Internet banking BJB (Bank Jawa Barat)adalah layanan bank yang memudahkan nasabah untuk melakukan kegiatan perbankan secara online. Bagi Anda yang merupakan nasabah BJB, I Banking BJB memberikan banyak manfaat apalagi berbagai fiturnya juga memudahkan nasabah.  Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana cara mendaftar menjadi nasabah BJB, cari tahu jawabannya di bawah ini.

Apa itu Internet Banking BJB?

I banking BJB adalah layanan perbankan online yang  menawarkan beberapa manfaat utama bagi para nasabahnya. Apa yang dimulai dengan transaksi tanpa uang tunai dengan Kartu Kredit dan kartu Debit, kini telah pindah ke tingkat yang baru dengan Internet Banking. Anda bisa berbelanja online, memesan tiket film online dan melakukan pembayaran online.

Caranya adalah Anda hanya membuka website https://ib.bankbjb.co.id/bjb.net dan memasukkan user ID dan PIN. Setelah itu, maka Anda Anda bisa memantau rekening tabungan Anda atau melakukan berbagai transaksi.

Adapun fitur layanan internet banking BJB sendiri adalah :

  1. Mengontrol keuangan secara penuh selama 24 jam.
  2. Bisa melakukan transaksi ke sesama Bank BJB dan bank lainnya.
  3. Terdapat  fasilitas multi account yang bisa digunakan untuk mendaftarkan rekening bank BJB sampai  8 rekening.
  4. Transaksi mudah dan cepat

Fitur-fitur inilah yang menjadi kelebihan internet banking BJB. Untuk Anda yang ingin transfer rekening melalui internet banking BJB, caranya sangat mudah. Cara  transfer antar bank BJB cukup dengan mengunjungi situs https://ib.bankbjb.co.id/bjb.net kemudian masukkan user ID Anda dan password Anda. Jika sudah memasukkan ID dan password, maka Anda bisa memilih menu transfer di lama kemudian klik “Rekening BJB”

Sementara untuk Anda yang ingin mentransfer ke bank lain, maka cara transfer beda bank juga cukup mudah. Caranya adalah klik menu transfer kemudian pilih transfer “antar bank”.

Cara Daftar Internet Banking BJB

Untuk Anda yang ingin memiliki I Banking BJB, pastikan Anda mengetahui bagaimana cara daftar BJB i banking, ya! Untuk memiliki I Banking BJB, ada dua cara yang bisa Anda lakukan yakni melalui customer service atau melalui ATM. Berikut ini adalah tatacara mendaftar I Banking dan juga syarat daftar internet banking BJB,:

1. Terdaftar Sebagai Nasabah Bank BJB

Cara daftar internet banking BJB yang utama adalah terdaftar sebagai nasabah bank BJB. Jika Anda belum menjadi nasabah bank BJB, maka Anda harus mendaftarkan diri sebagai nasabah.

2. Mengisi formulir

Syarat selanjutnya adalah Anda harus mengisi formulir pengajuan I Banking BJB. Anda bisa meminta formulir tersebut ke customer service.

3. Membawa kartu identitas

Bawalah  kartu identitas berupa KTP atau SIM atau paspor jika ada sebagai bukti identitas diri Anda.

4. Membawa Buku Tabungan

Buku tabungan Bank BJB juga perlu Anda bawa sebagai bukti mengenai kepemilikan rekening.

Tidak terlalu rumit bukan daftar i banking BJB melalui customer service? Adapun tata cara daftar internet banking BJB via ATM adalah :

  1. Masukkan kartu ATM BJB Anda ke mesin ATM.
  2. Masukan PIN keamanan ATM hingga menu utama muncul.
  3. Pilih menu “Transaksi Lainnya “ kemudian pilih “Pendaftaran E-Banking” dan pilihlah menu tabungan sesuai dengan rekening yang didaftarkan.
  4. Pilih setuju untuk aktifkan Internet Banking dan masukkan nomor telepon untuk registrasi.
  5. Jika sudah maka tunggu hingga notifikasi pendaftaran I banking muncul.

Jika pendaftaran yang telah Anda lakukan berhasil, langkah selanjutnya akan melakukan aktivasi. cara aktivasi internet banking BJB juga sangat mudah. Anda tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara mengaktifkan i banking BJB karenacaranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengunjungi situs https://ib.bankbjb.co.id/bjb.net.

Setelah itu maka kliklah menu aktivasi dan tekan tombol setuju untuk meneruskan proses aktivasi i banking BJB Anda. Isilah semua pertanyaan yang dituliskan dalam layar dengan benar. Jika sudah maka tunggu beberapa detik sampai ada notifikasi bahwaaktivasi I-Banking BJB berhasil. Tidak sulit bukan untuk melakukan pendaftaran Intenet Banking BJB?

Apa yang Membedakan I Banking dan M Banking?

Apa sih perbedaan internet banking dengan mobile banking? Banyak orang yang tidak bisa membedakan apa itu I-Banking dan M-Banking. Berikut adalah perbedaan mengenai I Banking dan M Banking:

Internet Banking

Internet banking mengacu pada setiap transaksi perbankan yang dapat dilakukan melalui internet, umumnya melalui situs web bank di bawah profil pribadi. Nasabah dapat mengakses segala transaksi dengan komputer desktop atau laptop. Transaksi ini termasuk layanan yang secara tradisional yang ditawarkan di cabang lokal tanpa harus pergi ke banknya langsung. Jadi secara garis besarnya, internet banking secara umum didefinisikan memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Transaksi keuangan yang dilakukan melalui internet dengan mengakses situs web aman bank.
  2. Bank mungkin memiliki lokasi cabang secara langsung atau hanya ada online.
  3. Nasabah harus mendaftar dengan lembaga keuangan online dan membuat ID masuk dan kata sandi.
  4. Nasabah dapat melakukan transaksi keuangan saat perbankan online, seperti membayar tagihan atau mentransfer uang dari satu akun ke yang lain. Kegiatan dasar lainnya termasuk:
    • Melihat saldo akun setiap saat sepanjang hari
    • Melihat atau mencetak pernyataan
    • Melihat gambar cek
    • Mengajukan permohonan pinjaman atau kartu kredit

Intinya, seorang nasabah dapat melakukan hampir semua aktivitas online yang dapat ia lakukan sendiri tanpa harus mengunjungi kantor cabang.

Mobile Banking

Mobile banking memungkinkan Anda melakukan banyak aktivitas yang sama seperti internet banking menggunakan smartphone atau tablet, bukan komputer desktop. Namun, hanya dengan mengakses situs web bank pada perangkat seluler bukan satu-satunya metode mobile banking. Fleksibilitas mobile banking meliputi:

  1. Masuk ke situs web seluler bank
  2. Menggunakan aplikasi mobile banking
  3. Pesan teks (SMS) banking

Sementara lebih banyak bank membuat situs mereka lebih mudah digunakan pada perangkat seluler, mobile banking lebih sering dikaitkan dengan mengakses akun Anda melalui aplikasi. Aplikasi dapat menawarkan berbagai layanan yang tidak terbatas pada akses akun dan termasuk yang berikut ini:

  1. Membuat setoran cek seluler
  2. Mentransfer uang
  3. Membayar tagihan
  4. Mengetahui Lokasi ATM

Baik internet banking maupun mobile banking sebetulnya memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin mengelola keuangan mereka saat bepergian. I–Banking dan M-Banking, keduanya memiliki opsi yang memungkinkan seorang nasabah untuk melakukan bisnis keuangan dari luar fasilitas perbankan.

Nasabah yang tertarik menggunakan salah satu metode –Banking dan M-Banking dapat melakukan bisnis dengan menyenangkan. Untuk mendaftar –Banking dan M-Banking, nasabah harus belajar tentang aplikasi mobile banking bank dan situs web perbankan online untuk mengelola keuangan dengan lebih baik.

Cari Artikel di Sini