5 Fitur Rahasia Whatsapp yang Wajib Diketahui

Siapa yang tidak kenal whatsapp? Saya yakin temen-temen sudah tahu dan sangat familiar dengan aplikasi whatsapp ini karena whatsapp ini merupakan salah satu aplikasi massenger terkenal. Sampai saat ini aplikasi whatsapp sudah di download lebih dari 1 miliar. sangat menakjupkan bukan?

Perlu temen-temen ketahui, bahwa pada aplikasi whatsapp ini ada beberapa fitur tersembunyi. Kenapa di katakan tersembunyi? Sebenarnya fitur-fitur ini dapat di akses oleh semua pengguna aplikasi whatsapp.

Namun karena masih banyak orang yang belum mengetahui fitur ini, maka di katakan fitur tersembunyi. hehe. Nah, langsung saja saya jabarkan beberapa fitur-fitur tersembunyi pada aplikasi whatsapp.

1. Menarik pesan yang sudah terkirim (retrack)

Ini adalah fitur terbaru dari whatsapp yang belum lama ini dirilis. Namun masih banyak orang yang belum tahu tentang fitur ini. Karena ada syarat agar pesan yang sudah terkirim pada whatsapp bisa kita tarik dan orang lain tidak dapat membaca pesan itu lagi.

Syaratnya adalah pesan yang sudah terkirim dan ingin kita tarik selang waktunya belum lewat/lebih dari 7 menit setelah pesan tersebut terkirim.

Caranya adalah setelah pesan terkirim kita tekan lama pada pesan tersebut, maka nanti akan muncul pilihan yang bisa kita lakukan. Pilih gambar “tempat sampah (hapus)”, maka akan muncul 3 pilihan. Temen-temen pilih “hapus untuk semua orang”. Nah, otomatis pesan akan tertarik dan tidak bisa dibaca lagi oleh temen yang kita kirimi pesan tersebut.

Fitur Retract Whatsapp
Fitur Unsend Pada Whatsapp

2. Menyembunyikan tanda centang biru atau tanda pesan sudah di baca.

Tanda centang biru pada aplikasi whatsapp adalah fitur untuk mengetahui bahwa pesan telah terbaca. Nah, untuk menyembunyikan tanda centang biru ini agar orang yang mengirimkan pesan kepada kita tidak tahu bahwa pesan sudah kita baca, cukup masuk ke “setelan/setting” kemudian pilih “akun/account” dan pilih “privasi”. Nah, kemudian hilangkan centang pada “laporan dibaca/Read Receipts”. Cukup mudah bukan?

hide Read Receipts
Menyembunyikan tanda sudah dibaca di whatsapp

3. Menyembunyikan waktu terakhir online atau last seen

Fitur last seen pada whatsapp digunakan untuk mengetahui terakhir seseorang membuka aplikasi whatsapp. Mungkin bagi sebagian orang ini mengganggu privasinya. Maka untuk temen-temen yang merasa terganggu dengan fitur ini, temen-temen bisa menonaktifkannya.

Caranya cukup mudah. Masuk ke “setelan/setting”. Kemudian pilih “akun/account” dan pilih “privasi”. Nah, setelah itu temen-temen klik “terakhir dilihat/last seen”. Akan ada 3 pilihan yang muncul. Maka temen-temen pilih “tidak ada/nobody”. Ini lah cara agar orang lain tidak mengetahui kapan terakhir kali kita online.

Hide Last Seen
Menyembunyikan last seen / online terakhir

4. Menyimpan (backup) dan mengembalikan (restore) pesan lama.

Bagi temen-temen yang ingin berganti smartphone baru dan menginginkan pesan pada smartphone lama di pindahkan ke smartphone baru, maka temen-temen harus membaca lengkap artikel ini. Apakah itu mungkin? Jawabannya sangat mungkin.

Karena pada aplikasi whatsapp ini menyediakan fitur backup dan restore. Fitur ini untuk menyimpan pesan atau percakapan kita pada drive google kemudian dapat kita kembalikan lagi nantinya. Caranya adalah dengan masuk ke “setelan/setting” kemudian pilih “chatting” dan pilih “candangan chat”. Nah, setelah itu klik “cadangkan” untuk menyimpan pesan atau percakapan di google drive.

mencadangkan dan mengembalikan percakapan whatsapp
restore dan backup yang mudah di whatsapp

5. Membuat huruf tebal, miring dan tercoret.

Fitur ini belum lama juga di rilis oleh whatsapp. Fitur ini memungkinkan kita untuk membuat tulisan tebal, miring bahkan tulisan tercoret. Langsung saja kita coba.

Untuk membuat tulisan tebal cukup kita tambahkan tanda bintang (*) pada awal kata dan akhir kata. Contoh *tulisan tebal*

Untuk membuat tulisan miring cukup kita tambahkan tanda underscore (_) pada awal kata dan akhir kata. Contoh _tulisan miring_

Untuk membuat tulisan tercoret cukup kita tambahkan tanda tilde (~) pada awal kata dan akhir kata. Contoh ~tulisan tercoret~

Text bold, italic, strikethrough
membuat tulisan tebal, miring, dan coret

Nah, itu tadi beberapa fitur-fitur tersembunyi yang belum banyak orang mengetahuinya. Temen-temen bisa menggunakan fitur-fitur tersebut untuk memudahkan dan mengoptimalkan penggunaan aplikasi whatsapp

Cari Artikel di Sini



1 thought on “5 Fitur Rahasia Whatsapp yang Wajib Diketahui

Leave a Comment

*

%d bloggers like this: