Internet banking Maybank merupakan layanan perbankan dengan memanfaatkan teknologi masa kini berupa koneksi internet. Dengan begitu berbagai jenis transaksi bisa dilakukan jarak jauh. Hal ini memberikan ragam kemudahan karena tidak lagi dibatasi oleh waktu dan tempat.

Apa Itu Internet Banking Maybank

I Banking Maybank adalah salah satu layanan berbasis Teknologi yang dikembangkan kebutuhan transaksi para nasabah tanpa terhalang oleh waktu dan tempat. IBanking sendiri memuat berbagai layanan e-banking yang memungkinkan para penggunanya melakukan dari jarak jauh dan tidak perlu datang ke bank. ketika ingin melakukan transaksi.

Selama ini banyak yang keliru terkait dengan perbedaan antara internet banking mobile banking dan SMS banking. Meskipun ketiga istilah ini hampir sama karena bisa melakukan transaksi hanya dengan menggunakan handphone atau perangkat seluler lainnya, tetapi ketiganya mempunyai perbedaan dalam hal perangkat yang digunakan.

Perbedaan internet banking dengan mobile banking adalah terletak pada aplikasi dan Browser yang digunakan. Mobile banking berbasis aplikasi sehingga ketika ingin menggunakannya nasabah tersebut harus memiliki aplikasinya terlebih dahulu.

Di dalam aplikasi inilah terdapat berbagai layanan e-banking yang memungkinkan transaksi jarak jauh dilakukan. Sedangkan internet banking merupakan layanan internet yang mengandalkan Browser dan koneksi internet. Internet banking tidak memerlukan aplikasi sebagaimana Mobile Banking.

Namun hal yang perlu dipastikan untuk kedua layanan ini adalah sama-sama terhubung ke internet. Jadi para nasabah harus memastikan mereka mempunyai kuota paket data.

Syarat Daftar Internet Banking Maybank

Adapun syarat mendaftar Internet Banking Maybank adalah pertama harus memiliki kartu ATM Maybank. Tentu saja terlebih dahulu juga harus memiliki buku rekening tabungan. Syarat yang kedua yang tidak kalah penting adalah memiliki browser untuk mengakses internet banking baik itu melalui handphone maupun PC.

Kelebihan Internet Banking Maybank

Internet banking Maybank sebagaimana internet banking pada umumnya, memiliki berbagai kelebihan yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama layanan tersedia selama 24 jam nonstop. Tentu saja ini akan memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi tanpa terhalang oleh waktu. Alhasil transaksi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja asalkan masih terkoneksi dengan internet.
  2. Kelebihan yang kedua adalah keamanannya yang tinggi. Internet banking Maybank sudah berstandar keamanan internasional, enkripsi kode keamanan sebesar 128-bit dan sudah mendapat sertifikat verisign, dan juga sudah memiliki dua otentifikasi pengaman berupa SMS token dan password.
  3. Kelebihan yang ke-3 adalah gratis atau tidak dikenakan biaya. Biaya hanya akan dikenakan ketika melakukan transaksi berupa transfer dan juga pembayaran tagihan melalui internet banking.
  4. Kelebihan yang keempat adalah fiturnya yang lengkap. Internet banking Maybank memang didesain sedemikian rupa memiliki berbagai fitur yang lengkap guna memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai macam transaksi.
  5. Kemudahan akses untuk berbagai jenis. Akses ke rekening tabungan pun menjadi lebih mudah. Berbagai akses yang dimaksud adalah akses ke tabungan, KPR, kartu kredit, bank e-statement asuransi dan investasi, transaksi vales, giro, deposito, serta transaksi berulang dan terjadwal.

Cara Daftar Internet Banking Maybank

Banyak yang bertanya mengenai bagaimana cara daftar Maybank iBanking? Sebenarnya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mendaftar Internet Banking Maybank ini. Dengan cara datang langsung ke bank melalui customer service dan yang kedua langsung melalui ATM yang dilakukan secara mandiri.

Adapun cara daftar internet banking Maybank via ATM bisa dilakukan dengan cara datang ke ATM terdekat, kemudian masukkan kartu ATM ke dalam mesin, masukkan nomor PIN pilih transaksi lainnya, kemudian pilih registrasi dan Pilihlah Internet Banking. Perhatikan baik-baik tampilan layar monitor karena terdapat bantuan yang harus dipahami sebelum melakukan pendaftaran.

Perlu diketahui bahwa internet banking Maybank kebebasan kepada para nasabah untuk membuat user ID sendiri. Setelah melakukan pendaftaran melalui ATM, nasabah akan dipersilakan untuk menggantikan password yang akan digunakan untuk mengakses internet banking.

Biasanya akan terdapat dua kali perintah pengulangan mengetikkan password tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa password yang dimasukkan sebelumnya itu benar dan bisa diingat.

Jika merasa sudah benar Pilihl “benar”. Setelah itu nasabah akan melihat  informasi yang ditampilkan di layar ATM bahwa registrasi selesai dilakukan. Hingga struktur yang berisikan user ID keluar dari mesin ATM.

Sedangkan untuk daftar i-banking Maybank melalui customer service bisa dilakukan dengan cara datang langsung ke bank terdekat dengan membawa kartu identitas seperti KTP dan juga buku tabungan Bank yang bersangkutan.

Di sana, silahkan saja langsung datang ke meja customer service dan utarakan tujuan untuk pembuatan Internet Banking. Nanti customer service lah yang akan memberikan langkah-langkah instruksi untuk pengisian formulir. Silakan ikuti instruksi yang diberikan hingga internet banking bisa diaktivasi dan siap untuk digunakan.

Fitur Layanan Internet Banking Maybank

Internet banking Maybank mempunyai berbagai fitur layanan yang memudahkan para nasabahnya untuk bertransaksi. Adapun berbagai fitur yang bisa digunakan oleh para nasabah adalah sebagai berikut:

  1. Informasi rekening berupa saldo dan juga mutasi.
  2. Transfer dana
  3. Pembayaran berbagai jenis tagihan
  4. Pembelian dan isi ulang pulsa dan paket data.
  5. Pengiriman uang melalui Western Union
  6. Penempatan deposito
  7. Layanan nasabah seperti ganti password, pendaftaran rekening pihak ketiga dan juga mengubah info rekening.
  8. Risalah aktivitas M2U selama 2 bulan terakhir.
  9. Layanan lainnya seperti lihat melihat daftar transfer favorit, letak email dan juga daftar pembayaran favorit.

Cara Aktivasi Internet Banking Maybank

Setelah melakukan pendaftaran, lalu bagaimana cara mengaktifkan i banking maybank? Untuk mengaktivasinya, Nasabah perlu membuka browser dan masuk ke laman internet banking Maybank.

Selanjutnya, masukkan User ID dan password yang sudah ditentukan saat mendaftar. Jika terdapat kode captcha, silakan isikan dengan benar. Nasabah juga bisa melakukan perubahan password dan memasukkan email aktif. Sesudahnya, internet banking sudah berhasil diaktivasi.

Cara Transfer Antar Bank Maybank

Selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah cara transfer antar bank Maybank. Hal ini berarti, transfer dilakukan ke sesama bank Maybank. Karena pembahasan kali ini menyangkut dengan internet banking, maka akan dibahas cara melakukan transfer ke sesama bank Maybank melalui internet banking. Berikut adalah langkahnya:

  1. Kunjungi Situs Internet Banking Maybank melalui maybank.co.id.
  2. Selanjutnya, silahkan pilih login pada menu Internet Banking.
  3. Masukkan User ID kemudian pilih lanjut.
  4. Entri kan password internet banking yang dimiliki
  5. Pilih menu rekening dan transaksi yang dilanjutkan dengan menu transfer
  6. Pilih jenis transfer ini di bagian menu transfer, setelahnya isilah data-data diri meliputi nomor rekening sampai alamat email penerima
  7. Perhatikan baik-baik,  jika kolom diisi dengan tanda bintang, itu berarti wajib diisi.
  8. Masukkan kode TAC. Kode TAC ini dikirimkan melalui nomor ponsel yang sudah didaftarkan sebelumnya. Silahkan request kode TAC.
  9. Entrikan kode TAC sesuai dengan yang tertera pada SMS. Kode TAC berlaku selama sepuluh menit sejak waktu pengiriman. Jika sudah yakin, pilih Setuju.
  10. Proses Transfer pun sudah berhasil dilakukan, dibagian bawah status transaksi, bisa dilihat apakah ingin mendambahkankannya ke daftar transfer favorit.

Cara Transfer Beda Bank

Berikutnya yang perlu diketahui adalah cara transfer beda bank. Caranya hampir sama dengan yang sebelumnya namun silakan pilih “antar bank real time” untuk pilihan transfernya. Selanjutnya isikan data-data yang diperlukan kemudian lanjut.  Cek kembali data dan masukkan kode TAC. Jika sudah benar , transaksi pun selesai.

Demikianlah informasi mengenai Internet banking Maybank. Semoga bisa menambah wawasan mengenai dunia perbankan khususnya untuk transaksi ibanking Maybank.

Cari Artikel di Sini