Dalam perang hal yang paling menentukan kemenangan adalah pemanfaatan strategi yang digunakan. Walaupun hanya dengan strategi yang ringan, jika panglima perang handal menggunakan strategi tersebut kemenangan bukan hal yang mustahil.

Tidak hanya dalam perang, strategi yang efektif juga akan mengantarkan kita pada keberhasilan. Begitu juga jika dalam bisnis kita menggunakan strategi yang tepat sudah pasti keuntungan berlipat. Tapi bagiamana bisa menentukan strategi yang tepat?.

Salah satu caranya adalah dengan manajemen strategi. Apa itu manajemen strategi? dan bagaimana manajemen strategi bisa memeberi kita strategi yang tepat?. Semuanya akan kita jawab dalam artikel ini, bersama kita akan tahu semua tentang manajemen strategi.

Artikel Lain : Cara Mendapatkan Ribuan Add Friend Facebook

Definisi Strategi

Pengertian Strategi adalah sebuah cara atau pendekatan yang sangat menyeluruh dan sangat berkaitan dengan adanya pelaksanaan gagasan atau suatu perencanaan serta eksekusi dalam suatu aktivitas yang berada dalam kurun waktu tertentu.

Untuk mendapatkan strategi yang baik tentu saja dibutuhkannya koordinasi atau tim kerja serta mempunyai tema untuk dapat melakukan identifikasi terhadap factor pendukung yang memiliki kesesuaian dengan prinsip untuk melaksanakan pendapat yang sangat rasional atau efisien baik itu dalam pendanaan maupun untuk mendapatkan taktik demi mencapai tujuan yang efektif.

Pengertian strategi tersebut memang sangat mudah untuk dipahami dan bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai makna strategi tersebut maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Definisi Umum Manajemen Strategi

Strategic Management atau manajemen strategi sendiri adalah analisis sistematis dari faktor pada lingkungan eksternal dan lingkungan internal untuk memberikan dasar dalam manajemen yang optimal (businessdictionary.com).

Strategi bisa juga kita artikan sebagai arah umum yang ditentukan perusahaan dan berbagai komponen untuk mencapai keadaan yang diinginkan di masa depan. Strategi merupakan hasil dari proses perencanaan strategis rinci yang melibatkan berbagai proses.

Jadi secara umumnya kita bisa pahami kalau manajemen strategi ini merupakan pelaksanaan dan perumusan tujuan utama perusahaan berdasarkan keadaan perusahaan dan lingkungan. Gampangnya kita mengelola apa yang kita miliki untuk nantinya dimanfaatkan dengan strategi agar sesuai dengan tujuan kita.

Artikel Lain : 8 Bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan & Tips Sukses

Macam Macam Strategi

Strategi itu sendiri dibedakan oleh adanya taktik dimana taktik tersebut mempunyai ruang lingkup yang jangkauannya lebih sempit dan juga hanya mempunyai waktu yang lebih singkat meskipun seringkali pada kenyataannya orang mengaitkan kedua kata tersebut.

Berikut ini ada satu contoh yang berkaitan dengan Pengertian strategi untuk dapat menggambarkan perbedaan dari dua kata yang dijelaskan diatas tersebut. Jadi strategi untuk memenangkan seluruh kejuaraan tersebut dilakukan dengan menggunakan taktik yang berguna untuk dapat memenangkan suatu pertandingan.

Pada mulanya kata strategi ini hanya digunakan oleh kepentingan militer saja namun strategi ini terus berkembang hingga digunakan oleh hampir seluruh bidang. Beberapa contoh penggunaan strategi tersebut yaitu strategi bisnis untuk mencapai keuntungan atau laba.

Dalam strategi bisnis ini anda dituntut untuk mengetahui bagaimana cara bersaing sebab dalam dunia bisnis biasanya terdapat beberapa tekanan persaingan seperti adanya pendatang baru, kekuatan tawar menawar yang dilakukan oleh pemasok dan lain sebagainya.

Juga ada strategi olahraga seperti bermain sepak bola maupun tenis atau juga catur. Juga ada strategi ekonomi yang mencakup tentang pemasaran juga perdagangan. Lalu untuk strategi lainnya adalah strategi manajemen. Strategi tersebut sangat dibutuhkan oleh seseorang yang ingin mencapai tujuannya dengan mengalahkan banyak pesaing. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari Pengertian strategi.

Tujuan dan Manfaat Manajemen Strategi

Manajemen strategi memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah untuk menjalankan dan mengevaluasi efektifitas dan efisiensi strategi yang sudah dipilih. Misalnya mengevaluasi kinerja, menyesuaikan strategi dengan lingkungan, dan merevisi setiap penyimpangan atau kesalahan yang ada saat pelaksanaan strategi.

Selain itu manajemen strategi dapat digunakan untuk meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman bisnis yang ada. Sehingga perusahaan bisa melakukan inovasi produk atau barang yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Dikutip dari pengertianku.net, jika kita menggunakan manajemen strategi kita akan mendapatkan sejumlah keuntungan. Salah satunya kita bisa mendapatkan keputusan terbaik karena ada banyak elemen yang masuk dalam proses manajemen.

Artikel Lain : Pengertian Manajemen Konflik dan 6 Tekniknya

Melalui manajemen strategi ini juga perusahaan akan semakin fleksibel menghadapi perubahan yang terjadi terutama ancaman dan masalah dari luar. Manfaat lain yang terlihat adalah dalam segi kinerja. Karyawan dan seluruh aktivitas operasional akan lebih produktif dan efisien sehingga perusahaan akan lebih profitable.

Proses Manajemen Strategi

Inti dari proses manajemen strategis adalah mendefinisikan strategi organisasi. Hal ini juga didefinisikan sebagai proses dimana manajer membuat pilihan dari serangkaian strategi untuk organisasi yang paling memungkinkan untuk mencapai kinerja yang lebih baik.

Selain itu manajemen strategis merupakan proses yang berkesinambungan artinya setiap langkahnya bertujuan untuk memenuhi semua target pada masa sekarang dan masa depan. Mulai dari segi organisasi, lingkungan, dan pesaing kemudian menganalisa kembali strategi yang ada.

Artikel Lain : Pengertian Konsultan Manajemen serta Pentingnya dalam Perusahaan

Proses Manajemen Strategi

1. Mengevaluasi Lingkungan

Langkah ini mengacu pada proses pengumpulan, meneliti dan memberikan informasi yang sesuai dengan tujuan strategis. Hal ini membantu dalam menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi organisasi. Karena lingkungan terus berubah, maka proses ini harus dievaluasi secara berkala agar lebih baik.

2. Merumuskan Strategi

Langkah selanjutnya adalah merumuskan strategi. Proses ini memutuskan tindakan yang terbaik untuk mencapai tujuan organisasi. Setelah melakukan evaluasi lingkungan, manajer merumuskan bagaimana tindakan perusahaan, bisnis dan strategi fungsional yang akan digunakan.

3. Menerapkan Strategi

Implementasi strategi berarti membuat strategi bekerja dengan seharusnya atau dalam arti lain mengeksekusi strategi yang telah dipilih. Implementasi strategi ini meliputi merancang struktur organisasi, mendistribusikan sumber daya, mengembangkan proses pengambilan keputusan, dan mengelola sumber daya manusia.

Artikel Lain : 5 Strategi Pemasaran Jitu Untuk Produk Baru

4. Mengevaluasi Strategi

Evaluasi strategi adalah langkah akhir dari proses manajemen strategi. Kunci dari evaluasi strategi adalah: menilai faktor internal dan eksternal yang merupakan akar dari strategi ini, pengukuran kinerja, dan mengambil perbaikan / korektif tindakan. Evaluasi memastikan bahwa strategi organisasi serta implementasinya memenuhi tujuan organisasi.

Saat membuat rencana manajemen strategis baru langkah-langkah ini harus dilakukan dalam urutan. Kebanyakan bisnis yang telah membuat rencana manajemen strategis akan kembali ke langkah-langkah tertentu sesuai kebutuhan situasinya, sehingga mampu membuat perubahan penting dalam bisnisnya.

Selain itu dalam managementstudyguide.com disebutkan bahwa manajemen strategis adalah proses yang berkelanjutan. Oleh karena itu, harus disadari bahwa setiap komponen berinteraksi dengan komponen lain dan bahwa interaksi ini sering terjadi dalam rangkaian.

Artikel Lain : Management & Marketing : Manajemen Pemasaran #1

Nah itulah tadi sedikit tentang manajemen strategi. Dengan mengamati keadaan dan mengambil langkah yang sesuai target kita bisa tercapai. Sehingga banyak sekali kemungkinan strategi yang bisa mengantarkan bisnis kita mencapai tujuannya. Saya cukupkan sekian, semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat.

Apabila anda memiliki pertanyaan, kritik atau saran, dapat anda sampaikan melaui kotak komentar yang tersedia. Saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Manajemen Strategi Pemerintah

Manajemen strategi yang dilakukan oleh sektor Pemerintah merupakan sebuah upaya pemilihan strategi yang dilakukan khusus oleh Pemerintah guna mencapai tujuan di masa depan dengan terlebih dulu menganalisis suatu situasi dan kondisi negara di masa sekarang dan juga di masa depan.

Manajemen strategi pemerintah diperlukan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan merealisasikan target-target yang telah disusun dalam suatu periode pemerintahan.

Strategi pemerintahan ini berkaitan dengan banyak aspek kehidupan di masyarakat, seperti aspek ekonomi, sosial, budaya, dan juga aspek-aspek pendukung lainnya.

Tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita semua bahwa Pemerintah senantiasa gencar mengemukakan strategi untuk mengentaskan kemiskinan yang terus menghantui masyarakat, itulah salah satu bentuk strategi Pemerintahan yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi para elit pemerintahan di Indonesia.

Strategi Pemerintah Entaskan Kemiskinan

Kemiskinan masih menjadi bayang-bayang menakutkan bagi masyarakat Indonesia, bukan hanya bagi masyarakat kecil dan menengah, namun juga bagi para penyelenggara pemerintahan yang dibebani tujuan mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Dewasa ini, Pemerintah menggagas tiga strategi pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan yang dikenal dengan implementasi agenda Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Strategi tersebut dilakukan yang pertama dengan memberikan perlindungan sosial yang komprehensif, menyediakan dan meningkatkan akses terhadap layanan dasar, dan yang terakhir mengupayakan mata pencaharian yang layak dan berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

Strategi tersebut tentunya tidak dapat berhasil tanpa adanya peran dan dukungan dari seluruh stakeholder dan unsur bangsa Indonesia. Maka dari itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Republik Indonesia beserta seluruh stakeholder tidak henti-henti dan tidak bosan-bosannya mengingatkan masyarakat akan partisipasi aktifnya dalam melaksanakan ketiga strategi pemerintah tersebut. Semuanya dilakukan semata-mata untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur.

Cari Artikel di Sini