Kurangilah Rasa Takut Anda, Dan Tingkatkan Status Anda

Tingkatkanlah Status Anda – Pada dasanya kita akna merasa takut untuk melangkah, itu semua hal wajar bagi kita apalagi bila kita pernah mengalami yang namanya kegagalan. Kegagalan itu akan membayang-bayangi pada saat kita mau melangkah maju.

Dan perlu kita ingat dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa kegagalan merupakan bagian dari kesuksesan itu sendiri, bila lupa klik disini. Dengan begitu janganlah pernah takut untuk gagal.

Akan tetapi bila kita menginginkan untuk menaikkan status kita, maka kita perlu untuk malangkah maju. Itu sebanya kita perlu untuk mengurangi rasa takut agar kita dapat melangkah maju sehingg dapat meningkat status kita.

Pada kebebanyakkan manajer tidaklah senang apabila berbicara tentang ide untuk memberdayakan orang. Karena merasa takut apabila mereka akan kehilangan otoritas, kekuasan serta kontrol yang selama ini telah mereka miliki dengan susah payah.

Mereka juga takut apabila terdapat kompetisi ketika suatu saa nanti bawahannya mempunyai pengetahuan yang mana lebih banyak dari pada manajer mereka.

Dan pada akhirnya, setelah manajer memberdayakan bawahannya, manajer merasa takut apabial tidak ada hal lain yang dapat mereka lakukan, yang membuat mereka merasa tak mempunyai pekerjaan.

Ini dapat menjadi sebuah masalah yang besar ketika terjadi resesi ekonomi yang mana perusahaan memecat karyawannya, dan pemimpin puncaka kana mencari karywan yang dapat dipecat.

kurangilah rasa takutmu
ilustrasi sederhana ketika anda takut akan namanya gagal (image : google)

Pada saat manjer mersa tidak nyaman maka mereka akan berusaha keras agar mempertahankan kekusaan serta posisi mereka, enggan untuk dapat berbagi hal itu denga orang yang dianggapnya sebagi pesaing.

Inilah pesan penting untuk Anda bila diposisi manajer :

Memberikan kekuasan kepada orang lai tidak akan menghilangkan status Anda. Akan tetapi malah sebaliknya, ini malah akan meningkatkan status Anda.

Pada dasarnya status Anda pada suatu organisasi merupakan fungsi kekuasan dari orang-orang yang Anda pimpim.

Pertimbangkanlah hal ini : Apakah yang lebih menarik bagi Anda? Memimpin orang lain yang lebih senior yang mana mereka telah membangunsistem berkualitas tinggi yang membuat orang-orang gentar?

Ataukah memimpin orang-orang yang baru lulus perguruan tinggi yang mana mereka akan membuat sistem yang membuat Anda pusing?

Saya berkeyakina bahwa menjadi seorang manajer yang mana timnya adalah orang-orang ahli berarti Anda telah mempunyai status yang lebih tinggi dimata banayk orang. Ini membuktikan bahwa semakin baik Tim yang Anda ounyai, maka semakin besar pula kekuasan Anda.

Yang mana cara membuat tim Anda yang baik adalah denga memberdayakan mereka. Seorang pakar manajemen yang bernama John Maxwell menulis bahwa untuk menjadikan Anda tak tergantikan, mak buatlah Anda dapat digantikan (Maxwell 1998:126).

Tentu saja itu merupak hiperbola, serta itu semua tergantung pada pandangan duniawi manajer Anda sendiri. Diman sistem yang komolek bukan permaina menag-kalah. Membuat negara miskin mejdai makmur, bukan berarti mengurangi kemakmuran negara kaya.

Apabila Anda posisi takut kehilangan kekuasaan, kontrol, ataubahkan lebih burunya adalh pekerjaa, maka Anda mempertimbangkan hal ini : saya menginvestasikan diri kepadsa modal sosial oarang lain dikarenakan hal etrsebut dapat meningkatkan odal sosial saya.

Dan saya sanagta percaya Anda haru memberdayakan orang lain kerena hal tersebut akan meningkat status Anda di organisasi.

Dan jangan lupaka bahwa kta sering menyebutntya sebagi sistem yang kompleks yang man situasinya tidak pernah sesederhan yang pikirkan orang lain, atau bahkan dapat dikatakan ironis.

Pada dasar manajemen puncak tidak akan memecat seorang manajer tim yang diberdayakan, akan tetapi mereka akan lebih mungki memecat manajer yang bertangggungjawab dengan sistem yang tidak dapat dikelola.

Nah demikianlah penjelasan yang dapat kami paparkan, jadi janganlah ragu untuk dapat memberdayakan orang lain. Terima kasih telah membaca artikel kami, somoga artikel tadi dapat bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa pada artikel-artikel yang lainnya.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: