Layanan internet banking UOB disebut dengan personal internet banking / pib. Pada dasarnya layanan ini sama dengan layanan internet banking lainnya. Namun ada sebuah kelebihan dari internet banking ini.

Catatan Singkat Bank UOB Indonesia

Sebagai bank luar dan juga bukan termasuk ke dalam bank awam, beberapa orang pasti tidak mengetahui bank UOB.

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai Internet Banking / personal internet banking UOB, ketahui terlebih dahulu mengenai bank UOB itu sendiri. Bank UOB adalah sebuah bank yang berasal dari Singapura.

UOB (United Overseas Bank Limited) didirikan pada 6 Agustus 1935. Pendiri bank tersebut adalah sekelompok orang yang merupakan suku tionghoa yang diketuai oleh Wee Kheng Chiang. Dalam kelompok tersebut terdapat 8 orang pebisnis besar. Di singa sendiri bank UOB termasuk ke dalam 3 bank terbesar di Singapura.

Untuk bank UOB Indonesia adalah bank lokal yang sebagian besar sahamnya diakuisisi bank UOB. Mulanya bank ini bernama Bank Buana Indonesia. Awalnya bank Buana Indonesia berjalan dengan baik hingga dapat mengakuisisi 3 buah bank sekaligus. Bank tersebut adalah bank Pembinaan Nasional Bandung, bank Kesejahteraan Masyarakat Semarang dan bank Aman Makmur Jakarta.

Bank Buana Indonesia berhasil meraih penghargaan dari Bank Indonesia sebagai bank dengan peringkat A. Pada awal tahun 2000, bank ini melakukan pelelangan penawaran saham ke berbagai bursa efek,  seperti bursa efek Surabaya dan Bursa Efek Jakarta. Kepemilikan saham bank Buana Indonesia sempat mengalami pergantian hingga pada akhirnya bank UOB Singapura berhasil mengakuisisi bank tersebut.

Setelah diakuisisi oleh bank UOB, bank Buana Indonesia mengalami pergantian nama beberapa kali. Pergantian nama yang pertama adalah bank Buana Internasional. Kemudian tahun 2007 berganti nama menjadi bank UOB Buana. Hingga akhirnya pada 2011 berganti nama sebagai bank UOB Indonesia.

Selain mengalami pergantian nama, kantor cabang bank UOB Singapura di Indonesia memutuskan untuk penggabungan usaha. Sehingga tidak ada lagi bank UOB Singapura cabang Indonesia maupun bank hasil akuisisi UOB.

Selain mengakuisisi bank Buana Indonesia, bank UOB juga mengakuisisi bank lain. Diantaranya adalah Far Eastern Bank Singapore, bank Malaysia serta bank Thailand.

Perkembangan bank UOB Indonesia sangat pesat. Sayangnya bukan hanya dari segi layanan deposito. Melainkan dalam hal kartu kredit.

Untuk kartu kredit bank UOB termasuk ke dalam golongan kartu kredit terbaik dan menjadi daftar kartu kredit dengan pemegang terbanyak di Indonesia. Pemegang kartu kredit UOB pun bukan hanya memperoleh beberapa fitur transaksi, namun juga mendapatkan sebuah souvenir dan hadiah khusus.

Apa Itu Internet Banking UOB?

Sebagian besar orang pasti tidak mengetahui apa itu internet banking UOB? Karena kepopuleran dari bank UOB Indonesia adalah kartu kredit bukan akun bank konvensional.

Padahal bank UOB Indonesia bukan hanya menawarkan credit card, namun juga layanan deposito. Sebagian besar pemegang kartu kredit UOB juga tidak mempunyai akun / tabungan apapun di bank UOB.

Pada istilah internet banking UOB bisa dikombinasikan dengan i banking UOB/ pib. Fitur tersebut merupakan salah satu layanan yang juga tersedia dalam bank UOB di negara lainnya.

Sedangkan pengertian dari pib / i Banking UOB adalah layanan internet banking yang diperuntukkan bagi nasabah UOB perorangan. Tujuannya adalah meningkatkan efisiensi transaksi perbankan serta menawarkan keamanan dalam bertransaksi melalui e banking.

Syarat Daftar Internet Banking UOB

Syarat daftar internet banking UOB lebih kompleks dan luas. Berikut ini adalah persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat pib UOB :

1. Mempunyai 1 produk Bank UOB

Untuk syarat pertama dan utama adalah mempunyai produk UOB dengan minimal satu produk. Secara garis besar ada 4 buah jenis produk dari bank UOB, yaitu deposito, tabungan, giro dan kartu kredit. Dari 4 buah produk tersebut hanya ada 3 buah produk yang dapat dijadikan syarat daftar pib UOB. Tetapi ada sebuah produk yang tidak dapat digunakan untuk pembuatan akun pib, yaitu deposito.

Syarat utama tersebut dapat memudahkan nasabah yang hendak mempunyai akun pib, terutama bagi pemegang kartu kredit. Sebagian pembayaran tagihan kartu kredit umumnya menggunakan transfer bank. Namun bukan menggunakan akun bank lain.

Pembayaran tagihan kartu kredit dengan transfer bank non UOB, akan diberlakukan biaya admin cukup besar. Sedangkan pembayaran tagihan kartu kredit dengan transfer bank UOB tidak terdapat biaya admin sama sekali. Jadi nasabah dapat menekan biaya tagihan kartu kredit.

2. Salah satu nomor handphone / email telah terdaftar pada sistem bank UOB

Tabungan Bank UOB mempunyai biaya admin bulanan yang cukup besar. Hal ini yang menyebabkan sebagian besar orang tidak berminat mempunyai akun bank UOB. Bagi yang telah terlanjur, biasanya akan langsung mengalihkan seluruh saldo ke bank lain.

Walaupun tidak lagi mempunyai akun apapun di bank UOB, tetapi nomor telepon dan email yang digunakan pada saat pembukaan rekening masih tersimpan dalam sistem. Dengan hal itu nasabah masih bisa memiliki personal internet banking / pib UOB.

Kelebihan Internet Banking UOB

Kelebihan internet banking UOB terletak pada sistem keamanan. Kelebihan tersebut antara lain sebagai berikut ini :

  1. Pihak bank UOB tidak pernah menanyakan data rahasia nasabah, seperti passwords, no pin, id dan lain – lain. Jadi hiraukan saja jika sewaktu – waktu menanyakan hal tersebut yang mengatasnamakan bank UOB Indonesia.
  2. Customers service bank UOB selalu standby selama 24 jam untuk melayani nasabah. Respon semua pertanyaan, kritik serta saran sangat cepat dan tepat.
  3. Pihak bank UOB menjaga dengan baik seluruh data nasabah. Serta tidak memperjualbelikan data dalam faktor apapun.
  4. Pib UOB mempunyai fitur Two Factors Authentication. Untuk fitur tersebut bank UOB memakai sistem OTP (onetime passcode). Sistem OTP hampir sama dengan kode Captcha. Namun terdapat perbedaan antara kode Captcha dan OTP. Pada kode Captcha diharuskan untuk mengisi sebuah kolom sesuai dengan gambar yang tersedia. Namun ada pula dengan sistem optional pictures.
  5. Sementara untuk OTP adalah sebuah kode rahasia yang dikirimkan melalui SMS. Kode OTP mempunyai batasan waktu tertentu. Jadi jika telah melebihi batas waktu yang telah ditentukan, kode OTP akan expired dengan sendirinya. Kode OTP hanya berlaku sekali pakai.
  6. Nilai tukar dolar lebih tinggi daripada bank lainnya. Sebagai bank yang berasal dari Singapura, tentu mempunyai fitur khusus yang berupa nilai tukar rupiah ke dolar. Besarnya nilai tukar dolar jauh lebih rendah dari nilai kurs mata uang yang telah ditentukan. Tidak semua dolar yang ditukar mempunyai nilai rendah. Hanya untuk dolar Singapura. Sedangkan untuk dolar Amerika, Australia, Hongkong dan lain – lain dalam kondisi normal.
  7. Tidak terdapat limit transaksi. Sebab besarnya limit transaksi dapat diatur sendiri sesuai dengan kebutuhan. Jadi nasabah dapat menekan pengeluaran.

Cara Daftar Internet Banking UOB

Bagaimana cara daftar UOB i banking? Cara dan ketentuan daftar pib secara lengkap, tersedia di situs resmi bank UOB Indonesia.

Untuk cara daftar internet banking UOB sebagai berikut ini :

  1. Persiapan terlebih dahulu media untuk mengakses situs resmi pib UOB.
  2. Akses situs resmi pib UOB.
  3. Pada halaman pertama berupa syarat utama pembukaan akun pib serta beberapa daftar syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk melanjutkan proses registrasi klik check list setuju.
  4. Lengkapi semua form dengan data yang valid dan sesuai dengan steps.

Jika nomor telepon yang digunakan tidak terdaftar pada sistem bank UOB, maka harus daftar internet banking UOB via atmterlebih dahulu. Atau melakukan pengkinian data di kantor cabang terdekat.

Apabila ini cara yang lebih jelas dapat daftar i banking UOB melalui customer service. Nasabah akan memperoleh panduan khusus dalam pembukaan akun pib.

Cara Aktivasi Internet Banking UOB

Cara aktivasi Internet Banking UOB/ pib yaitu dengan sms OTP. Proses ini adalah proses terakhir dalam registrasi akun pib.

Setelah melengkapi semua form registrasi pib, nasabah akan menerima SMS internal dari UOB. Sms tersebut berisi tentang sebuah kode rahasia. Biasanya berupa susunan angka.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan i banking UOB? Hal tersebut dilakukan hanya dengan memasukkan kode OTP.

Sesudah menerima SMS OTP, nasabah harus sesegera mungkin memasukkan kode OTP tersebut sebelum expired. Jika kode OTP telah expired, nasabah harus mengirim ulang kode OTP. Dengan klik kirim ulang kode yang berada di sebelah kolom OTP.

Proses verifikasi pun telah selesai. Nasabah dapat melakukan transaksi apapun dengan mudah dan cepat.

Fitur Layanan Internet Banking UOB

Fitur layanan internet banking UOB terbagi dalam transaksi finansial dan transaksi non finansial. Transaksi finansial yang dapat dilakukan melalui pib UOB antara lain sebagai berikut :

  1. Transfer antar bank UOB Indonesia dan UOB negara lain, baik dalam mata uang rupiah maupun asing.
  2. Transfer ke bank lokal lainnya.
  3. Melakukan berbagai macam transaksi dengan frekuensi lebih dari 5 kali sehari.
  4. Melakukan transaksi terjadwal dengan waktu yang sesuai dengan kebutuhan.
  5. Multi transfer hanya dalam sekali transaksi. Untuk limit penerima sebanyak 10 akun.
  6. Transaksi Telegraphic Transfer.
  7. Berbagai macam pembayaran dan pembelian.
  8. Quick Pay.

Sedangkan untuk transaksi non finansial antara lain :

  1. Mengatur limit transaksi.
  2. Mutasi rekening.
  3. Pengajuan untuk membuka deposito dan giro.
  4. Mengajukan kartu kredit.

Media Untuk Mengakses Situs Internet Banking UOB

Khusus untuk pib terdapat beberapa ketentuan dalam penggunaan media yang meliputi prosesor, sistem operasi, software hingga aplikasi. Berikut ini adalah ketentuan dalam penggunaan media :

1. Prosesor

Jenis jenis prosesor komputer atau laptop harus minimal Pentium 4. Untuk besarnya RAM minimal adalah setengah GB / 512 MB.

2. Sistem operasi

Sistem operasi Windows minimal supaya dapat mengakses pib adalah Windows Xp. Sementara untuk brand sistem operasi Mac OS adalah snow leopard.

3. Software browser

Tidak semua software browser support untuk mengakses layanan pib. Hanya beberapa browser saja yang dapat digunakan untuk mengakses pib. Browser tersebut yaitu Internet Explorer (minimal seri 1.1), Chrome (minimal seri 25), Mozilla Firefox (minimal seri 30) dan Safari (minimal seri 6).

4. Resolusi layar minimal

Selain prosesor, sistem operasi dan software browser, pib juga mempunyai ketentuan dalam resolusi layar pc minimal. Resolusi layar minimal harus 10 inch / 1024 x 768.

5. Software android minimal

Situs pib juga dapat diakses melalui smartphone. Untuk sistem operasi minimal yang dapat mengakses pib adalah Android 4.2 / jelly bean. Inilah yang menjadi perbedaan internet banking dengan mobile banking.

Selain daftar minimal penggunaan media diatas, tidak dapat untuk mengakses pib sama sekali.

Cara Transfer Antar Bank UOB

Transfer dana melalui pib adalah cara yang sangat tepat dan cepat. Sebab dapat melakukan multi transfer dalam sekali transaksi. Limit frekuensi dan saldo minimal juga tidak terbatas.

Cara transfer antar bank UOB yang pertama adalah membuka situs resmi pib, lalu login akun pib. Kemudian pilih menu pembayaran dan transfer. Selanjutnya pilih sub menu transfer dana dan pilih transfer ke sesama bank UOB.

Lengkapi form transaksi transfer secara lengkap. Proses transfer pun telah berhasil.

Cara Transfer Beda Bank

Dengan brand bank yang berasal dari Singapura, UOB mempunyai akses internasional yang lebih luas. Hal ini memudahkan untuk transfer internasional bahkan ke bank lain selain UOB.

Cara transfer beda bank UOB menggunakan fitur quick pay. Dana yang telah ditransfer akan langsung sampai ke tujuan hanya dalam beberapa menit.

Langkah transfernya hampir sama dengan transfer antar bank UOB. Hanya saja klik opsi transfer beda bank. Lalu lengkapi form yang tersedia dan ikuti petunjuk transfer selanjutnya.

Itulah review lengkap mengenai bank UOB dan fitur internet banking UOB atau pib (personal internet banking). Fitur ini sangat berguna dan bermanfaat bagi semua nasabah bank UOB, terutama pengguna kartu kredit.

Cari Artikel di Sini