Etika resign harus diperhatikan dengan baik oleh para karyawan. Untuk mengundurkan diri dari perusahaan, anda harus memperhatikan dan mempertimbangkan dengan matang.

Apalagi saat ini mencari pekerjaan adalah salah satu hal sulit yang banyak dikeluhkan oleh kawula muda. Jika keinginan untuk resign anda sudah bulat, pastikan untuk meninggalkan perusahaan tempat anda bekerja dengan cara yang baik, tepat dan sopan.

Tips Resign Dengan Etika Yang Baik

Terlepas dari berbagai alasan anda mengundurkan diri dari perusahaan, pastinya perusahaan telah menerima anda dengan cara dan prosedur yang baik. Oleh karenanya, jangan sampai anda meninggalkan kesan negatif demi kelancaran anda di karir masa depan.

Jika anda melamar pekerjaan di perusahaan besar, sudah pasti pihak perusahaan akan mencari jejak anda di perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya. dengan begitu, sangat penting bagi anda untuk menjaga hubungan baik dengan perusahaan serta rekan kerja anda di perusahaan sebelumnya.

1. Jangan mengajukan surat pengunduran diri secara mendadak

Untuk melakukan resign dari perusahaan dengan cara yang benar, anda bisa memberikan surat pengajuan pengunduran diri 3 hari hingga 1 minggu sebelumnya. Pada umumnya, perusahaan akan menerima ajuan anda setelah satu minggu atau setelah perusahaan mendapatkan pengganti.

Jika anda mengajukan surat pengunduran diri secara mendadak, anda akan mempersulit rekan kerja hingga atasan anda. Apalagi jika perusahaan belum mendapatkan pengganti posisi anda. Dengan begitu untuk memperlancar relasi dan pekerjaan perusahaan anda, usahakan untuk menghindari pengajuan resign secara mendadak.

2. Sampaikan Pengunduran Diri Anda Kepada Atasan

Atasan di perusahaan menjadi orang yang terdekat dan berhubungan langsung dengan pekerjaan anda. Anda dan atasan akan menjadi satu tim yang saling berpengaruh terhadap kelancaran pekerjaan.

Untuk mempertahankan etika yang baik di perusahaan, pastikan anda memberitahukan rencana resign anda kepada atasan terlebih dahulu. Selain memberikan waktu bai atasan untuk menyesuaikan diri dengan karyawan yang baru, anda juga membuatnya merasa dihargai sebagai atasan.

3. Tetap Menjaga Etika dan Bekerja Dengan Baik

Jika anda sudah bertekad bulat untuk melakukan resign, jangan sampai mempengaruhi semangat bekerja anda. Di Hari terakhir anda bekerja, pastikan meninggalkan kesan yang baik dan tetap profesional mengerjakan pekerjaan anda. Selain profesional, pastikan anda menjaga etika yang baik dan meninggalkan kesan yang positif.

4. Berpamitan dengan Sopan

Etika resign dari perusahaan yang tidak kalah penting adalah berpamitan kepada teman dan rekan kerja. Jika pengajuan pengunduran diri anda sudah disetujui oleh HRD dan atasan anda, sampaikanlah hal tersebut kepada rekan kerja anda.

Dalam berpamitan, anda bisa anda bisa bersalaman serta mengajukan permohonan maaf dan ucapan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin.

5. Menjaga Profesionalisme

Selama bergabung dalam perusahaan tersebut, pastinya anda mengetahui berbagai hal tentang perusahaan tersebut. Meskipun anda telah keluar dari perusahaan tersebut dan bergabung dengan perusahaan yang baru, pastikan anda menjaga rahasia perusahaan lama. Biasanya aturan ini telah diatur dalam kontrak kerja sebelumnya.

6. Tinggalkan kesan Positif

Resign seringkali menjadi pilihan untuk mencari pengalaman baru, kenaikan pendapatan dan karir yang lebih bagus. Bagi anda yang ingin mengundurkan diri dari perusahaan, pastikan dilakukan dengan cara yang baik dan tepat sesuai prosedur. Tinggalkan kesan yang baik bagi perusahaan dan tetap menjaga hubungan baik dengan perusahaan lama anda.

Etika resign perlu dipertimbangkan dan diperhatikan dengan baik sebelum anda mengajukan pengunduran diri. Terlepas dari berbagai alasan anda mengajukan pengunduran diri, perusahaan tersebut telah memberikan pengalaman yang berharga bagi kemajuan karir anda. Sehingga Anda bisa lebih percaya diri saat mengirim surat lamaran kerja di perusahaan lain.

Cari Artikel di Sini