Manajemen PAUD adalah: Pengertian, Ruang Lingkup, Tujuan, Aplikasi Resmi!

Siapa yang tidak ingin anaknya menjadi anak yang pintar dan cerdas? Tentu semua orang tua inginkan yang terbaik untuk anaknnya terutama hal pendidikan. Sekarang banyak sekali kita lihat lembaga pendidikan yang menerima anak usia dini. Misalnya TK, TPA, Kelompok Bermain, dan lain sebagainya.

Diluar negeri seperti di Jepang pendidikan anak usia dini biasanya berisi tentang pembelajaran budi pekerti dan pembiasaan diri. Tujuannya agar anak-anak ini nantinya menjadi pribadi yang baik. Makanya kebanyakan orang Jepang memiliki etos kerja yang luar biasa.

Bagaimana dengan Indonesia? Tidak kalah dengan Jepang, kita juga memiliki berbagai lembaga pendidikan anak usia dini. TK, Kelompok Bermain, Taman Pendidikan Al-quran, Tempat Penitipan Anak, dan Satuan PAUD Sejenis adalah contoh PAUD yang ada di Indonesia.

Artikel Lain : Prinsip Dasar Ekonomi Manajemen dan Pengertiannya

Lalu bagaimana cara agar PAUD ini dapat berhasil? Nah kita memerlukan adanya manajemen. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai manajemen PAUD mulai dari pengertiannya hingga aplikasi yang tersedia untuk memanajemen data dari kemdikbud. Selamat membaca.

Definisi PAUD

Sebelum mengetahui manajemen PAUD kita harus mengetahui apa itu PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini. Seperti yang dikutip dari wikipedia, PAUD merupakan jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar atau dengan kata lain pendidikan untuk anak hingga umur enam tahun.

Tujuan PAUD

PAUD memiliki tujuan utama yaitu membentuk anak Indonesia yang memiliki lima pertumbuhan dan perkembangan. Diantaranya perkembangan moral dan agama, perkembangan fisik ( koordinasi motorik halus dan kasar ), kecerdasan kognitif (daya pikir, daya cipta), sosio emosional (sikap dan emosi), serta bahasa dan komunikasi.

Artikel Lain : Langkah-Langkah Manajemen Berbasis Sekolah Beserta Definisinya

Tujuan lainnya adalah membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar di sekolah, sehingga dapat mengurangi usia putus sekolah dan mampu bersaing secara sehat di jenjang pendidikan berikutnya. Jadi anak Indonesia akan memiliki kepribadian dan kemampuan yang baik.

Ruang Lingkup PAUD

PAUD memiliki ruang lingkup pendidikan berdasarkan umur. Diantaranya infant (0-1 tahun), toddler (2-3 tahun), preschool atau kindergarten children (3-6 tahun), dan early primary school (SD Kelas Awal) (6-8 tahun). Sedangkan untuk lembaga pendidikannya PAUD terdiri dari TK, KB, RA, BA, TPA, dan SPS.

Definisi Umum Manajemen PAUD

Lalu apa itu manajemen PAUD? manajemen secara umum berarti mengorganisir. Jadi manajemen PAUD bisa diartikan sebagai upaya untuk mengatur agar PAUD dapat memberikan pendidikan terbaik bagi peserta didiknya. Mulai dari mengatur materi, sarana, dan data yang ada dalam PAUD.

Artikel Lain : Info Lengkap Manajemen Modal Kerja, Pengertian dan Manfaatnya

Ruang Lingkup Manajemen PAUD

Berdasar definisi diatas, ada banyak hal yang perlu diperhatikan jika ingin mendirikan sebuah PAUD, mulai dari sekolah, tata kelola sampai dengan manajemen pengembangan sekolah PAUD. Yang menjadi fokus pendirian sekolah PAUD antara lain melakukan manajemen di bidang:

  1. Kurikulum PAUD
  2. Materi pendidikan dan tenaga pendidik
  3. Peserta didik
  4. Sarana dan Prasarana
  5. Desain lingkungan PAUD
  6. Proses input sampai output PAUD
  7. Pengawasan

A. Usia Anak PAUD

Berdasarkan umur peserta didik PAUD dibedakan menjadi:

  1. 0-1 Tahun (infant)
  2. 2-3 Tahun (toddler)
  3. 3-6 Tahun (Preschool)
  4. 6-8 Tahun (early primary school)

B. Lembaga Pendidikan PAUD

Yang termasuk dalam kategori lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) antara lain : TK, KB (kelompok bermain), RA (Raudatul Athfal), BA (Bustanul Athfal), TPA (tempat penitipan anak) dan terakhir adalah SPS atau satuan PAUD sejenis.

Apakah PAUD Wajib?

Paud tidaklah wajib diikuti oleh anak-anak, karena pendidikan usia dini yang paling penting ada pada lingkungan keluarganya. Karena itulah perlu perhatian lebih dari orang tua di usia-usia dini, jika memang orang tua sibuk disarankan untuk dimasukkan ke PAUD, karena di PAUD anak-anak akan bertemu dengan teman seumuran mainnya.

Aplikasi Manajemen PAUD

Tampilan Website Manajemen PAUD
Tampilan halaman awal website manajemen PAUD

Untuk membantu proses manajemen tersebut, kemdikbud memberikan kemudahan melalui aplikasi yang disediakannya dalam website manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id. Dengan aplikasi ini PAUD bisa mengolah data dan melakukan sinkronisasi bersama dengan data yang ada dari seluruh Indonesia.

Cara Daftar Aplikasi Manajemen PAUD

Untuk melakukan registrasi di aplikasi manajemen PAUD, perhatikan langkah-langkah mudah berikut ini:

1. Buka aplikasinya terlebih dahulu di situs https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id

2. Klik menu Login kemudian Satuan Pendidikan

Login Manajemen Paud
Menu Login Manajemen Paud

3. Setelah itu tekan menu daftar baru / lupa password?

Daftar Manajemen Paud
Halaman Daftar Manajemen Paud

4. Masukkan 36 digit nomer registrasi yang diperoleh dari dinas setempat, lengkap dengan NSPN. Kemudian klik menu verifikasi.

Input No Registrasi Manajemen Paud
Halaman Input No Registrasi Manajemen Paud

5. Jika nomer registrasi dan NPSN benar maka Anda diminta untuk mengisi formulir profil dari PAUD Anda, seperti gambar berikut :

Formulir Profil Manajemen Paud
Halaman Formulir Profil Manajemen Paud

6. Untuk mengganti password juga bisa Anda lakukan, dengan syarat email harus sudah diverifikasi terlebih dahulu.

Ubah Password Manajemen Paud
Halaman Ubah Password Manajemen Paud

Cara Menggunakan Aplikasi Manajemen PAUD

Berikut ini beberapa langkah untuk menggunakan aplikasi manajemen paud ini.

Pertama lembaga yang termasuk dalam PAUD harus mendaftarkan lembaganya secara online. Setelah itu lembaga akan mendapatakan username dan password untuk memasukan data kedalam aplikasi. Login melalui situs : manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id

Nah setelah memiliki username dan password sekolah dapat menggunakan aplikasi dengan memasukan data yang diminta. Data yang sudah terdaftar tersebut perlu dilakukan sinkronisasi setiap semesternya agar tetap update. Sehingga bisa dimanfaatkan secara optimal.

Artikel Lain : Info Lengkap Manajemen Informatika

Untuk sinkronisasi bisa kita lakukan dengan dua cara. Cara yang pertama dengan menggunakan menu daftar pengiriman yang tersedia di beranda website. Dalam menu tersebut kita akan diminta mengisi seperti rentang waktu, NPSN, alamat dan status data yang diberikan setelah itu klik tampilkan dan semua data akan ditampilkan.

Cara kedua adalah dengan menggunakan user login. Pada pojok kanan di beranda website terdapat menu masuk sebagai pengguna. Masukan username dan password yang sudah kita miliki dan klik masuk dengan akun dapodik. Setelah itu voila kita bisa melihat dan menggunakan data yang ada untuk disinkronkan.

Nah itulah tadi sedikit mengenai manajemen PAUD. Dengan data-data yang termanajemen tersebut kita bisa menggunakannya agar PAUD memberikan hasil terbaik. Sekaligus membantu pengelola PAUD mengorganisir sekolahnya.

Artikel Lain : Pengertian Manajemen Konflik dan 6 Tekniknya

Karena itu saya cukupkan sekian. Apabila ada pertanyaan, kritik dan saran bisa anda sampaikan melalui kotak komentar yang tersedia dibawah. Semoga hal yang sedikit ini dapat bermanfaat dan terima kasih, sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: