Pengertian Manajemen Industri adalah: Sejarahnya dan Pendidikannya

Seperti yang kita ketahui dari berbagai artikel sebelumnya, manajemen memiliki lingkup yang sangat luas. Salah satunya adalah bidang industri.

Sama seperti pada bidang lainnya tujuan diterapkannya manajemen industri adalah bagaimana mengelola manusia sumber daya dan teknologi yang dimiliki agar mampu optimal dalam produksi. Nah manajemen industri ini harus bisa dikuasai agar bisa diterapkan dalam teknik industri.

Manajemen Industri merupakan salah satu lingkup dari suatu manajemen. Adanya manajemen industri bertujuan untuk mengelola sumber daya manusia dan teknologi yang dimiliki agar mampu optimal dalam produksi. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, maka manajemen industri harus dikuasai agar bisa diterapkan dalam teknik industri.

Supaya kita lebih jelas mengetahui manajemen industri berikut ini adalah uraian singkat mengenai pengertian dan sejarah dari manajemen industri yang bersumber dari wikipedia.org. Selamat membaca.

Artikel Lain : Materi Lengkap Pengantar Manajemen 

Definisi Umum Manajemen Industri

Seperti yang disebutkan diatas manajemen industri merupakan cabang teknik yang berhubungan dengan penciptaan dan pengelolaan sistem yang mengintegrasikan antara manusia, sumber daya dan energi secara produktif.

Manajemen Industri berperan sebagai bidang administrasi dari sebuah bisnis yang dilakukan. Bidang-bidang administrasi sendiri diperlukan untuk mencapai keberhasilan perusahaan dalam sektor manufaktur dan jasa. Hal tersebut meliputi beberapa manajemen seperti manajemen operasi, manajemen pemasaran dan manajemen keuangan.

Manajemen Industri adalah cabang teknik yang berhubungan dengan penciptaan dan pengelolaan sistem yang mengintegrasikan antara sumber daya alam, manusia, dan energi secara lebih produktif. Manajemen harus dikuasai bagi orang-orang yang terjun di bidang bisnis hingga ikut dalam perdagangan internasional.

Sedangkan Pengertian Manajemen Industri secara umum adalah tata cara mengatur sebuah industri yang bertumpu pada keunggulan sumber daya insani dalam menghadapi lingkungan usaha. Seseorang yang terjun pada manajemen industri harus bisa menguasai manajemen kualitas, manajemen inovasi, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia. Manajemen keputusan dan manajemen ekonomi.

Manajemen industri sebagai bidang administrasi bisnis, mempelajari struktur dan organisasi perusahaan industri. Biasanya terdiri dari bidang-bidang administrasi bisnis yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan perusahaan dalam sektor manufaktur dan jasa meliputi manajemen operasi, pemasaran, dan manajemen keuangan.

Istilah perusahaan industri jangka panjang sendiri pada umumnya digunakan pada perusahaan manufaktur yang menghasilkan barang-barang konsumen di pabrik-pabrik dari bahan baku massa dan produksi serial. Biasanya juga dilakukan dengan pembagian kerja dan menggunakan mesin manufaktur modern.

Nah dari penjelasan diatas kita tahu bahwa manajemen industri ini merupakan bagian dari teknik industri. Dimana antara sumberdaya, manusia, dan mesin dapat berjalan secara optimal dan menghasilakan keuntungan pada industri.

Artikel Lain : Apa itu Sistem Pengendalian Manajemen? Definisi dan Karakteristiknya

Sejarah Manajemen Industri

Sebelum adanya manajemen industri sudah terlebih dahulu ada manajemen pabrik yang merupakan cikal bakal dari manajemen industri. Keduanya memiliki kemiripan yang kuat dengan manajemen teknis dan lebih mengarah pada bidang teknik.

Sejalan dengan hal tersebut, ada juga manajemen pabrik yang lebih condong dalam bidang ekonomi bisnis. Manajemen ini menangani pertanyaan organisasi pabrik dan administrasi kantor serta akuntansi keuangan, misalnya pembukuan pabrik dan juga akuntansi manajemen.

Istilah dan isi manajemen industri masa kini yang sangat dipengaruhi oleh pembentukan MIT School of Management Industri pada tahun 1952. Kemudian berganti nama menjadi Sloan School of Management pada tahun 1964.

MIT School of Management Industri sendiri memiliki tujuan mendidik “manajer ideal” melalui program manajemen pascasarjana. Program manajemen ini pun menjadi sebagin referensi pada lembaga pendidikan manajemen lainnya.

Artikel Lain : Materi Lengkap Pengantar Manajemen

Pendidikan Manajemen Industri

Saat ini sudah banyak sekali lembaga pendidikan yang menawarkan jurusan manajemen industri yang bisa kita pilih. Biasanya para siswa manajemen industri ini memiliki berbagai kelebihan.

Misalnya jika fokuspada  bisnis khusus, kita bisa meramalkan pertumbuhan perusahaan serta memecahkan masalah logistik dalam operasi bisnis. Fleksibilitas ini telah menunjukkan kesempatan yang lebih besar dan mobilitas ke atas lebih cepat dalam organisasi daripada kebanyakan jurusan bisnis lainnya.

Kita juga dituntut untuk bisa menguasai matematika, ilmu pengetahuan, dan bisnis untuk mempertajam analisis yang kuat, bisnis dan keterampilan teknis. Sehingga diperlukan keinginan untuk terus belajar proses baru, teknologi dan keterampilan yang merupakan ciri dari seorang mahasiswa Manajemen Industri.

Banyak lulusan Manajemen Industri memulai karir mereka dalam program rotasi pengembangan kepemimpinan perusahaan, di mana mereka mendapatkan bisnis tambahan dan pengetahuan teknis. Lainnya memulai karier mereka sebagai supervisor produksi, analis operasi, analis sumber strategis atau analis bisnis software.

Artikel Lain : Apa itu Teori Manajemen? Teori Terpopuler dan Pengertiannya

Didalam jurusan manajemen terdapat beberapa konsentrasi yang bisa kita pilih diantaranya

  1. Analytical Consulting
  2. Ilmu Komputer
  3. Ekonomi
  4. Teknik
  5. Rekayasa Keuangan
  6. Sistem Informasi Manajemen
  7. Manufaktur dan Jasa Manajemen Operasi
  8. Operasi & Supply Chain Management
  9. Metode Kuantitatif
  10. Statistik dan Ilmu (Biologi, Kimia, Matematika, fisika, dan Bumi, Atmosfer dan Planetary Sciences).

Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Industri Indonesia

Pada zaman sekarang banyak lembaga pendidikan yang menawarkan jurusan manajemen industri yang bisa menjadi pilihan Anda. Beberapa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Industri Indonesia menjadi pilihan terbaik anda melanjutkan pendidikan. Karena jurusan tersebut akan lebih fokus pada bisnis. Anda bisa meramalkan pertumbuhan perusahaan dan memecahkan masalah logistik dalam operasi bisnis.

Salah satu Sekolah Tinggi Manajemen Industri Jakarta yaitu Sekolah Tinggi manajemen Industri Indonesia. Sekolah tersebut terletak di Jalan Tanjung Duren Barat III 1 1 11510, DKI Jakarta. Sekolah tersebut sudah berdiri sejak lama yaitu 26 juli 1984. Dapat dipastikan jika sekolah yang bertahan sejak lama tentu mempunyai kualitas yang bagus. Ada tiga pilihan program pendidikan yang bisa jadi pilihan anda. Seperti manajemen, manajemen keuangan dan manajemen pemasaran.

Ketika Anda memilih jurusan Manajemen Industri, anda juga harus menguasai matematika, ilmu pengetahuan, keterampilan teknik dan bisnis untuk mempertajam analisis yang kuat. Sehingga diperlukannya keinginan untuk belajar proses baru, keterampilan dan teknologi menjadi salah satu ciri seorang mahasiswa. Untuk menambah wawasan lebih luas, Anda bisa membaca Jurnal Manajemen Proyek Teknik Industri yang banyak dibuat oleh mereka yang terjun di bidang tersebut.

Ada beberapa Sekolah Tinggi Manajemen Industri yang menawarkan konsentrasi pada jurusan manajemen industri. Pilihan tersebut seperti analytical consulting, ilmu komputer, rekayasa keuangan. ekonomi, teknik, sistem informasi manajemen, manufaktur dan jasa manajemen operasi, operasi dan supply chain management,metode kuantitatif, statistik dan ilmu, serta Manajemen Rekayasa Industri. Ilmu pengetahuan yang dimaksud yaitu biologi, kimia, matematika, bumi, fisika, atmosfer dan planetary science.

Prospek Kerja Manajemen Industri yang Menarik

Tidak ada salahnya Anda kuliah memilih jurusan teknik industri. Banyak prospek kerja yang menggiurkan bisa menjadi pekerjaan Anda. Selain itu, pada masa perkuliahan teknik industri, anda akan bertemu dengan Materi Kuliah Manajemen Industri. Nah mata kuliah yang satu ini sangat berbeda dengan mata kuliah lain.

Anda harus menguasai manajemen industri ini. Karena pada sebuah perusahaan besar selalu membutuhkan manajemen industri yang penghasilannya cukup tinggi. Berikut ini beberapa prospek kerja yang menjanjikan.

1. Analisis Produksi

Analisis Produksi menjadi salah satu Prospek Kerja Manajemen Industri yang cukup menggiurkan. Analisis produksi berada pada bidang produksi dimana lulusan teknik industri pada masa kuliahnya sangat bersinergi dengan bidang pekerjaannya.

2. Pengendalian Mutu atau Quality Control

Lulusan dari Manajemen Industri Ipb tentu dapat bekerja di bidang pengendalian mutu atau sering kita dengar dengan nama quality control. Tugas dari pekerjaan tersebut adalah memastikan sistem produksi dan hasilnya benar terpantau prosesnya. Anda harus mampu meminimalisir kesalahan prosedur yang berakibat produk tidak memenuhi standar mutu.

Misalnya seperti pengendalian mutu pada perusahaan makanan. Quality Control harus selalu memastikan produk yang dibuatnya memenuhi standar mutu yang sudah ditetapkan. Hal tersebut dapat dikuasai oleh Manajemen Industri Katering dan Manajemen Industri Jasa Makanan Dan Gizi.

3. Human Resource Development (HRD)

Human Resource Development tidak selalu identik dengan jurusan psikolog. Prospek kerja teknik industri pun bisa berada pada posisi HRD tersebut. Karena kuliah teknik industri tidak seluruhnya mengenai tekniknya saja. Namun juga mengenai manajemen industri. Hal tersebut bisa dilihat dari Makalah Manajemen Industri yang telah dibuat oleh para mahasiswa.

4. Purchasing, Marketing, dan Sales Engineer

Prospek kerja selanjutnya yaitu purchasing, marketing, dan sales engineer. Karena lulusan Teknik Manajemen Industrijuga mempelajari berbagai ilmu bidang manajemen dan ekonomi.

Pengetahuan luas dari teknik industri membuat lulusan tersebut dianggap mampu sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Selain itu, lulusan ini juga memiliki pengetahuan mengenai mengeksploitasi product knowledge dari perusahaannya Contoh Manajemen Rantai Pasokan Pada Satu Jenis Industri.

Manajemen Industri bisa menjadi pilihan Anda memilih jurusan atau program pendidikan. Prospek kerja dari jurusan tersebut juga jelas kedepannya. Sehingga sangat direkomendasikan sekali untuk anda memilih jurusan tersebut. Selain itu, wawasan yang akan anda dapatkan pun sangat luas.

Nah itulah tadi sedikit mengenai manajemen industri ini semoga dapat bermanfaat. Lihat juga artikel manajemen dan artikel lain hanya di website ini. Sampai jumpa dalam artikel selanjutnya, terima kasih banyak.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: