Ingin Belajar lebih Efektif, Manajemen Waktu Belajar Solusinya

Manajemen waktu belajar – Pengertian manajemen waktu belajar adalah upaya yang dilakukan untuk mengatr porsi waktu yang digunakan terutama untuk belajar agar proses belajar dapat efektif dan ilmu dapat terserap dengan mudah.

Terkadang kita mengalami susah untuk mengatur waktu belajar kita. Padahal belajar itu penting bagi kita, nah apa akibatnya bila kita tak bisa mengatur waktu belajar kita?

Hal ini berakibat pada menurunnya prestasi kita. Terus bagaimana kita dapat mengatur waktu belajar kita. Seperti kutipan dari kompas.com ada tips untuk manajemen waktu belajar kita.

Sebagai sorang mahasiswa pastilah kita bertanggungjawab penuh akan waktu serta keuangan. Sedangkan waktu itu terus bergulir tanpa kita sadari, bila tak dapat memanfaatkan dengan baik maka kita tak dapat mencapai hasil yang maksimal.

Bila kita terlalu memforsir waktu untuk belajar akan sama buruknya dengan terlalu banyak main, benar kan? Nah untuk itu maka kita perlu mengatur waktu yang proporsional. Berkut ini tips agar kita dapat mengatur waktu secara proporsional.

Artikel Lain : Tips Lengkap Manajemen Bisnis

1.Ketahui waktu personal

Untuk memulai mengatur waktu, kita harus tahu alokasi waktu kita serta sisi waktu yang ada. Dengan begitu kita dapat memaksimalkan waktu sisa dari aktivitas rutin kita dengan baik serta bijak.

Agar dapat mengetahui perkiraan yang akurat, maka kita dapat menelusuri waktu yang kita habiskan dalam seminggu.

Caranya mudah, kita harus mengetahui waktu yang kita habiskan setiap aktivitas perharinya, lalu kalikan 7. Lalu jumlahlah semua aktivitas seminggu tersebut untuk mendpatkan total aktivitas rutin selama seminggu.

Setelahnya 168 dikurangi total aktivitas rutin, hasilnya adalah waktu yang harus kita gunakan untuk belajar.

2.Formula jam belajar

Agar dapat mencapai hasil maksimum, kita juga perlu untuk mengalokasikan waktu belajar untuk tiap pekan secara baik.

Kita dapat menggunakan cara praktis, misal 2 jam per pekan untuk mata kuliah mudah, 3 jam perpekan untuk mata kulaih lebih sulit, serta 4 jam untuk mata kuliah sulit.

Coba kita bandingkan langkah pertama dengan kali ini, hal ini bukan hanya sekedar dari soal kuantitas waktu belajar tapi juga kualitas.

Manajemen waktu belajar
seorang manajer bagaikan pemain catur yang menggerakkan anak buahnya (image : google)

3.Jadwal harian

Banyak metode yang dapat kita gunakan, akan tetapi pilihlah sesuai dengan kepribadian, misalkankan buat catatan kecil yang ditempel pada dinding kamar. Lalu mulailah dengan masukkan jadwal utama seperti makan, kuliah, bekerja dan sebagainya.

Aturlah seperti rumus kedua tadi, lalu belajarlah pada jam saat kita masih bersemangat. Tapi jangan lupa beristarahatlah setiap jamnya 10 menit, ini kita lakukan agar tidak bosan dan merifresh otak.

4.Tak perlu perfeksionis

Pasti kita ingin menjadi seorang perfeksionis, kana tetpi hal itu hanya akan membuat keterpurukan bagi kita. Karena kita tahu bahwa tak ada manusia yang sempurna. Dan biasanya juga kita kan menghindari serta menunda tugas yang sulit.

5.Belajar untuk berkata ‘tidak’

Terkadang saat kita telah menjadawalkan waktu untuk belajar, teman kita malah mengajak untuk nongkrong atau pergi, padahal kita ingin menolak tapi kita tak ingin mengecewakan orang lain.

Nah untuk itu kita perlu managatakan ‘tidak’ dengan cara yang span haruslah menjadi kebiasan kita. Dengan begitu kita akan bebas untuk menggunakan waktu untuk hal yang penting.

Artikel Lain : 6 Buku Manajemen Yang Wajib Dibaca

6.Belajar menetapkan prioritas

Terkadang kita tak tahu untuk memprioritaskan sesuatu. Padahal aktivitas tersebut amat penting bagi kita, seperti tanggungjawab serta janji kita kepada orang lain.

Dan banyak orang yang menunda-nunda pkerjaan padahal kita tahu bahwa pekerjaan tersebut mudah dan penting bagi kita.

7.Mengombinasikan lebih dari satu aktivitas

Ataupun kita dapat mencoba agar menggabungkan sejumlah aktivitas dalam satu waktu. Misalkan saja saat menonton film kita dapat membuat pengeluaran kita. Maka jadilah orang yang kreatif agar dapat memanfaatkan waktu dengan baik.

8.Kesimpulan

Setelah kita membuat, menetapakan jadwal tersebut sehingga menjadi sebuah kebiasaan, kita akan meneyseusikan diri. Kita juga harus jujur pada diri sendiri dalam hal membuat serta menaatinya.

Karena kita lebih mudah melakukan sesuatu diwaktu sisi dibandingkan mencari waktu ekstra.

Nah demikianlah tips manajemen waktu belajar, hal itu sangatlah penting dilakukan agar kita dapat memanfaatkan waktu semaksimal mungkin. Kerana bial kita rasakan waktu itu berjalan dengan cepat.

Terima kasih telah membaca artikel kami, semongga bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel yang lainnya.

 

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: