Internet banking Mega merupakan layanan yang memanfaatkan teknologi internet untuk memudahkan para nasabah mengakses rekening pribadi miliknya kapan pun dan dimana pun. Dengan kata lain, batasan jarak dan waktu semakin sedikit.

Apa Itu Internet Banking Mega?

I-banking Mega adalah adalah salah satu layanan perbankan elektronik yang disediakan oleh bank untuk para nasabahnya agar dapat mengakses rekeningnya transaksi non tunai menggunakan koneksi internet. Dengan begitu para nasabah tidak perlu datang ke bank melakukan transaksi baik itu transfer uang maupun pembayaran tagihan tertentu.

Istilah iBanking ini seringkali disamakan dengan istilah Mobile Banking. Namun sebenarnya keduanya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan internet banking dengan Mobile Banking bisa diketahui dengan cara menelaah masing-masing fasilitas ini.

Internet banking sendiri selama ini sering diakses melalui komputer maupun laptop tetapi kemajuan teknologi saat ini sudah memudahkan para nasabah untuk mengaksesnya melalui smartphonemaupun gadgettentu saja ini akan semakin mudah dan gampang sifatnya mobile atau bisa dibawa kemana-mana.

Secara signifikan perbedaan antara internet banking dengan mobile banking terletak pada penggunaan aplikasi. Banking memang berbasis aplikasi yang didalamnya terdapat berbagai fitur yang bisa digunakan untuk berbagai jenis transaksi.

Berbeda halnya dengan internet banking yang tidak menggunakan aplikasi melainkan situs atau alamat Browser yang bisa diakses melalui internet. Meski demikian keduanya mempunyai persamaan yaitu sama-sama memerlukan koneksi ke internet agar bisa digunakan.

Kedua fasilitas ini juga sering disandingkan dengan fasilitas yang disediakan oleh Bank Mega lainnya yaitu SMS banking. Jika internet banking dan mobile banking menggunakan koneksi internet, yang sudah pasti pula memerlukan kuota internet, maka berbeda dengan SMS banking yang memerlukan pulsa untuk melakukan transaksi.

Syarat Daftar Internet Banking Bank Mega

Ketika nasabah ingin mendapatkan fasilitas berupa internet banking Mega, terdapat berapa persyaratan yang tentunya harus dipenuhi oleh nasabah tersebut.

Adapun persyaratan yang dimaksud adalah pertama nasabah tersebut harus memiliki tabungan atau rekening Bank Mega dan sudah terdaftar menjadi nasabah Bank Mega. Syarat selanjutnya adalah nasabah harus memiliki mega pass atau Mega first, kemudian juga harus memiliki SIM card (Tri/XL/Indosat/Ooredoo/Telkomsel).

Kelebihan internet banking Mega

Internet banking Mega mempunyai berbagai kelebihan yang membuatnya diminati oleh para nasabah. Beberapa kelebihannya antara lain:

  1. Pertama internet banking dapat menghemat biaya dan juga waktu perjalanan bagi para nasabah. Selain menghemat biaya menghemat waktu perjalanan juga menjadi kelebihan yang banyak membantu para nasabah. Mereka bisa melakukan berbagai transaksi dimana saja dan kapan saja.  Namun dengan catatan masih terkoneksi dengan internet.
  2. Keuntungan yang didapat bukan hanya untuk nasabah melainkan pihak bank. Ketahuilah bahwa internet banking dari bank tersebut dapat  melakukan pengurangan biaya operasional. Ini semua karena jumlah nasabah yang datang ke bank otomatis menjadi lebih sedikit. Udah Alhasil pihak bank semakin bisa mengoptimalkan ruangan kantor untuk mengefisiensi berbagai pekerjaan yang ada.
  3. Nasabah dapat membuat lebih banyak jadwal transaksi keuangan di dalam satu waktu dan bisa sekaligus mengatur jadwalnya.
  4. Internet banking tidak memiliki batasan waktu atau dengan kata lain bisa digunakan selama 24 jam nonstop.
  5. Melakukan transfer online ke bank lain tergabung melalui jaringan ATM Bersama dan Prima.
  6. Mempunyai 3 data koneksi berupa USSD, SMS, dan data.
  7. Tersedia format bukti transaksi yang bisa diterima melalui email jika menggunakan jaringan internet berupa GPRS.

Cara Daftar Internet Banking Mega

Banyak nasabah yang menanyakan tentang bagaimana cara daftar Mega iBanking? Pendaftaran internet banking bank Mega sendiri bisa dilakukan melalui dua cara. Cara pertama melalui customer service dengan cara datang langsung ke bank yang bersangkutan dan yang kedua melalui ATM dengan melakukannya secara mandiri.

Adapun cara daftar internet banking Mega  via ATM ialah sebagai berikut :

  1. Masukkan kartu ATM ke dalam mesin kemudian masukkan PIN ATM .
  2. Selanjutnya pada menu utama silakan pilih menu registrasi e-banking kemudian tekan ya.
  3. Selanjutnya pilih Mega internet masukkan tanggal lahir lalu lanjutkan.
  4. Jika sudah berhasil maka akan ada struk yang keluar dari mesin ATM.  Isi dari struk ini adalah kode verifikasi atau verification kode. Simpanlah struk ini dengan baik karena nantinya akan digunakan saat aktivasi Internet Banking.

Pendaftaran internet banking Bank Mega juga bisa dilakukan  melalui customer service . Adalpun  cara daftar ibanking Mega melalui customer serviceialah dengan datang langsung ke Bank Mega kemudian langsung datang ke meja customer service dengan membawa kartu identitas diri seperti KTP dan juga buku rekening tabungan Bank Mega.

Silakan saja ikuti instruksi yang diberikan. Biasanya customer service akan memberikan isian formulir pendaftaran untuk internet banking tersebut. Ikutilah petunjuk nya sampai akhir dan internet banking siap untuk diaktivasi.

Fitur Layanan Internet Banking Mega

Berbagai fitur layanan internet banking Mega juga sudah tersedia untuk memudahkan berbagai macam transaksi bagi para nasabah. Adapun fitur layanan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Informasi mengenai mutasi dan juga saldo rekening
  2. Transfer antar sesama rekening Bank Mega
  3. Transfer antar bank online ( ATM Bersama dan Prima)
  4. Isi ulang paket data, isi ulang pulsa dan juga Mega cash
  5. Pembayaran HP /telepon ,TV Kabel, internet, tiket, kartu kredit dan utilitas, personal  Loan dan pinjaman, e-commerce, dompet elektronik , virtual account dan asuransi
  6. Berbagai layanan lainnya berupa registrasi email informasi kurs dan ubah koneksi.

Cara Aktivasi Internet Banking Mega

Salah satu pertanyaan yang sering kali muncul adalah bagaimana cara mengaktifkan ibanking Mega? Setelah dilakukan registrasi sebelumnya, baik itu secara  mandiri melalui ATM maupun melalui customer service bank Mega.  Adapun langkah-langkah aktivasinya adalah sebagai berikut:

  1. Silakan kunjungi website Bank Mega di www.bankmega.com, pada loginarea silakan pilih activation.
  2. Pilih setuju untuk syarat dan ketentuannya
  3. Selanjutnya silakan masukkan nomor kartu ATM bersamaan dengan verification kode yang ada pada struk.
  4. apabila  sudah selesai maka klik next
  5. Selanjutnya buatlah passworddan user ID serta masukkan email dan nomor HP yang masih aktif guna menerima SMS  OTP (on time password )d iu itu apa namanya sambungan. Jika sudah, silakan klik next.
  6. Tahap selanjutnya adalah membuat keamanan maka silakan pilih pertanyaan dan tentukan sendiri jawabannya misalnya nama ibu, hobi dan lain sebagainya. Hal ini nanti bisa digunakan saat akan loginke akun.
  7. Kemudian pilih security imagedengan cara memilih salah satu gambar yang sudah tertera. Pilihannya bebas , klik submitjika sudah selesai .
  8. Aktivasi internet banking Bank Mega selesai.

Cara Transfer Antar Bank Mega

Terdapat beberapa langkah untuk melakukan transfer  ke sesama Bank Mega yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama, terlebih dahulu login ke akun internet banking bank Mega melalui situs www.bankmega.com.
  2. Pilih menu transfer, dan pilih “ke rekening bank Mega”
  3. Entrikan jumlah uang yang akan ditransfer pada kolom isian nominal, kemudian masukkan nomor rekening penerima dan konfirmasi jika sudah.
  4. Selanjutnya akan di terima sms berisi kode OTP dari Bank Mega.
  5. Masukkan kode RTP tersebut pada kolom kode otentikasi Mega OTP.   Kemudian klik ok.
  6. Jika transaksi sudah berhasil maka pesan konfirmasi yang bisa disimpan sebagai bukti transfer.

Cara Transfer Beda Bank

Terakhir yang perlu diketahui juga adalah cara transfer beda Bank. Secara teknis langkah-langkahnya hampir sama , perbedaannya hanya pada rekening bank tujuan. Silakan pilih pilihan “ke rekening bank domestik”.   Setelah itu cara yang diterapkan hampir sama dengan cara transfer ke sesama Bank Mega.

Sahabat perlu memasukan nomor rekening penerima peserta nominal yang akan ditransfer kemudian memasukkan kode OTP dan melakukan konfirmasi hingga transaksi selesai dilakukan. Di akhir terdapat bahwa transaksi berhasil yang bisa dijadikan bukti transfer.

Demikianlah informasi mengenai internet banking Mega mulai dari pengertian, kelebihan, syarat, cara aktivasi dan cara penggunaannya. Semoga membantu.

Cari Artikel di Sini