannya.

gambaran umum marketing komunikasi terpadu

gambaran umum marketing komunikasi terpadu

 

Tujuan komunikasi pemasaran

Komunikasi pemasaran memiliki dua tujuan. Salah satunya adalah untuk menciptakan dan mempertahankan permintaan dan preferensi untuk produk. Yang lain adalah untuk memperpendek siklus penjualan.

Menciptakan Preferensi
Menciptakan preferensi merupakan upaya jangka panjang yang bertujuan menggunakan alat komunikasi untuk membantu memposisikan produk atau perusahaan di benak target pelanggan.

Positioning dan branding membutuhkan waktu dan memerlukan konsistensi tertentu (tidak hanya dalam upaya komunikasi sendiri, tetapi juga dalam hal elemen inti dari produk, harga, dan distribusi) dan oleh karena itu hal ini merupakan komitmen penting bagi perusahaan.

Membangun preferensi dengan branding akan berdampak pangsa pasar, profitabilitas dan bahkan akses anda ke pembeli dan dengan demikian dapat memberikan nilai jangka panjang bagi perusahaan.

Memperpendek Siklus Penjualan

Memperpendek siklus penjualan berarti membantu penjualan anda dan mitra anda dalam upaya mereka untuk mengetahui, terlibat dan mengirimkan ke pelanggan. Memahami proses pembelian pelanggan menjadi wawasan penting untuk mengetahui bagaimana seseorang dapat memperpendek siklus penjualan.

Secara umum, teknik komunikasi yang digunakan untuk memperpendek siklus penjualan, secara alami lebih taktis daripada yang digunakan dalam membangun merek. Namun demikian, strategi anda untuk mencapai dua tujuan Marketing Communication harus seimbang atau legitimasi rencana anda akan dipertanyakan, jika satu tujuan mengambil prioritas di atas yang lain. Anda harus memiliki kerjasama erat dengan penjualan dan mitra anda dalam menghadapi pelanggan agar mendapatkan keseimbangan yang tepat ini.

Setelah sekilas mengetahui Marketing Komunikasi yang perlu anda lakukan adalah praktik dan mengecek apa yangsudah anda lakukan agar ada peningkatan baik dari keuntungan atau kinerja anda terhadap pelanggan. Itulah sedikit tentang Marketing Communication, Senjata Ampuh Marketing semoga dapat bermanfaat terima kasih.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: