Manajemen Informatika: Pengertian, Ruang Lingkup, Fokus, Prospek Kerja

Di era modern seperti ini informasi sangat mudah sekali kita dapatkan. Ingin tahu tentang sesuatu, buka saja google. Mau tahu tentang ‘dia’, lihat saja facebooknya. Semua serba virtual, ini semua berkat perkembangan teknologi informasi.

Perkembangan tersebut juga didukung oleh ilmu informatika, yaitu ilmu yang mempelajari informasi melalui data atau informasi pada mesin berbasis komputer. Nah salah satu bidang yang dibahas dalam informatika adalah manajemen informatika.

Manajemen informatika berperan penting dalam dunia informatika. Manajemen sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Baik individu maupun organisasi memerlukan manajemen untuk mengatur kegiatannya agar berjalan teratur dan terkontrol dengan baik.

Manajemen informatika ini berkaitan erat dengan era digital. Dimana setiap pekerjaan dipermudah dengan adanya teknologi informatika. Berkembangnya komputer dan sistem informatika menuntut kita untuk mempelajari bidang ini secara lebih dalam. Lantas apakah pengertian manajemen informatika,ruang lingkup, dan konsep dasarnya? Berikut penjelasannya!

Definisi Umum Manajemen Informatika

Sebelum mengetahui apa itu manajemen informatika, mari kita kupas terlebih dahulu mengenai informatika. Dalam KBBI informatika berarti ilmu tentang pengumpulan, klasifikasi, penyimpanan, pengeluaran, dan penyebaran pengetahuan yang direkam atau hal-hal yang berkaitan dengan informasi, usaha dalam bidang informasi.

Manajemen merupakan teknik atau cara menggunakan sumber daya yang efektif dan sistematis guna mencapai sasaran atau target yang telah ditentukan. Sedangkan informatika merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari fakta berlambang yakni data ataupun informasi pada mesin berbasis komputer.

Jadi secara umum bisa kita artikan secara bebas bahwa manajemen informatika adalah ilmu yang memanajamen informasi melalui bahasa komputer atau pemrograman. Kebanyakan orang sering tertukar atau salah kaprah antara manajemen informatika dengan teknik informatika, karena kedua hal ini serupa tapi tak sama.

Seperti yang dilansir melalui website amikbogor.ac.id, teknik informatika berbeda dengan manajemen informatika. Hal yang jelas berbeda bisa kita lihat dari lingkup bidang yang menjadi fokus.

Dalam manajemen informatika yang menjadi fokus ialah proses penyajian informasi melalui pemrograman atau desain. Sedangkan pada teknik informatika lingkupannya lebih dalam lagi tidak hanya pada penyajian tapi juga memahami, menganalisa dan lain sebagainya.

Artikel Lain : Contoh Laporan Keuangan Bank

Fungsi Manajemen Secara Umum

Adapun fungsi manajemen terdiri dari 4 macam, yakni sebagai berikut:

1. Planning (Fungsi Perencanaan)

Fungsi perencanaan merupakan kegiatan menetapkan tujuan perusahaan kemudian berupaya merumuskan strategi untuk mencapainya. Planning ini bertujuan untuk mengarahkan tujuan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhinya dengan menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan.

2. Organizing (Fungsi Pengorganisasian)

Fungsi pengorganisasian bertujuan untuk mengatur sumber daya manusia dan fisilk lain yang dimiliki perusahaan guna menjalankan seluruh rencana yang telah ditetapkan.

Adapun kegiatan utamanya adalah mengalokasikan, merumuskan, menetapkan tugas dan prosedur yang dibutuhkan. Merekrut serta mengadakan pelatihan terhadap tenaga kerja, Terakhir menempatkan SDM ke posisi yang tepat.

3. Directing (Fungsi Pengarahan)

Fungsi pengarahan merupakan fungsi kepemimpinan manajer dalam meningkatkan efektivitas sekaligus efisiensi kerja secara maksimal. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.

4. Controlling (Fungsi Pengendalian)

Fungsi pengendalian ini bertujuan untuk menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat. Dilakukan dengan cara evaluasi serta memberikan solusi atas berbagai masalah yang terjadi.

Konsentrasi Manajemen Informatika

Jika kita ingin belajar mengenai manajemen informatika sangatlah mudah. Sekarang sudah banyak sekali perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini. Nah dalam jurusan ini nantinya kita akan belajar mengenai semua hal yang berkatan dengan manajemen informatika.

Sebagaimana lingkup pembahasannya, manajemen informatika memiliki dua konsentrasi pembelajaran yaitu pemrograman dan desain. Berikut ini beberapa hal yang secara umum terdapat pada jurusan manajemen informatika dan bisa kita pelajari

Dalam manajemen kita akan belajar beberapa bahasa pemrograman seperti PHP, Delphi, C atau C++, dan java. Bahasa pemrograman ini nantinya digunakan untuk membuat desain web ataupun aplikasi yang dapat mengoptimalkan informasi yang kita peroleh.

Artikel Lain : Apa itu Manajemen Keperawatan? Fungsi, Definisi dan Konsep Dasar

Kita juga akan belajar menganai basis data seperti Oracle dan MySQL yang biasa digunakan dalam website. Selain belajar tentang pemrograman kita juga akan belajar mengenai desain grafis, animasi, dan multimedia komputer yang tentu saja akan mendukung penyajian informasi.

Desain ini juga berkaitan dengan pembuatan dan memanipulasi gambar digital, pembuatan animasi web dan kartun, serta video editing. Sehingga informasi dapat disajikan secara menarik melalui berbagai media teknologi.

Ruang Lingkup Manajemen Informatika

Aspek informatika bukan sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, melainkan lebih dari itu. Masih banyak informasi yang belum dan tidak diproses dengan komputer. Informatika memiliki konsep dasar, teori, sekaligus aplikasi tersendiri. Perkembangan informatika ini tentu berpengaruh dalam berbagai aspek kognitif dan sosial masyarakat. Seperti halnya dampak atau pengaruh sosial akibat teknologi informasi serta lebih cepat dalam memperoleh berita.

Sistem informatika digunakan dalam berbagai bidang kehidupan. Termasuk informatika medis, perusahaan, serta ilmu perpustakaan. Ruang lingkup manajemen informatika diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Teori Informasi

Teori ini mempelajari konsep matematis yang bersumber dari informasi terkait dengan teknik pengumpulan, klasifikasi, serta manipulasi penyimpanan. Selain itu pengaksesan serta penyebarluasan informasi dengan menggunakan teknologi informasi untuk keperluan sosial serta masyarakat secara menyeluruh.

2. Ilmu Komputer dan Teknik Komputer

Kedua disiplin ilmu ini mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, serta penyebaran informasi. Menggunakan teknologi informasi dan peralatan lainnya berbasis komputasi sebagai medianya.

3. Pemrograman

Dalam manajemen informatika, pemrograman bertujuan untuk membuat suatu program yang berguna dalam melakukan suatu pekerjaan ataupun perhitungan. Hal ini biasanya disesuaikan dengan keinginan si pembuat program.

Pemrograman merupakan proses debugging(menulis, menguji,dan memperbaiki) serta memelihara susunan kode yang digunakan untuk menyusun sebuah program komputer. Kode ini dilambangkan dalam berbagai bahasa pemrograman. Diantaranya ialah Delphi, java, javascript, php, c++/c, html, phyton, assembly, pascal, dan visual basic.

Untuk melakukan pemrograman, dibutuhkan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang algoritma dan matematika. Menguasai logika beserta bahasa pemrograman, sekaligus pengetahuan-pengetahuan lainnya.

Memang sangat rumit namun bagi yang menyukainya tentu akan terasa mudah dan menantang. Program komputer cukup krusial bagi kehidupan manusia saat ini. Semua membutuhkan komputer untuk mempermudah pekerjaan mereka. Baik untuk mengetik, menghitung, menyusun laporan, hingga membuat desain grafis.

Prospek Kerja Manajemen Informatika

Prospek kerja manajemen informatika sangatlah terbuka luas, terutama bagi mereka yang mampu berpikir kreatif dan bekerja secara profesional pada bidang pilihannya. Berikut ini beberapa bidang kerja yang dapat kita pilih jika menguasai manajemen informatika :

Artikel Lain : 8 Bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan & Tips Sukses

  • Sebagai Administrator Sistem dan Web
  • Sebagai Konsultan Desain
  • Sebagai Junior Programmer
  • Sebagai Tenaga Ahli Desain Grafis

Demikianlah sedikit ulasan mengenai manajemen informatika. Pada lingkup yang lebih luas, informatika ini meliputi beberapa aspek, yakni teori informasi dengan memahami konsep dasar manajemen informatika. Manajemen informatika termasuk dalam sebuah seni, dimana si pencipta bebas berekspresi.

Membuat program sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Mengaplikasikan bahasa pemrograman dengan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan sehingga terciptalah sebuah program yang bermanfaat bagi masyarakat umum.

Cari Artikel di Sini



1 thought on “Manajemen Informatika: Pengertian, Ruang Lingkup, Fokus, Prospek Kerja”

Leave a Comment

*

%d bloggers like this: