Internet banking Mandiri atau I banking Mandiri adalah layanan bank secara online yang memberikan banyak manfaat untuk para nasabah dalam menabung.

Jika Anda adalah tipe orang yang sangat sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan transaksi nasabah, i banking dari bank Mandiri adalah solusi yang tepat untuk Anda. Mau tahu apa saja fitur yang diberikan dari I-banking Mandiri itu sendiri?

Apaitu Internet Banking Mandiri?

Ibanking mandiri atau Mandiri Online adalah layanan bank online yang menawarkan beberapa manfaat utama bagi para penabung. I banking memberikan pandangan real-time keuangan dan menghemat waktu Anda untuk mengunjungi ke teller bank. I bank mandiri juga dapat menggantikan buku tabungan dan tugas-tugas membosankan lainnya yang umum bagi bank secara offline.

Dengan adanya I-Banking ini maka Anda sebagai nasabah dapat memantau setiap transaksi melalui web. Segala transaksi dapat diakses untuk memahami bagaimana kredit, simpanan, deposit dan pembayaran mempengaruhi saldo akun Anda.

Jadi jika disimpulkan, Mandiri Internet sendiri adalah saluran distribusi bank yang bisa mengakses rekening nasabah dengan hanya menggunakan jaringan internet. Anda selaku nasabah bisa mengakses segala aktivitas perbankan dengan menggunakan browser baik di smartphone Anda atau pada komputer.

Menariknya dengan menggunakan I Banking Mandiri ini  Anda bisa melakukan aktivitas perbankan yang Anda butuhkan secara realtime. Ya, Anda hanya perlu  mengakses internet dan layanan perbankan bisa Anda akses selama 24 jam sehari.

Bagi Anda yang sudah memiliki ibanking mandiri, Anda bisa memantau rekening Anda dengan sangat mudah yakni hanya mengunjungi https://ib.bankmandiri.co.id. Setelah menelusuri laman tersebut, maka Anda bisa memasukkan user ID dan PIN (Personal Identification Number) saja.

Adapun fitur layanan internet banking mandiri sendiri adalah :

  1. Mengontrol finansial nasabah secara penuh
  2. Bisa melakukan transaksi finansial apapun seperti mentransfer, melakukan top up, membeli pulsa, membayar tagihan kartu kredit, dan membayar biller.
  3. Bisa melakukan top up ke Mandiri e-Cash, e-Money, Go-Pay, Ovo M-Tix, Dana dan uang elektronik lainnya.
  4. Bisa mengecek transaksi lengkap mulai dari cek saldo,  transaksi tabungan, cek saldo kartu kredit dan juga cek mutasi rekening.
  5. Bisa membuka deposito dan tabungan
  6. keamananyang sangat berlapis.

Apa yang Membedakan I Banking dan M Banking?

Apa sih perbedaan internet banking dengan mobile banking? Internet Banking atau dikenal sebagai perbankan online adalah salah satu sarana e-banking yang nyaman dan membuat perubahan dalam operasi perbankan. I-Banking menyediakan fasilitas perbankan virtual kepada nasabahnya hanya dengan menggunakan internet.

Dalam metode e-banking, nasabah dapat mengakses detail rekening bank mereka, di mana pun mereka berada, dengan bantuan situs web bank.Internet banking tidak sama dengan mobile banking, yang menggunakan fasilitas nirkabel berbasis internet yang disediakan oleh bank kepada nasabahnya,

Mobile Banking atau M banking adalah aplikasi untuk mengoperasikan rekening bank mereka, melalui perangkat genggam seperti smartphone, tablet dan sebagainya, dengan bantuan situs web atau aplikasi seluler.

Karena layanan yang disediakan oleh kedua fasilitas itu sangat mirip, ada beberapa contoh ketika orang berasumsi bahwa mereka satu dan sama, walaupun sebenarnya tidak. Mobile banking dapat digambarkan sebagai fasilitas yang disediakan oleh bank kepada kliennya.

M-Banking dapat mengakses rekening bank mereka dan melakukan transaksi keuangan secara jarak jauh menggunakan perangkat telekomunikasi seluler seperti smartphone, tablet atau perangkat seluler.

Cara mengaksesnya dapat melalui layanan pesan singkat (SMS), web seluler atau aplikasi. Nasabah dapat memanfaatkan layanan ini kapan saja dan di mana saja. Transaksi yang dilakukan melalui mobile banking meliputi pembayaran tagihan online, ATM, transfer dana, memantau saldo rekening, daftar transaksi terbaru, m-commerce, isi ulang mobile.

Selanjutnya, mobile banking juga menawarkan keamanan tingkat lanjut dengan mengirimkan peringatan atau notifikasi pada nomor ponsel yang terdaftar saat aktivitas akun.

Sementara Internet Banking sebagaimana dapat dipahami adalah metode perbankan yang mana transaksi keuangan dilakukan dengan bantuan internet. I-Banking seperti revolusi, di era sistem perbankan tradisional, yang tidak mengharuskan nasabah untuk mengunjungi cabang bank untuk melanjutkan transaksi.

Sederhananya; internet banking adalah sistem pembayaran elektronik, yang memungkinkan pemegang rekening bank untuk melakukan transaksi keuangan, seperti pembayaran tagihan, transfer dana, penghentian pembayaran, info saldo, dll. kapan saja dan di mana saja menggunakan situs web bank. Perbankan online adalah bagian tak terpisahkan dari sistem perbankan inti yang ditangani oleh bank.

Setiap nasabah bank dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan mendaftar ke website bank yang bersangkutan untuk fasilitas tersebut dan mengatur kata sandi dan kredensial lain untuk verifikasi pemegang rekening. Setelah itu, bank akan mengalokasikan nomor nasabah yang disebut Personal Identification Number (PIN), yang terhubung ke rekening bank, yang dipegang oleh nasabah.

Nah, secara garis besar perbedaan utama antara mobile banking dan internet banking adalah :

  1. Perbankan internet tidak lain adalah transaksi perbankan, yang dilakukan melalui internet dengan mengakses situs web bank atau lembaga keuangan terkait, di bawah profil pribadi, dengan komputer pribadi. Sebaliknya, mobile banking adalah layanan yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan menggunakan perangkat seluler.
  2. Mobile banking dapat dilakukan dengan bantuan perangkat telekomunikasi seluler, misalnya ponsel atau tablet. Sebaliknya, untuk melakukan transaksi internet banking, seseorang perlu menggunakan perangkat seperti komputer atau laptop.
  3. Mobile banking menggunakan layanan pesan singkat, aplikasi seluler atau web. Sebaliknya, Internet Banking menggunakan situs web bank.
  4. Dalam mobile banking, transfer dana dimungkinkan dengan bantuan IMPS (Layanan Pembayaran Segera), NEFT (Sistem Transfer Dana Elektronik Nasional) atau RTGS (Real Time Gross Settlement). Sebaliknya, dalam internet banking, dana dapat ditransfer dari satu bank atau cabang ke yang lain, dengan bantuan NEFT (Sistem Transfer Dana Elektronik Nasional) atau RTGS (Real Time Gross Settlement).

Kesimpulannya, baik internet banking dan mobile banking memerlukan akses internet, untuk melakukan transaksi perbankan dan memiliki beragam kegunaan. Ruang lingkup internet banking relatif lebih tinggi daripada mobile banking  karena fiturnya.

Kelebihan Layanan Mandiri Online

Hari ini, manusia dapat mengakses banyak layanan perbankan online. Beberapa layanan ini termasuk membayar tagihan, mentransfer dana, melihat laporan rekening, dll. Bank juga memberikan produk dan layanan terbaru mereka melalui internet.

I-Banking dilakukan melalui sistem komputer atau perangkat serupa yang dapat terhubung ke situs perbankan. Saat ini, Anda juga dapat menggunakan internet banking di ponsel Anda, menggunakan koneksi Wi-Fi atau 4G. Lalu apa saja sih kelebihan dari menggunakan I-Banking Mandiri itu sendiri?

1. Tidak dikenakan potongan biaya

Apapun transaksi yang dilakukan dengan menggunakan I-Banking Mandiri tidak akan dikenakanpotonganbiayakecuali jika transfer ke bank lain, tetap dikenakan potongan biaya.

2. Mudah dikontrol

Bisa mengontroluang Anda dengan nyaman. Jika Anda seorang pebisnis, maka keberadaan I-Banking Mandiri bisa Anda manfaatkan untuk mengelola uang perusahaan Anda dengan.

3. Akses 24 jam

Andabisa memiliki akses ke akun Anda 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Anda juga dapat memeriksa jumlah dana yang tersedia 24/7 dan mengetahui setiap detail transaksi Anda melalui Internet.

4. Mudah kirim atau transfer uang

Salah satu manfaat dari Internet Banking Mandiri adalah bisa memindahkan dana bisnis ke rekening lain atau ke bank lain di mana saja dan kapan saja. Anda dapat mentransfer dana Anda dari salah satu akun Anda ke akun lain untuk bank yang sama.

Anda tidak perlu datang ke bank hanya untuk mengirim uang karena Anda dapat melakukannya di mana saja dengan Internet Banking Mandiri.

6. Mudah untuk membayar tagihan online

Membayar tagihan online adalah keuntungan khas lain dari Internet Banking Mandiri. Ada banyak daftar perusahaan yang bekerjasama dengan Bank Mandiri sehingga Andadapat membayar tagihan online apapaun sepertiTV kabel, PDAM, Listrik dan berbagai pembayaran lainnya.

Anda juga dapat melakukan pembayaran terjadwal untuk tagihan yang berulang seperti tagihan atau melakukan pembayaran instan untuk tagihan yang baru saja dikeluarkan.

7. Catatan keuangan mudah ditemukan

Jika Anda ingin melakukan pengecekan terkait keuangan, maka Anda tidak akankesulitan dalam mencari catatan keuangan karenaAnda dapat dengan cepat melihatnya di akun Anda. Cukup dengan pergi ke histori transaksi Mandiri dan pilih tanggal dan jenis transaksi Anda. Setelah memberikan semua informasi ini, klik pencarianlalu Andaakan memiliki rincian keuangan Anda.

8. Transaksi online yang aman

Internet banking membutuhkankeamanan yang sangat penting karena melibatkan uang dan data rahasia.Anda perlu melindungi akun Anda dari pencurian identifikasidan Mandiri memiliki fitur keamanan seperti login ID dan kata sandi, nomor keamanan kartu, situs enkripsi yang aman, perlindungan anti-virus, dan firewall.

I-Banking Mandiri sangat amanuntuk digunakankarena semua transaksi di I-Banking Mandiri telah dilindungi oleh sistem yang canggih seperti multi-layered security system dan token.

Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Untuk Anda yang ingin memiliki internet banking, pastikan Anda mengetahui bagaimana cara daftar mandiri i banking.

Ada dua cara yang bisa Anda gunakan untuk mendaftar I-Banking Mandiri yakni memalui customer service dan juga ATM. Namun sebelum mendaftar, pastikan Anda Anda memenuhi  syarat daftar internet banking Mandiri, di antaranya adalah :

1. Menjadi Nasabah Bank Mandiri

Cara daftar internet banking Mandiriyang wajib dan menjadi syarat utamanya tentu saja adalah menjadi nasabah Bank Mandiri. Fasilitas I-Banking Mandiri akan mudah digunakan jika Anda sudah terdaftar sebagai nasabah Bank Mandiri.

2. Mengisi formulir

Syarat yang kedua adalah nasabah harus mengisi formulir yang ada di website www.bankmandiri.co.idatau bisa juga dari cabang Mandiri secara langsung.

3. Membawa kartu identitas dan buku tabungan

Anda perlu membawa kartu identitas berupa KTP, SIM atau paspor. Anda juga perlu membawa buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening.

Nah, setelahsyarat terpunhi maka Anda bisa daftar i banking mandiri melalui customer service. Poin satu hingga tiga adalah syarat sekaligus tata cara pendaftaran I-Banking Mandiri secara langsung melalui Bank Mandiri.

Sementara untuk daftar internet banking mandiri via ATM adalah :

  1. Masukkan kartu ATM Mandiri ke mesin ATM.
  2. MasukanPIN keamanan ATM dan tunggu hingga menu utama muncul.
  3. Setelah menu utama muncul maka pilih “Transaksi Lainnya “ kemudian pilih “Pendaftaran E-Banking” lalu pilih“Internet Banking”
  4. Setelah pilihan “Internet Banking” muncul, kemudian pilih setuju lalu buat password
  5. Jika pendaftaranyang telah Anda lakukansukses, maka layar ATM akan menuliskan bahwa pendaftaran Anda berhasil.

Cara Aktivasi Internet Banking Mandiri

Jika pendaftaran yang telah Anda lakukan berhasil, langkah selanjutnya akan melakukan aktivasi. Lalu bagaimana cara mengaktifkan i banking mandiri? Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengunjungi situs www.ib.bankmandiri.co.iddan kliklah pilihan “Pengguna Baru/Registrasi Ulang”.

Setelah itu Anda bisa melakukan aktivasi dan I-Banking Mandiri Anda siap digunakan. Bagi Anda yang ingin menggunakan I-Banking Mandiri untuk transfer ke bank, caranya sangat mudah. Cara transfer antar bank Mandiricukup dengan mengunjungi situs www.ib.bankmandiri.co.id kemudian pilih menu transfer dan klik “Rekening Mandiri”

Adapun untuk cara transfer beda bankhampir sama namun setelah menu transfer yang dilik adalah pilihan “antar bankonline”. Bagaimana? Cukup mudah sekali bukan menggunakan I-Banking Mandiri?

Cari Artikel di Sini