Pengertian Manajemen Kepemimpinan

Kita dari kecil sudah terbiasa hidup bersosial sampai dewasa.

Kita belajar berorganisasi di sekolah hingga kuliah, kemudian diterapkan di dunia kerja. Semua itu tentu membutuhkan ilmu manajemen untuk mengatur kepemimpinannya.

Konten:

Definisi Umum Manajemen Kepemimpinan

Pengertian manajemen kepemimpinan adalah seni untuk mengelola kemampuan seseorang dalam memimpin, mengarahkan dan mengajak orang lain menuju tujuan dengan cara yang efisien dan efektif.

Sudah lama saya tidak membahas tentang manajemen di blog rocket manajemen ini. Karena kesibukan offline maka saya jarang update di blog ini.

Ya, seperti namanya yaitu rocketmanajemen.com, blog ini pada awalnya saya khususkan untuk membahas tentang manajemen. Kalau dirasa udah cukup baru membahas tentang saudara-saudaranya seperti Akuntansi, Marketing dan Peluang Bisnis.

Nah, pada awal blog ini dibuat saya telah membahas tentang apa itu manajemen Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa manajemen adalah sebuah seni untuk mengatur. Ya, mengatur disini tergantung pada “obyek”. Karena manajemen ini adalah kata kerja, bukan kata benda.

Jadi, manajemen ini tergantung pada konteks obyek yang akan di atur. Misalkan, ada banyak sekali macam-macam manajemen yaitu manajemen emosimanajemen kewirausahaanmanajemen pemasaran dan masih banyak lagi.

Yang membedakan dari semuanya adalah obyek yang diatur, tetapi intinya sama yaitu supaya obyek yang diatur menjadi teratur alias right thing at the right place.


Mengapa saya sebut itu seni? Karena seni itu menampilkan keindahan, jika Anda telah memahami manajemen maka Anda akan menemukan letak keindahan tersebut.

Apapun obyek manajemen tersebut, jika Anda sudah terbiasa untuk membuat manajemen yang baik maka Anda akan merasa ada yang kurang, tidak teratur, jika hal tersebut tidak di manage dengan baik.

Fungsi Manajemen

Fungsi Manajemen
Diagram Fungsi Manajemen (Gambar : www.managementstudyguide.com)

Seperti yang telah dijelaskan diatas, tujuan utama manajemen adalah menempatkan sesuatu di tempat yang seharusnya.

Kalau manajemen keuangan, berarti mengatur keuangan supaya teratur, baik alur uang masuk dan keluar itu jelas. Sehingga pembukuan tidak semrawut.

Pada dasarnya ada lima buah fungsi utama manajemen, yaitu :

  1. Planning (Perencanaan)
  2. Organizing (Mengorganisasi)
  3. Staffing (Penempatan)
  4. Coordinating (Mengkoordinasi)
  5. Controlling (Mengontrol)

Kelima fungsi dasar manajemen tersebut itu harus ada dalam struktur perusahaan, entah berskala UKM ataupun skala corporate besar.

Mengapa hal itu menjadi sangat penting? Karena, tanpa adanya fungsi manajemen yang berjalan maka perusahaan tidak bisa berjalan dengan semestinya.

Nah itu tadi sekilas tentang 5 fungsi manajemen, 5 hal tadi sangat penting diterapkan baik dalam organisasi apalagi di korporasi.

Karena, jika manajemen suatu perusahaan itu buruk maka sudah dapat dipastikan perusahaan tersebut tidak akan berumur panjang.


Leave a Comment