Indonesia Salah Satu Negara dengan Jumlah Hacker Terbanyak!

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang kian pesat sekarang ini tentunya dapat diibaratkan seperti dua buah sisi mata uang yang berlawanan. Dalam satu sisi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut akan memberikan dampak positif dan berbagai kemudahan dalam setiap lini kehidupan di masyarakat.

Akan tetapi, di sisi lainnya, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut juga dapat memberikan dampak negatif dalam kehidupan masyarakat, misalnya muncul berbagai tindak kejahatan cybercrime yang kian marak.

Perilaku tindak kejahatan dalam dunia maya ini kerap dikenal sebagai hacking atau peretasan dimana pelaku peretas atau hacker tidak akan segan untuk mencuri dan mengambil data pribadi individu maupun entitas bisnis lainnya yang terunggah di internet. Indonesia, negara kita tercinta ini, ternyata juga menjadi salah satu jajaran negara yang banyak menghasilkan hacker di dunia.

JUMLAH HACKER YANG ADA DI INDONESIA

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Ketua Indonesia Security Incident Response Team (ISIR) bernama Ludi Lumanto, ternyata Indonesia menduduki peringkat paling atas mengenai jumlah hacker yang dimiliki sebesar 38 %. Tentu saja nilai tersebut sangatlah besar dan lebih besar jika dibandingkan dengan nilai yang dipunyai oleh beberapa negara di belahan dunia.

Bahkan beberapa negara adidaya dan berkekuatan super di dunia hanya berada pada angka 33 % untuk China, 6,9 % untuk Amerika Serikat, 2,5 % untuk Taiwan, 2,4 % untuk Turki, 2 % untuk India, dan 1,7 % untuk Rusia. Padahal negara negara tersebut dapat dikatakan lebih maju dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi jika dibandingkan dengan Indonesia.

MENGAPA INDONESIA BANYAK HACKERNYA?

Menurut seorang pakar teknologiĀ  dan informasi bernama Richardus Eko Indrajit, fenomena hacker yang muncul di Indonesia tentunya terjadi karena kurangnya kontrol Pemerintah terhadap penggunaan dunia maya di kalangan masyarakat. Buku-buku yang menyajikan tutorial hacking pun dengan mudah ditemukan di toko toko buku dan tempat penjualan lainnya.

Bahkan terdapat beberapa buku dalam dunia maya yang lebih menekankan isi penyerangan dalam dunia maya, dibandingkan dengan mengajarkan startegi memepertahankan diri dari serangan. Tidak heran jika banyak masyarakat yang dapat langsung mempraktikkan isi buku tersebut setelah mempelajarinya .

Tentu saja, mempelajari beberapa prosedur dan trik hacking tidakah sulit. Anda tidak perlu mahir coding dan beberapa rumus yang memusingkan guna dapat melakukan hacking. Penjabaran trik hacking dan lengkap dan juga praktis bahkan dapat dilakukan oleh orang orang awam yang telah membaca panduannya. Itulah tadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa Indonesia menduduki peringkat satu sebagai negara dengan jumlah hacker terbanyak berdasarkan polling dan penelitian yang dilakukan lembaga terkait.

HACKING ADALAH KRITIK

Hacking sebenarnya bukan tindak kriminal untuk keuntungan dan kesenangan semata. Lebih lanjut lagi, hacking bisa menjadi salah satu bentuk tindakan protes dari kaum muda masa kini. Bentuk kritik terhadap oknum oknum tertentu lebih banyak disampaikan dengan cara hacking dibandingkan melalui kekerasan fisik.

Maka dari itu, meretas dan merusak sistem teknologi menjadi sebuah solusi paling aman guna memberikan kritik jika dilihat dari salah satu sisi tindakan hacking. Hacker Indonesia kebanyakan adalah anak muda yang kritis dan juga pintar. Kecerdasan para hacker ini hendaknya dapat dimanfaatkan untuk hal hal yang positif jika mendapat perhatian pemerintah. Bahkan beberapa BUMN telah merangkul hacker hacker handal guna membantu mengawasi dan mengatasi berbagai celah keamanan dalam sistem informasi dan teknologi mereka.

Pada dasarnya, hacker adalah manusia yang juga mempunyai hati dan ingin ketentraman hidup di negaranya sendiri. Sebagai sebuah tindakan yang mempunyai dua sisi, hendaknya hacking ini mendapat perhatian dan pengaturan khusus sehingga mampu disikapi dengan bijak agar dampak positif yang dihasilkan akan mampu menutupi dampak negatifnya.

Pelaku hacker hendaknya mendapatkan perhatian khusus agar dapat tetap memanfaatkan ilmunya demi memberikan hal hal baik bagi masyarakat dan sistem teknologi di negaranya. Tidak lagi menggunakan tindakan hacking untuk hal hal yang sifatnya merugikan orang lain.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: