3 Tingkatan Manajemen Perubahan, Pengertian dan Tugasnya

Manajemen Perubahan – Pengertian manajemen perubahan adalah suatu pendekatan untuk mengubah individu, tim, dan organisasi kepada kondisi masa depan yang diinginkan.

Manusia adalah makhluk yang dinamis. Kita tidak bisa berdiam diri pada waktu yang sama walaupun hanya sebentar. Karena, waktu terus berjalan dan menuntut kita untuk bergerak. Sekecil apapun perbuatan kita akan mempengaruhi hasil didepan.

Seperti cerita Nobita yang merupakan anak yang payah ketika kecil. Ia harus dibantu untuk berubah oleh Doraemon supaya tidak menjadi orang yang ‘madesu’. Tidak hanya untuk Nobita, kita juga harus berubah agar terihndar dari madesu. Tapi siapa yang akan membantu kita? tentu saja diri kita sendir. Nah sekarang bagaimana caranya?

Salah satu cara yang bisa gunakan adalah dengan melakukan manajemen perubahan pada diri kita. Apa lagi itu? Jawabannya ada dalam artikel ini. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian, tahapan dan juga fungsi dari manajemen perubahan. Jadi, selamat membaca.

Artikel Lain : 8 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Manajemen Perubahan

Pengertian Manajemen Perubahan

Apa itu manajemen perubahan? Seperti yang dikutip melalui wikipedia.org, manajemen perubahan adalah suatu pendekatan untuk mengubah individu, tim, dan organisasi kepada kondisi masa depan yang diinginkan. Dalam lingkup organisasi, perubahan didalamnya dapat menentukan kelangsungan organisasi tersebut.

Menurut mindtools.com fokus dari manajemen ini adalah pada dampak yang lebih luas dari perubahan, secara khusus pada orang-orang yang terlibat untuk bergerak ke arah yang baru. Perubahan tersebut bisa saja dari perubahan proses yang sederhana atau perubahan besar dalam kebijakan dan strategi yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

Manajemen perubahan, merupakan bidang yang sangat luas, dan pendekatan untuk mengelola perubahan bervariasi. Banyak organisasi dan konsultan menggunakan metodologi formal manajemen perubahan. Karena memberikan alat bantu, daftar periksa dan garis besar rencana apa yang perlu dilakukan untuk mengelola perubahan dengan sukses.

Artikel Lain : Apa itu Manajemen Pendidikan? Pengertian dan Ruang Lingkupnya

Tugas Manajemen Perubahan

Pertanyaan pertama yang perlu dipertimbangkan bagi seorang manajer perubahan adalah seberapa penting manajemen perubahan pada situasi saat itu. Untuk tahu jawabannya kita harus menggali lebih lanjut mengenai tugas spesifik dari manajemen perubahan. Tugas tersebut biasanya meliputi:

Sponsorship : artinya memastikan ada sponsor aktif yang tertarik atas perubahan karena bertujuan mencapai hasil yang diinginkan bersama.

Inverstasi : Manajemen perubahan juga bertugas untuk mendapatkan investasi dari mereka yang terlibat dan terpengaruh, langsung atau tidak langsung dari perubahan.

Keterlibatan : Tugas lainnya adalah melibatkan orang yang tepat dalam desain dan pelaksanaan perubahan, untuk memastikan perubahan yang dibuat adalah perubahan yang tepat.

Artikel Lain : 5 Proses Dasar Manajemen Proyek

Dampak : Manajemen perubahan juga harus bisa menilai dan mengatasi bagaimana perubahan akan mempengaruhi orang-orang.

Komunikasi : Manajer juga bertanggung jawab untuk memberitahu semua orang yang terkena dampak dari perubahan.

Mempersiapkan : Tugas manajemen perubahan juga menyiapkan semua orang untuk beradaptasi dengan perubahan, dengan memastikan mereka memiliki informasi yang tepat, pelatihan dan bantuan.

3 Tingkatan Manajemen Perubahan

Manajemen Perubahan Individu

Secara alami manusia itu menolak perubahan, kita sulit sekali untuk bisa berubah. Tapi jika bisa berjuang dari waktu ke waktu, kita bisa menjadi luar biasa adaptif dan sukses. Nah manajemen perubahan individu membutuhkan pemahaman bagaimana orang mengalami perubahan dan apa yang mereka butuhkan untuk berhasil berubah.

Artikel Lain :Ingin Dapat Manajer Handal? Gunakan Cara MT

Hal ini juga memerlukan pengetahuan tentang apa yang akan membantu orang tersebut membuat transisi yang sukses. Seperti, kapan waktu yang optimal untuk mengajarkan seseorang keterampilan baru, bagaimana orang berlatih untuk menunjukkan perilaku baru, dan apa yang membuat perubahan tersebut bisa “menempel”.

manajemen perubahan individu mengacu pada disiplin ilmu seperti psikologi dan neuroscience untuk menerapkan kerangka kerja yang diperlukan bagi perubahan individu.

Manajemen Perubahan Organisasi / Inisiatif

Dalam lingkup organisasi kita perlu menggunakan cara yang berbeda dengan individu. Nah manajemen perubahan pada tingkat organisasi atau inisiatif ini memberikan kita langkah-langkah dan tindakan yang tepat untuk diambil agar bisa mendukung ratusan atau ribuan individu yang terkena dampak proyek.

Artikel Lain : Cara Mudah Blokir Nomor Whatsapp

Manajemen perubahan organisasi berisi tentang identifikasi kelompok dan orang-orang yang perlu berubah agar sesuai hasil dari proyek, dan dalam cara apa mereka harus berubah. Setelah itu manajemen membuat rencana yang disesuaikan untuk memastikan karyawan tersebut menerima apa yang mereka butuhkan untuk berhasil.

Manajemen perubahan organisasi ini melengkapi tugas dari manajemen proyek. Jika manajemen proyek memastikan solusi proyek kita dirancang, dikembangkan dan disampaikan, maka manajemen perubahan bertugas memastikan solusi proyek tadi bekerja secara efektif.

Manajemen Perubahan Kemampuan Perusahaan

Tingkatan terkahir adalah manajemen perubahan perusahaan. Pada tingkat ini manajemen merupakan kompetensi inti organisasi yang membuat perusahaan secara efektif beradaptasi dengan dunia yang terus berubah. Manajemen perubahan kemampuan perusahaan berarti, manajemen perubahan yang efektif tertanam ke dalam segala aspek dalam perusahaan.

Artikel Lain : Bagaimana Pola Manajemen Orang Jepang?

Proses perubahan manajemen secara konsisten dan efektif diterapkan untuk para inisiatif. Para pemimpin memiliki keterampilan untuk memandu tim mereka melalui perubahan, dan karyawan tahu apa yang diperlukan agar sukses. Kemampuan ini tidak terjadi secara kebetulan, namun, dan membutuhkan pendekatan strategis untuk manajemen perubahan menanamkan seluruh organisasi.

Nah itulah tadi sedikit mengenai tiga tingkatan dalam manajemen perubahan beserta dengan tugas dan pengertiannya. Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat, saya cukupkan sampai disini dan sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: