“Enkripsi End-to-End” Sistem Keamanan yang Digunakan Whatsapp

Pada tahun 2016, whatsapp memenuhi janjinya untuk terus meningkatkan keamanan bagi para penggunanya. Hal ini bisa kita lihat dengan adanya enkripsi end-to-end.

Enkripsi end-to-end ini merupakan sistem untuk mengamankan setiap pesan yang kamu kirimkan. Baik itu berupa pesan chat, pesan gambar, pesan audio, pesan video, panggilan keluar, panggilan masuk, dokumen-dokumen dan juga perbaruan status pada whatsapp.

Dengan adanya enkripsi end-to-end ini, hanya pengguna dan kontak yang di ajak berkomunikasilah yang tahu isi pesan mereka. Bahkan pihak whatsapp sendiri tidak memiliki akses untuk melihat ataupun mengintip pesan yang sudah dikirimkan oleh penggunanya.

Hal ini dikarenakan pada setiap pesan yang terkirim sudah terenkripsi end-to-end, yang berarti pada setiap pesan yang terkirim tersebut sudah diamankan dengan sebuah kunci. Dan hanya penggunanya saja yang memiliki kunci-kunci spesial tersebut untuk dapat membaca dan membuka isi pesan tersebut.

Sehingga ketika pihak ketiga, katakan lah orang terkaya didunia meminta kepada pihak whatsapp untuk melihat isi percakapan seseorang, maka hal ini tidak bisa di penuhi oleh pihak whatsapp dikarenakan mereka sendiri tidak memiliki kunci untuk membuka akses ke isi pesan penggunanya.

Namun memang ada pengecualian apabila pengadilan atau penegak hukum yang meminta hal tersebut untuk menegakkan hukum. Prosesnya pun cukup rumit dan hanya dalam keadaan darurat saja permintaan tersebut akan disahkan dan di penuhi.

Enkripsi end-to-end ini secara otomatis aktif pada setiap pesan yang kita kirimkan setelah kita memperbarui aplikasi whatsapp pada smartphone kita. Sehingga kita tidak perlu mengaturnya secara manual. Dan tidak ada cara untuk menonaktifkan enkripsi end-to-end ini.

Enkripsi end-to-end ini di gunakan whatsapp untuk melindungi privasi pard penggunanya. Karena kita lihat sekarang ini banyak hacker yang mencuri data pribadi seseorang kemudian menyalahgunakannya untuk menyakiti seseorang atau memerasnya. Maka karena hal itulah whatsapp menerapkan enkripsi end-to-end.

Pernahkah kamu melihat pesan seperti ini :

“Menunggu pesan ini. Ini mungkin membutuhkan waktu beberapa saat.”

Perlu kamu ketahui bahwa ketika kamu menerima atau melihat pesan tersebut, bukan berarti whatsapp kamu sedang bermasalah. Namun hal ini di sebabkan karena pesan yang seharusnya kamu terima dalam proses enkripsi end-to-end yg sedang berjalan.

Contoh mudahnya seperti ini. Teman kamu mengirimkan suatu pesan untuk kamu, kemudian dilanjutkan melakukan perbaruan pada aplikasi whatsapp. Setelah proses perbaruan selesai, teman kamu tidak membuka aplikasi whatsapp.

Inilah yang menyebabkan pesan yang dikirim teman kamu masih dalam proses enkripsi end-to-end sehingga yang kamu terima hanyalah pesan “Menunggu pesan ini. Ini mungkin membutuhkan waktu beberapa saat.”
Agar pesan yang tertunda tersebut terkirim. Maka kamu perlu mengingatkan teman kamu untuk membuka aplikasi whatsappnya agar proses enkripsi end-to-end selesai. Dan pesan yang tertunda tadipun bisa kamu terima.

Bagi kamu yang masih merasa bingung atau memiliki pertanyaan mengenai artikel diatas, kamu bisa menuliskannya pada kolom komentar dibawah. Insya Allah akan kami balas. Terimakasi telah membaca artikel kami. Baca juga artikel kami lainnya yang tak kalah menariknya

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: