Apa itu pekerjaan QA? Saat ini teknologi dan informasi sangat mudah untuk dinikmati secara langsung dengan sangat baik. Namun sudah tahukah Anda dengan satu jenis pekerjaan satu ini?

Quality assurance atau biasa disingkat sebagai QA? Bagi Anda yang lulusan baru atau fresh graduate pasti ingin mengajukan surat lamaran kerja serta mencoba secara langsung pekerjaan-pekerjaan yang menantang bukan?

Nah pekerjaan ini akan membuat Anda merasakan tantangan yang berbeda pada jenis pekerjaan lainnya. Ya, QA atau quality assurance merupakan sebuah pekerjaan yang mana Anda akan berperan sebagai konseptor yang memastikan semua standar kualitas pada setiap produk yang dihasilkan di sebuah perusahaan terkait. Anda akan merasakan pekerjaan yang berbeda dari yang lain.

Semoga setelah membaca artikel ini Anda berminat membuat surat lamaran kerja untuk posisi QA di startup.

Cara Untuk Memahami QA Dengan Baik

Untuk mendapatkan sebuah kualitas produk, maka perusahaan membutuhkan orang atau karyawan yang bisa melakukan hal ini. QA biasanya masih dipersamakan dengan QC (quality control) lantaran pekerjaan yang dilakukan adalah memastikan semua standar kualitas. Lalu apakah kira-kira perbedaannya?

QA lebih menekankan pada Anda sebagai konseptor, berbeda dengan QC yang mana Anda harus memantau proses produksi, mengidentifikasi bahkan sampai dengan menindaklanjuti secara langsung suatu produk di lapangan. Jangan sampai salah saat dimana Anda melamar pekerjaan untuk menjadi seorang QA.

Nah lalu bagaimana Anda bisa mendapatkan informasi terkait satu pekerjaan ini? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan di zaman canggih seperti saat ini untuk mendapatkan informasi terkait pekerjaan ini, jadi saat Anda melamar pekerjaan tersebut, Anda tak perlu bertanya apa itu pekerjaan QA dan apa yang akan dilakukannya. Berikut ini:

Bertanya Kepada Orang Terdekat Terkait Apa itu Pekerjaan QA

Ada sebuah pepatah mengatakan “Malu bertanya sesat dijalan”. Kalimat ini memang benar adanya apabila Anda tak berani bertanya Anda sendiri akan kehilangan sebuah informasi.

contoh jobdesc QA

contoh jobdesc QA

Sama halnya dengan pekerjaan, saat ini link menjadi hal yang sangat membantu untuk membuat kita memiliki sebuah pekerjaan.

Dengan banyak teman, Anda bukan hanya memiliki banyak kenalan tetapi juga membangun informasi terkait pekerjaan. Anda tidak akan bingung untuk sekadar bertanya pada teman-teman Anda.

Memanfaatkan Teknologi Informasi

Di era revolusi industri 4.0 saat ini semua informasi sangat mudah untuk diakses. Mulai dari informasi tempat pariwisata, tempat makan yang enak dan murah sampai dengan informasi pekerjaan sangat mudah untuk Anda akses.

Anda bisa memanfaatkan kemudahan perkembangan informasi saat ini dengan cara mengikuti perkembangan yang ada.

Teknologi yang canggih atau melalui perkembangan berita-berita yang update setiap harinya atau dengan membeli buku terkait pekerjaan tersebut secara langsung.

Pertanyaannya sudahkah Anda memanfaatkan kemajuan teknologi dan media informasi? Saatnya untuk Anda mulai mengubah perilaku dan sudut pandangan untuk semakin terbuka akan perkembangan zaman, agar Anda tidak ketinggalan berbagai informasi yang Anda. Anda bisa melakukannya saat ini dan sekarang juga!

Lakukan Kunjungan Lapangan dan Temukan Jawaban

Nah, bila Anda sudah melakukan proses bertanya-tanya dan mencari informasi melalui media sosial Anda bisa melakukannya dengan langsung mendatangi lokasi yang Anda inginkan dalam bekerja.

Gali informasi terkait dengan pekerjaan tersebut dengan bertanya atau meminta izin secara langsung untuk melakukan sedikit wawancara.

Tentunya Anda akan mendapatkan berbagai informasi yang secara langsung didapatkan pada perusahaan yang akan Anda lamar. Berani mencoba?

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui Apa itu Pekerjaan QA (Quality Assurance dalam perusahaan IT/Startup). Jika ingin resign dari QA jangan lupa buat surat pengunduran diri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Cari Artikel di Sini