Internet banking BNI adalah sebuah layanan e-banking BNI yang dapat diakses di semua browser. Baik itu pc, tablet, smartphone, hingga handphone. Jenis aplikasi / software yang dapat mengakses ibank BNI juga tidak terbatas.

Apa Itu Internet Banking BNI ?

Dengan maraknya penggunaan smartphone, istilah e-banking mungkin banyak yang salah mengartikannya dengan mobile banking. Karena itu hanya sedikit orang yang mengetahui pengertian dari apa itu internet banking BNI ?

Pengertian dari internet banking menurut sebagian besar orang hanya merupakan layanan bank yang dapat diakses dengan jaringan internet. Namun pengertian tersebut terlalu luas untuk mengartikan tentang Internet banking. Persamaan dari internet banking dan mobile Banking adalah harus menggunakan data seluler / jaringan internet untuk mengaksesnya.

Sedangkanperbedaan internet banking dengan mobile banking terletak pada cara mengaksesnya. Untuk mengakses Mobile Banking harus menggunakan aplikasi BNI mobile Banking.

Sementara untuk mengakses Internet banking dapat diakses melalui pc dengan software browser seperti Opera, Mozila Firefox, IE, Safari, Chrome dan lain – lain. Selain itu internet banking juga dapat diakses dengan aplikasi browser smartphone, misalnya opera mini, uc browser / uc mini, google, chrome, puffin dan lain – lain.

Jadii banking BNI adalah layanan transaksi perbankan yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun serta tidak terikat akan media berbasis web yang digunakan.

Untuk istilah internet banking BNI bisa dikombinasikan dengan i banking BNI / ibank BNI . Nama situs web dari layanan i Banking BNI disebut dengan ibank BNI .

Syarat Daftar Internet Banking BNI

Syarat daftar internet banking BNI sangat simple. Hanya ada 3 buah ketentuan dalam registrasi / daftar ibank BNI .

Syarat yang pertama dan paling utama adalah merupakan nasabah BNI dan mempunyai tabungan dalam status aktif. Syarat daftar yang kedua adalah melakukan registrasi via ATM BNI terdekat. Untuk syarat yang terakhir adalah melakukan aktivitas i Banking di situs resmi ibank BNI .

Aktivasi akun ibank BNI dapat dilakukan di mana pun, baik pc maupun handphone. BNI juga tidak memperlakukan jenis software / aplikasi browser tertentu. Jadi jangan khawatir jika software / aplikasi browser yang digunakan bukanlah brand browser yang ternama.

Kelebihan Internet Banking BNI

Kelebihan internet banking BNI juga merupakan suatu perbandingan antara mobile Banking. Kelebihan tersebut antara lain sebagai berikut ini :

1. Dapat diakses di media manapun

Ini adalah kelebihan utama dari ibank BNI . Para nasabah dapat mengakses dan melakukan transaksi perbankan finansial dan non finansial melalui smartphone / komputer. Jadi tidak terikat pada satu media saja seperti mobile Banking BNI .

2. Mempunyai fitur yang lebih kompleks

Untuk mobile Banking mungkin hanya mempunyai fitur 6 buah fitur,  yaitu informasi, transfer,  pembayaran, pembelian, layanan lain dan administrasi. Sedangkan untuk ibank BNI mempunyai 7 buah menu yaitu beranda, favorit, rekening, transaksi, layanan lainnya, profil dan pengelolaan finansial pribadi.

Dalam 7 buah menu ibank BNI terdapat beberapa sub menu. Sub menu tersebut berisi tentang berbagai macam layanan transaksi perbankan finansial dan non finansial.

Khusus untuk menu profil merupakan sumber data akun pribadi yang terhubung langsung dengan server. Dalam menu profil tersebut, nasabah dapat melakukan pengkinian data dengan mudah.

3. Syarat daftar ibank BNI tidak sulit

Hanya terdapat 3 buah langkah dan ketentuan dalam proses daftar ibank BNI . Selain itu nasabah tidak perlu menggunakan nomor seluler dalam proses registrasi.

Hal ini membuat nasabah tidak perlu lagi melakukan pengkinian data di kantor cabang BNI terdekat. Dengan demikian nasabah tidak perlu meminta tuntutan dengan customers service untuk mengetahui bagaimana cara daftar BNI i banking?

Cara Daftar Internet Banking BNI

Cara daftar internet banking BNI dapat dilakukan di ATM BNI terdekat. Untuk langkah proses registrasinya antara lain sebagai berikut :

  1. Daftar internet banking BNI via atm terlebih dahulu.
  2. Pilih menu registrasi e-Channel
  3. Klik BNI internet banking
  4. Masukkan nomor pin ibank BNI . Untuk nomor pin ibank BNI sesuai dengan kehendak nasabah dengan maksimal angka 6 digit.
  5. Tunggu beberapa saat hingga struk registrasi keluar.
  6. Ambil struk tersebut dan simpan dengan baik. Struk tersebut merupakan akses dalam proses aktivasi akun ibank BNI .

Cara Aktivasi Internet Banking BNI

Bagaimana cara mengaktifkan i banking BNI? Nasabah harus melakukan proses aktivasi akun terlebih dahulu.

Sebelum melakukan aktivasi akun ibank BNI , persiapkan terlebih dahulu struk ATM registrasi ibank dan media untuk akses situs ibank BNI . Lalu ikuti cara aktivasi internet banking BNI di bawah ini :

  1. Buka situs resmi ibank BNI terlebih dahulu. Dapat mencari situs tersebut dengan pencarian Google atau dalam situs resmi BNI .
  2. Dalam tampilan pertama ketika sudah mengakses situs ibank adalah tampilan login. Tepat di bawah tombol login terdapat menu Aktivasi.
  3. Pada menu Aktivasi terdapat sebuah link click here / klik disini. Klik link tersebut.
  4. Lengkapi form aktivasi akun sesuai dengan struk ATM aktivasi ibank.
  5. Lalu ikuti petunjuk aktivasi yang ada.
  6. Proses Aktivasi akun ibank BNI telah berhasil. Nasabah dapat melakukan berbagai macam transaksi perbankan finansial dan non finansial dengan mudah.

Jika terdapat kendala pada proses aktivasi, nasabah dapat daftar i banking BNI melalui customer service di kantor cabang BNI terdekat.

Fitur Layanan Internet Banking BNI

Fitur layanan internet banking BNI antara lain sebagai berikut ini :

1. Fitur transfer ibank BNI

Ada hal yang cukup istimewa mengenai fitur transfer melalui ibank. Bukan hanya dapat melakukan transfer ke berbagai macam bank, limit transaksi transfer juga cukup besar. Besarnya limit transfer yaitu 1 milyar IDR per hari. Untuk frekuensi transaksi transfer juga tidak terbatas.

Selain limit transfer yang besar, nasabah juga dapat melakukan multi transfer dalam sekali transaksi. Hal ini sangat memudahkan bagi para wiraswasta untuk memberikan gaji kepada seluruh karyawan. Jadwal transfernya pun juga dapat diatur.

2. Fitur transaksi favorit

Semua transaksi yang pernah di lakukan akan tersimpan secara otomatis dalam server. Hal memudahkan nasabah dalam melakukan transfer atau transaksi lainnya dengan mudah dan tanpa perlu mengisi form ulang. Hanya memasukkan nilai nominal.

3. Pemblokiran kartu debit

Fitur ini dapat berguna ketika dalam masalah, seperti kehilangan dompet. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, nasabah dapat langsung memblokir kartu debit. Sehingga tidak akan ada yang dapat menggunakan kartu tersebut.

Selanjutnya nasabah hanya perlu melakukan pembaharuan kartu debit.

4. Terdapat fitur pengelolaan finansial pribadi

Dalam internet banking BNI terdapat akses untuk registrasi m-banking. Dengan fitur ini nasabah dengan mudah mempunyai akun mobile Banking BNI . Dan tidak perlu registrasi via ATM maupun kantor cabang terdekat.

5. Fitur profil

Dengan fitur ini, nasabah dapat melakukan pengkinian data dengan mudah. Walaupun pengkinian data cukup sepele, namun hal tersebut sangat penting untuk menjaga otoritas atau sebagai bukti tidak langsung atas kepemilikan.

6. Bukti transaksi bersifat permanen

Dalam berbagai macam transaksi, sebuah bukit yang berupa struk dan rekening koran merupakan suatu hal yang penting. Namun ada kalanya record / mutasi dalam rekening koran tidak begitu lengkap sementara tinta struk ATM juga tidak dapat bertahan lama atau memudar.

Sedangkan mutasi / record transaksi dalam ibank cukup aman dan dapat bertahan dalam cukup lama. Jika record transaksi tersebut tidak muncul, dapat menyelusuri history / riwayat penelusuran.

Cara Transfer Antar Bank BNI

Ada beberapa cara transfer antar bank BNI yaitu melalui ATM, kliring, ibank BNI hingga mobile Banking BNI . Untuk cara transfer yang paling mudah dan paling aman adalah melalui ibank BNI . Untuk langkah transfernya sebagai berikut ini :

  1. Login terlebih dahulu di ibank BNI .
  2. Klik menu transaksi.
  3. Pilih sub menu transfer. Di bawah sub menu tersebut terdapat beberapa pilihan. Untuk transfer ke sesama bank BNI , pilih daftar jenis transaksi transfer yang pertama.
  4. Lengkapi form dengan lengkap dan valid.
  5. Setelah melengkapi form, pastikan terlebih dahulu apakah data tersebut telah benar.
  6. Transaksi transfer pun telah berhasil diproses. Nasabah pun dapat menyimpan bukti transaksi transfer ke dalam bentuk file.

Cara Transfer Beda Bank

Sedangkancara transfer beda bankhampir sama dengan transfer ke sesama bank BNI . Hanya saja pada pilihan jenis transaksi transfer, klik daftar yang kedua yaitu transfer online antar bank.

Cara transfer beda bank lainnya dapat mengikuti langkah – langkah transfer ke sesama BNI .

Tips Aman Transaksi Di Internet Banking BNI

Transaksi melalui ibank BNI jauh lebih aman daripada mobile Banking. Sebab keberadaan akun ibank dapat dijaga dengan mudah. Jadi sangat minim terhadap serangan hacker yang dapat menguras habis seluruh saldo.

Ada sebuah tips yang sangat aman ketika bertransaksi dengan ibank. Tips tersebut adalah jangan lupa untuk logout setelah mengakses ibank.

Itulah review lengkap mengenai kemudahan transaksi dengan internet banking BNI . Walaupun cukup rumit karena harus selalu logout setelah mengakses ibank, namun tingkat keamanannya jauh lebih tinggi daripada mobile Banking BNI.

Cari Artikel di Sini