KlikBCA Individual tampaknya sudah menjadi hal yang lumrah untuk digunakan para nasabah bank BCA saat ini. Di tengah kemajuan teknologi yang begitu pesat, memang tidak mengherankan jika akses penggunaannya semakin mudah dijangkau. Berbagai kebutuhan transaksi perbankan pun bisa dilakukan dengan waktu yang seefisien mungkin tampa terhalang oleh jarak.

Apa Itu KlikBCA Individual?

KlikBCA Individual adalah salah satu bagian dari layanan internet banking BCA. Oleh sebab itu syarat utama ketika mendaftar KlikBCA Individual ialah mempunyai rekening tabungan.

Klik BCA sendiri merupakan layanan perbankan dari Bank Central Asia atau yang disingkat dengan BCA guna memudahkan transaksi secara finansial bagi para nasabah tidak perlu keluar rumah pembayaran maupun pembelian dapat dilakukan menggunakan KlikBCA.

Klik BCA ini terdiri atas dua jenis yakni KlikBCA Bisnis dan KlikBCA Individual. Perbedaan keduanya terdapat pada fungsinya.

Secara secara jelas bahwa perbedaan antara individual dan KlikBCA Bisnis ialah tergantung pada kepentingan. KlikBCA Individual lebih kepada urusan pribadi sedangkan KlikBCA Bisnis kepada urusan finansial yang melibatkan suatu usaha. Misalnya saja, seseorang akan melakukan transaksi berupa pembayaran di toko online maka ia bisa menggunakan klik BCA Individual.

Secara lebih singkat Bisa dijelaskan bahwa KlikBCA Bisnis merupakan layanan yang secara khusus dibuat untuk urusan bisnis nasabah. Pada umumnya, nasabah BCA memanfaatkan KlikBCA Bisnis untuk usahanya. Misalnya saja membayar gaji karyawan dan juga mengirim valuta asing.

Cara Daftar KlikBCA Individual

1. Daftar Lewat ATM

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mendaftar melalui ATM BCA terdekat. Silakan datang ke ATM BCA terdekat kemudian masukkan kartu ATM ke dalam mesin.

Selanjutnya input PIN pilih daftar e-banking atau autodebet di halaman utama layar kemudian pilih internet banking. Silakan masukkan PIN untuk login klik BCA dan ulangi untuk memverifikasi nya. Kemudian tekan keluar dan tunggu struk berisikan user ID dan juga keluar. User ID dan PIN ini akan digunakan untuk melakukan aktivasi di situs KlikBCA.

Aktivasi Klik BCA Individual ini harus dilakukan di situs Klik BCA. Adapun langkah-langkahnya ialah, pertama harus login terlebih dahulu, kemudian masukkan user ID dan PIN yang sebelumnya sudah didapatkan di struk Ketika mendaftar.

Masukkan juga alamat email yang digunakan untuk dapat di korespondensi, lalu pilih bahasa kemudian submit dan klik setuju. Setelah itu akan muncul notifikasi bahwa aktivasi Klik BCA sukses dilakukan.

2. Daftar Lewat Bank

Adapun cara daftar KlikBCA Individual di bank ialah pertama silakan datang ke kantor BCA terdekat dengan membawa kartu ATM dan juga buku rekening. Jangan lupa juga untuk membawa kartu identitas yaitu KTP (kartu tanda penduduk). Silakan mengambil nomor antrian dan tunggu hingga dipanggil. Selanjutnya silahkan ikuti arahan yang diberikan oleh pegawai BCA untuk bisa mendaftar Klik BCA.

Cara mendaftar yang kedua ini memang disarankan karena prosesnya bisa sekali jalan. Selain itu pengguna atau nasabah pun dapat langsung mendapatkan KeyBCA atau token yang dapat digunakan untuk mengotorisasi transaksi melalui klikBCA Individual.

Dengan menggunakan akun KlikBCA Anda dapat menikmati fasilitas perbankan sebagaimana di ATM. Anda bahkan dapat menemukan menu yang membantu administratif perbankan Anda. Berikut adalah penjelasan tentang apa saja yang bisa Anda lakukan jika memiliki akun KlikBCA.

Fitur Penting KlikBCA Individual

Terdapat beberapa fitur penting pada klik BCA Individual yang bisa memudahkan para nasabah untuk melakukan berbagai macam transaksi. Adapun fitur-fitur tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Fitur menerima dan mengirimkan uang. Fasilitas klikbcaindividual mengirim dan menerima uang dari bank mana saja fitur ini akan memudahkan saat melakukan pembayaran berbagai jenis kebutuhan. Untuk melakukan transfer ke luar negeri dalam rangka memenuhi kebutuhan bisa menggunakan key BCA.
  2. Fitur layanan administratif. Adanya KlikBCA Individual nasabah bisa melakukan berbagai aktivitas yang sifatnya administratif Misalnya saja seperti aktivasi kartu kredit dan melihat history transaksi yang dilakukan dan juga aktivasi key BCA mengganti pin dan lain-lain. Dengan demikian nasabah tidak perlu lagi pergi ke bank secara langsung.
  3. Fitur yang bisa digunakan untuk klikpay dan berbelanja online. Fitur selanjutnya ini memungkinkan nasabah untuk dapat menggunakan klik BCA Individual dalam melakukan transaksi di berbagai merchant secara online. Namun sebelumnya nasabah diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Dalam tahap registrasi nasabah akan membuat akun yang mana harus dahulu mengakses comatau klikpay, kemudian memilih menu registrasi. Setelah itu, juga harus dipilih Apakah nasabah ingin membayar dengan klik BCA atau kartu kredit

Risiko Saat Menggunakan KlikBCA Individual

Meskipun KlikBCA Individualmemberikan banyak fitur yang memudahkan transaksi nasabah, ada beberapa resiko yang harus di perhatikan untuk meningkatkan kewaspadaan agar tidak mengalami penipuan. Adapun beberapa resiko tersebut ialah sebagai berikut:

1. Malware atau malicious

Risiko yang pertama adalah Malware atau malicious. Malware sendiri merupakan perangkat lunak yang jahat. Internet banking dari bank manapun memiliki resiko tinggi terhadap malware. Adapun cara kerja dari Malware ini adalah merusak sistem pada Internet banking.

Kemudian kerusakan itulah yang membuat bahaya pencurian berupa identitas dan juga transaksi gelap. Ketika mengakses KlikBCA Individual, harus terlebih dahulu dipastikan bahwa situs yang digunakan ialah klikbca.com atau m.klikbca.com.

Apabila menggunakan smartphone maka silakan menginstal aplikasinya hingga dapat lebih dipastikan situs yang dikunjungi adalah situs yang asli. Sebenarnya BCA juga mempunyai alat pencegah berupa keyBCA. Gunakan sebagai verifikasi transaksi melalui kode yang dikirimkan ke alat tersebut

2. Koneksi Internet

Karena mengandalkan jaringan internet, klik bcaindividual sangat rentan mengalami masalah apabila terjadi gangguan Internet. Misalnya saja wifi  tidak terlalu stabil, maka koneksi akan terputus saat melakukan loading transaksi.

Jika hal ini terjadi, sangat memungkinkan untuk timbulnya masalah baru berupa saldo yang terpotong, namun dana tidak terkirim. Untuk bisa mengatasi masalah seperti ini, maka sebaiknya menghubungi langsung Halo BCA di nomor 1500888 untuk segera ditindaklanjuti.

Tips Transaksi Aman KlikBCA Individual

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar transaksi aman melalui BCA klik individual. Beberapa cara tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Menggunakan KeyBCA. Dengan menggunakan KeyBCA yang sifatnya pribadi, sehingga tidak boleh dipindahtangankan ataupun dipinjamkan kepada orang lain. Termasuk juga memberi informasi mengenai PIN klikbca individual kepada orang lain.
  2. Ketika melakukan transfer transaksi BCA hanya menggunakan respon dari KeyBCA. Apabila mendapat perintah yang tidak biasa, maka sebaiknya langsung menghubungi Halo BCA dengan nomor (021) 500888 dan hendaklah terlebih dahulu menunda untuk melakukan transaksi hingga bisa dipastikan aman.
  3. Periksalah secara rutin saldo terakhir daftar rekening tujuan transfer yang ada dalam klikBCA individual dan mutasi saldo. Apabila ada rekening tertentu yang sekiranya tidak diperlukan lagi, maka silakan hapus melalui akses menu administrasi lalu pilih menu hapus daftar transfer.
  4. Apabila melakukan transaksi misalnya saja seperti transfer dana melalui Internet Banking BCA maupun ibank BCA, maka pastikan bahwa nomor rekening tujuan yang dimasukkan benar. Jika tidak, uang yang ditransfer bisa masuk ke rekening orang lain dan akan sulit mengurusnya.
  5. Saat mengakses klik bcaindividual, harus dipastikan bahwa website yang diakses benar yaitu klikbca.comataupun https://m.klikbca.com.
  6. Jika ingin mengakses klikbcaindividual pastikan bahwa sistem operasi yang dipakai kompetibel dengan KlikBCA individu. Adapun sistem operasi yang kompatibel seperti Apple OS X 10.9, Android 4.4, iOS 8 dan Microsoft Windows 7.
  7. Perhatikan tanda pada browser ketika mengakses KlikBCA individu. Pastikan bahwa ada icon kunci atau gembok yang mengindikasikan bahwa laman yang di akses aman dan sudah terenkripsi. Jika tidak terdapat tanda tersebut, maka Jangan melakukan transaksi.
  8. Jangan sesekali mengakses website KlikBCA Individual pada internet publik seperti warnet, tempat umum yang memberikan wifi gratis karena keamanannya belum tentu bisa terjamin.
  9. Apabila sudah selesai melakukan akses layanan KlikBCA, maka pastikan sudah memilih Hal ini dilakukan guna mengurangi risiko penyusupan. Tampak sepele, namun ini bisa mengurangi risiko.
  10. Silakan perbaharui selalu antivirus yang ada di komputer rumah maupun laptop. Hal ini dilakukan agar terhindar dari virus-virus softwareyang risikonya dapat mengganggu kenyamanan saat bertransaksi melalui internet banking.
  11. Perhatikan dengan baik email yang masuk dan jangan buka emailyang terlihat mencurigakan. Kemungkinan, di sana banyak virus komputer yang akan masuk melalui link email.
  12. Sebaiknya terapkan firewallpada komputer mauun laptop, jika perlu. Hal ini dilakukan sebagai langkah pengamanan bertahap.
  13. Pastikan bahwa updatesistem operasi di komputer sudah dilakukan. Baik itu ponsel maupun laptop sesuai tuntutan pemakaian internet banking.
  14. Usahakan untuk tidak mengunduh file apapun dari laman website yang tidak jelas.
  15. Segera ubah secara berkala kombinasi dari PIN KeyBCA maupun KlikBCA Individual menggunakan angka rahasia dan sulit ditebak orang lain.
  16. Jangan pernah membagi ataupun memberi data pribadi kepada siapapun, termasuk pada mereka yang mengaku sebagai petugas BCA. Baik itu melalui SMS, telepon, maupunemail. Ingatlah bahwa pegawai bank tidak akan pernah meminta informasi beruan PIN KlikBCA ataupun KeyBCA kepada nasabah.
  17. Pastikan bahwa situs yang diinput pada browser klikbca.com. Apabila ingin lebih cepat dan aman, jadikan alamat situsnya sebagai bookmark. Sebab, situs palsu seringkali menampilkan halaman yang sama.
  18. Pastikan bahwa pengecekan dilakukan secara rutin. Baik itu transfer dana dari rekening. Apabila menemukan transaksi transfer yang tidak dikenal pada KlikBCA Individual, maka terdapat kemungkinan jika akun KlikBCA sudah disalahgunakan oleh seseorang maupun kemungkinan fraudsudah terjadi.
  19. Wajib untuk berhati-hati terhadap segala jenis kemungkinan penipuan yang ada. Terutama mengatasnamakan petugas Bank BCA, baik kontak melalui SMS, telpon, maupun email.

Jangan pernah mengakses website KlikBCA Individual dengan memakai layanan internet publik, seperti di warnet, tempat umum yang memberikan WiFi gratis karena keamanannya belum tentu terjamin.

Demikianlah informasi mengenai KlikBCA Individual, mulai dari pengertian, cara mengaktifkan, aktivasi, hingga tips agar tetap aman menggunakannya. Semoga bisa memberikan manfaat.

Cari Artikel di Sini