Tips Pilih Kuliah Akuntansi di Indonesia dan Luar Negeri dan Prospek Kerja

Jurusan Kuliah Akuntansi – Setelah masa ujian nasional lewat, siswa akan disibukkan dengan persiapan menginjak lingkungan baru yaitu lingkungan perkuliahan. Lingkungan yang katanya menjadi salah satu kunci penting pembentukan karakter dan masa depan.

Karena masa baru ini sangat penting, tidak jarang orang-orang sudah merencanakan perkuliahan mereka sebelum lulus ujian. Ada yang memilih jurusan seni, manajemen, psikologi, pendidikan, matematika dan lain sebagainya. Tentu juga tidak sedikit orang yang masih bingung akan kemana.

Kalau kamu salah satunya, artikel ini akan membantu kamu untuk mendapatkan gambaran tempat kuliah terutama jurusan akuntansi dan untuk kamu yang akan memilih akuntansi semoga artikel ini lebih memantapkan pilihan mu.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai jurusan akuntansi baik yang ada didalam maupun luar negeri yang sudah dirangkum dari jurusankuliahku.info dan hotsource.co.id, selamat membaca.

Artikel Terkait : Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Jurusan Akuntansi

Di sekolah orang lebih mengenal akuntansi sebagai bagian dari mata pelajaran ekonomi yang didalamnya mengurus tentang keuangan. Tapi ternyata jurusan akuntansi tidak hanya itu saja. Ada banyak bagian yang ternyata juga masuk dalam jurusan akuntansi.

Jika ditarik dari pengertiannya akuntansi adalah penyampaian informasi keuangan melalui pencatatan, penyusunan dan pengelompokan berbagai informasi yang ada didalam transaksi untuk nantinya dapat digunakan oleh pengguna informasi akuntansi.

Lebih rinci lagi Akuntansi adalah proses menelusuri transaksi keuangan seperti keluar masuknya dana dari suatu perusahaan agar perusahaan dapat menentukan untung dan rugi yang didapatkan. Nah buat kamu yang suka keuangan dan mau paham dunia bisnis lebih dalam, jurusan akuntansi bisa jadi pilihan terbaik.

Seperti yang disebutkan diatas akuntansi itu luas tidak hanya berkaitan dengan uang dan berhitung saja, tapi ada juga hubungan nya dengan hukum dan berbagai ilmu lainnya. Akuntansi dengan hukum? Apa hubungannya? Tentu saja ada. Tiap transaksi keuangan selalu ada aturan terutama masalah perpajakan dan kebijakan keuangan karena itu dalam akuntansi juga dipelajari hukum dan lainnya.

Artikel Terkait : Pengantar Akuntansi Dasar

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Banyak dari lulusan jurusan akuntansi memilih bekerja sebagai akuntan. Tapi karena bidang studi yang luas seperti hukum, ilmu ekonomi dan bisnis tidak sedikit lulusan jurusan akuntansi diterima bekerja di bidang manajemen yang lain.

Mengolah data keuangan sudah menjadi darah daging bagi mahasiswa jurusan akuntansi, hal ini menjadikan lulusan jurusan akuntansi dapat bekerja di perbankan ataupun menjadi anilis risiko dalam perusahaan-perusahaan akuntansi.

Ada banyak sekali pilihan pekerjaan bagi lulusan jurusan akuntansi seperti bekerja di organisasi non-profit, penjualan, marketing periklanan hukum bahkan jurnalisme sekalipun. Ini karena skill yang harus dikuasai para mahasiswa jurusan akuntansi sangat beragam. Untuk kamu yang mau jadi pengajar pun bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Artikel Terkait : 6 Profesi Menjanjikan Lulusan Akuntansi

Perkuliahan Jurusan Akuntansi

Dalam perkuliahan mahasiswa diberikan berbagai macam materi mulai dari materi akuntansi dasar hingga akuntansi yang lebih sepesifik lagi. Sebagai pelengkap terdapat juga mata kuliah lainnya seperti hukum, ekonomi, manajemen dan sistem informasi.

Dengan begitu banyaknya mata kuliah ini diharapkan setelah lulus mahasiswa jurusan akuntansi akan memiliki keterampilan yang banyak seperti misalnya keterampilan intelektual, keterampilan teknik dan fungsional, keterampilan komunikasi personal dan interpersonal, keterampilan organisasi dan manajemen bisnis.

Selama masa kuliah kamu juga akan diarahkan menuju beberapa konsentrasi dari jurusan akuntansi seperti misalnya  akuntansi umum, manajemen keuangan, perencanaan keuangan dan keuangan publik.

Untuk kamu yang ingin kuliah di luar negeri, perkuliahan Jurusan Akuntansi disana pada umumnya berlangsung selama 3 tahun berbeda dengan di Indonesia yang umumnya 4 tahun untuk jenjang sarjana. Di tahun ke-2 atau ke-3, mahasiswa diwajibkan melakukan magang.

Para mahasiswa juga diharapkan untuk menghadiri kuliah secara reguler dan dituntut untuk aktif karena akan dinilai melalui kombinasi ujian dengan proyek tertulis yang melatih keterampilan mahasiswa. Disamping itu, mereka juga didorong untuk ikut serta dalam kegiatan magang sebagai bagian dari program kuliah mereka.

Jurusan Akuntansi Terbaik di Dalam dan Luar Negeri

Jurusan akuntansi termasuk salah satu jurusan terfavorit di dunia. Banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan ini karena melihat prosek kerja lulusannya yang meyakinkan. Berikut ini 10 universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di dalam dan luar negeri.

Kampus Jurusan Akuntansi di Indonesia

  1. Akuntansi Universitas Indonesia (UI)
  2. Akuntansi Universitas Gadjah Mada (UGM)
  3. Akuntansi Universitas Padjajaran (Unpad)
  4. Akuntansi Universitas Brawijaya (UB/Unibraw)
  5. Akuntansi Univeristas Airlangga (Unair)
  6. Akuntansi Universitas Diponegoro (Undip)
  7. Akuntansi Universitas Andalas (Unand)
  8. Akuntansi Universitas Hassanudin (Unhas)
  9. Akuntansi Univeristas Sriwijaya (Unsri)
  10. Akuntansi Universitas Lampung (Unila)

Kampus Jurusan Akuntansi di Luar Negeri

  1. Universitas Harvard
  2. Universitas Oxford
  3. Institut Teknologi Massachusetts
  4. Universitas Cambridge
  5. Universitas Stanford
  6. LSE
  7. Universitas California, Berkeley
  8. Universitas Chicago
  9. Universitas Pennsylvania
  10. London Business School

Artikel Terkait : 10 Bidang-Bidang Akuntansi

Tips Memilih Jurusan dan Tempat Kuliah

Hal paling penting untuk dipertimbangkan saat akan memilih tempat kuliah adalah bagaiman dukungan universitas terhadap masa depan mahasiswanya selain dari kesungguhan mahasiswanya sendiri.

Selain itu ketahui semua persyaratan masuk dan mempertimbangkan kondisi keuangan cukupkah untuk tinggal di tempat yang mahal? Mampukah membayar biaya kuliah yang tinggi?. Jika terkendala dengan biaya jangan takut karena ada banyak beasiswa yang ada saat berkuliah.

Lokasi juga menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan. Pilihlah lokasi yang sekiranya dapat membantu kamu berkembang secara sosial dan akademis tanpa mengganggu keadaan finansial selama berkuliah.

Nah itulah tadi semua tentang jurusan akuntansi. Semoga apa yang ada dalam artikel ini dapat bermanfaat dan memudahkan kamu untuk memilih jurusan. Sekian dan terima kasih.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: