Ekonomi Artinya – Ekonomi adalah salah satu cabang Ilmu Sosial yang mempelajari salah satu aktivitas manusia yang berhubungan erat dengan masalah produksi, distribusi serta konsumsi terhadap sebuah jasa atau barang.

Asal Kata Ekonomi

Ekonomi berasal dari istilah bahasa Yunani yaitu οἶκος (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan νόμος (nomos) yang berarti “peraturan, aturan, hukum”. Mudahnya adalah ekonomi berarti “aturan rumah tangga” atau bisa juga “manajemen rumah tangga”.

Sementara itu orang yang menerapkan / menggunakan konsep ekonomi serta data dalam bekerja disebut dengan ekonom atau ahli ekonomi.

Dari definisi diatas kita dapat mengetahui bahwa ekonomi berkaitan erat dengan uang. Karena didalamnya terdapat aktivitas (transaksi) ekonomi yang meliputi produksi, distribusi dan konsumsi. Karena itulah ilmu yang mempelajari dengan uang juga disebut dengan ekonomi.

Pengertian Ekonomi Menurut Etimologi

Pengertian ekonomi menurut etimolog atau menurut bahasa yakni sebuah aturan atau manajemen rumah tangga seperti yang disebut sebelumnya.

Namun ada pengertian ekonomi lain, bahwa ekonomi dijadikan sebagai alat ukur kemajuan suatu negara. Namun secara umum, ekonomi diartikan sebagai ilmu yang memiliki relasi dengan sumber daya material seseorang, atau kelompok, atau bahkan negara dalam hal meningkatkan kesejahteraan.

Pengertian Ekonomi Menurut Ahli

Selain itu juga ada pengertian ekonomi menurut para ahli yang perlu untuk diketahui agar bisa memahami ekonomi secara lebih jelas.

  • Alfred Masrshall menyebutkan bahwa ekonomi adalah suatu studi mengenai manusia dalam menjalani hidup, bergerak maupun berpikir dalam konteks sehari-hari.
  • Robbins mengatakan jika ekonomi itu adalah studi tentang perilaku manusia sebagai hubungan antara tujuan dengan ketersediaan sumber daya guna mencapai sebuah tujuan.
  • John Adam Smith mengatakan apa yang dimaksud ekonomi yaitu penyelidikan mengenai sebuah keadaan dan sebab adanya wealthnation atau kekayaan negara.
  • John Stuart Mill. Apa itu ekonomi menurutnya yaitu ilmu yang fokus terhadap penciptaan nilai tukar barang dan jasa sehingga bisa meningkatkan kekayaan dan kemakmuran sebuah negara.
  • Hermawan Kartajaya menyebut pengertian ekonomi berarti suatu wadah ketika sektor industri melekat di atasnya.
  • Abraham Maslow mengatakan bahwa ekonomi yaitu sebuah keilmuan yang khusus bisa menyelesaikan berbagai permasalahan kehidupan manusia dengan melalui penggemblengan seluruh sumber perekonomian yang mungkin ada. Semua itu berlandaskan dengan teori maupun prinsip sistem ekonomi yang efektif dan efisien.
  • Von Neumann dan Mogenstern menyebut bahwa ekonomi yakni sebuah cabang ilmu yang jika tidak diperlukan secara ilmiah karena seluruh tokohnya sibuk mengurusi berbagai solusi. Hal tersebut guna mampu menghadapi segala permasalahan mendesak pada zaman tertentu.
  • Jack Hirshleifer menyebut jika ekonomi merupakan studi terkait keputusan untuk memilih dalam berbagai tindakan yang akan diambil. Dia juga menyebut jika ilmu ekonomi mempelajari apa yang terjadi jika terdapat berbagai macam urusan terhadap orang yang berupaya untuk mempengaruhi satu dan yang lainnya.

Menurut KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) online, ekonomi memiliki beberapa pengertian diantaranya:

  1. Sebuah ilmu mengenai asas-asas ekonomi, distribusi dan pemakaian barang-barang kekayan seperti keuangan, perdagangan ataupun perndustrian.
  2. Pemanfaatan uang, waktu, tenaga, dan berbagai macam barang berharga lainya.
  3. Berbagai urusan keuangan rumah tangga, organisasi hingga negara
  4. Sebuah tata hidup mengenai perekonomian sebuah negara

Manusia Makhluk Sosial dan Ekonomi

Manusia sebagai makhluk sosial atau zoon politicon dan makhluk ekonomi pada dasarnya senantiasa menghadapi berbagai macam permasalahan ekonomi. Inti dari suatu masalah ekonomi yang dihadapi manusia adalah kenyataan bahwa kebutuhan manusia tidak terbatas jumlahnya, sedangkan alat pemuas kebutuhannya berjumlah terbatas. Beberapa faktor yang berpengaruh sehingga jumlah kebutuhan seseorang menjadi berbeda-beda adalah :

  1. Faktor ekonomi.
  2. Faktor lingkungan, sosial, dan budaya.
  3. Faktor fisik.
  4. Faktor pendidikan, dan
  5. Faktor moral.

Definisi Umum Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi adalah sebuah istilah yang mengacu pada tiap-tiap usaha manusia yang didasari oleh sebuah pilihan yang paling baik, dan paling menguntungkan. Tindakan ekonomi pada dasarnya dilandasi pada dua aspek, yaitu :

  1. Tindakan ekonomi rasional dimana setiap usaha manusia dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan dan kenyataannya memang demikian.
  2. Tindakan ekonomi irrasional dimana setiap usaha manusia dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan namun kenyatannya tidaklah demikian.

Motif Ekonomi

Motif ekonomi merupakan hal-hal yang menjadi dorongan atau alasan seseorang melakukan tindakan ekonomi apakah merupakan motif dari dalam diri maupun dari luar diri. Umumnya, ada dua jenis motif ekonomi diantaranya:

Motif Berdasarkan Asalnya

  1. Motif Intrinsik merupakan dorongan dari dalam diri manusia untuk melakukan suatu kegiatan ekonomi. Contoh, ketika Anda merasa perut sakit, Anda akan mencari toilet. Atau ketika Anda haus maka Anda akan mencari minuman.
  2. Motif Ekstrinsik yakni dorongan atau sebuah pengaruh yang berasal dari luar manusia untuk melakukan kegiatan ekonomi. Contohnya, ketika Anda baru saja melihat sepatu bagus di layar smartphone Anda, Anda langsung mengklik dan membelinya meskipun Anda masih memiliki sepatu yang lama.

Motif Berdasarkan Pertimbangan Ekonomi

  1. Motif untuk Bertahan Hidup yakni sebuah dorongan agar kita bisa tetap hidup sehingga terdorong untuk melakukan berbagai cara. Misalnya, bekerja untuk membeli makan.
  2. Motif untuk meraup Keuntungan, yakni dorongan untuk meraih keuntungan dari kegiatan ekonomi kita. Umumnya, motif ini dimiliki oleh para pengusaha atau pedagang. Contohnya, ketika ada diskon Anda akan membelinya dengan banyak untuk dijual lagi dengan harga normal.
  3. Motif untuk Mendapatkan Penghargaan. Motif ini mendorong manusia melakukan berbagai kegiatan ekonomi guna mendapatkan penghargaan apakah berupa jasa atau barang material.

Prinsip Ekonomi

Ada beberapa prinsip ekonomi yang umum diketahui khalayak, prinsip ekonomi yang mendasari berjalannya sebuah kegiatan ekonomi yang terjadi.

1. Prinsip Produksi

Prinsip produksi yakni perekonomian yang memiliki peran untuk pengadaan produk, apakah sebuah produk barang atau produk jasa. Proses ini membutuhkan biaya serta usaha dalam proses pelaksanaan. Aktivitas produksi ini dianggap sebagai sebuah aktivitas yang menghasilkan produk dan membuka lapangan pekerjaan.

2. Prinsip Distribusi

Prinsip ini merupakan kegiatan menyalurkan atau distribusi suatu produk terhadap konsumen. Kegiatan ini perlu dilakukan dengan perhitungan waktu yang tepat agar produk yang disalurkan bisa tepat waktu. Misalnya jika barang produksinya berupa makanan yang cepat busuk, bagaimana agar makanan tersebut datang tepat waktu sebelum terjadi pembusukan.

3. Prinsip Konsumsi

Prinsip ini dalam berbagai aktivitas penggunaan sebuah produk dilakukan manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Seperti halnya jika Anda merupakan mahasiswa, maka Anda memerlukan laptop untuk mengerjakan tugas, dan lain-lain.

Kegiatan Ekonomi

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa ada tiga aktivitas yang dilakukan yakni produksi, distribusi dan konsumsi.

1. Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi yakni menghasilkan, menciptakan sebuah barang atau jasa yang memiliki nilai jual. Biasanya pelaku kegiatan ini yakni para pengusaha di sektor industri. Dari hasil kegiatan ini kemudian disalurkan kepada konsumen baik melalui distributor atau langsung untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

2. Kegiatan Distribusi

Kegiatan distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Proses ini merupakan sebuah proses yang penting agar kebutuhan konsumen terpenuhi dengan baik dan tepat waktu.

Selain itu, proses ini bukan merupakan aktivitas yang tunggal tetapi merupakan berbagai kegiatan aktivitas misalnya proses pengambilan atau pengangkutan barang. Contoh lainnya seperti proses pemanasan, penyimpanan, proses sertifikasi halal dan lain-lain. Kegiatan ini sebenarnya memiliki ragam aktivitas yang saling berhubungan satu sama lain dan bertujuan untuk menyalurkan barang.

3. Kegiatan Konsumsi

Kegiatan ini menggunakan produk barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan konsumen misalnya membeli baju untuk dipakai kondangan. Contoh lainnya membeli pulsa untuk menelpon, menyewa villa untuk merayakan malam tahun baru bersama teman sekelas.

Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi merupakan sebuah sistem yang digunakan oleh sebuah negara apakah pihak swasta maupun pemerintah dalam hal mengelola berbagai aktivitas ekonomi di masyarakat. Sistem ekonomi pada umumnya berlandaskan pada prinsip tertentu untuk mencapai kesejahteraan masyarakat bersama.

Namun yang perlu diketahui yakni bahwa setiap negara memiliki sistem ekonomi yang berbeda satu dan yang lain tergantung situasi serta kondisi sebuah negara. Sistem perekonomian yang bagus di sebuah negara belum tentu tepat jika diterapkan di negara lain.

Ada beberapa jenis sistem ekonomi yang umumnya diketahui. Pertama sistem ekonomi traditional yang lebih menekankan kebiasaan, tradisi masyarakat secara turun temurun. Sistem ini memiliki kelebihan misalnya kejujuran dan asas kekeluargaan dari individu dalam memenuhi kebutuhannya.

Kedua, sistem ekonomi terpusat atau sosialis yakni ketika pemerintah memiliki dominasi kuat dalam pengaturan kebijakan ekonomi. Contoh negara yang menerapkan sistem ini yakni RRC, Rusia, dan negara-negara bekas Uni Soviet.

Sistem Ekonomi Liberal atau Kapitalis merupakan sebuah sistem ekonomi yang berdasarkan asas kebebasan seluas-luasnya untuk semua masyarakat tanpa adanya ikut campur pemerintah. Landasan perekonomian seperti ini bertujuan untuk mendapatkan hasil sebesar-besarnya.

Terakhir yakni sistem ekonomi campuran yang merupakan sebuah sistem yang campur antara adanya intervensi dari pemerintah dan memberikan kebebasan kepada masyarakat. Sistem ini bertujuan untuk menghindari adanya monopoli kekuasaan oleh suatu golongan masyarakat terhadap sumber daya ekonomi.

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi

Jika Anda hendak masuk kuliah dan bingung untuk mengambil jurusan apa yang tepat sementara Anda menyukai ilmu ekonomi, jangan bingung karena prospek kerja jurusan ekonomi sangat dibutuhkan. Misalnya, anda bisa menjadi analisis produk pasar yang kerjanya menganalisis data dan biasanya menggunakan software.  Atau, Anda juga bisa menjadi konsultan ekonomi seperti konsultan perusahaan atau bahkan pemerintah misalnya.

Pekerjaan lainnya bisa menjadi manajer, akuntansi yang menggunakan keahlian matematika atau ilmu statistik untuk menentukan nilai aset yang berharga. Analis kredit, Analis Keuangan, Konsultan Manajemen dan banyak lainnya.

Begitulah hal-hal yang terkait dengan ekonomi, dari mulai pengertian ekonomi, motif ekonomi, sistem ekonomi, kegiatan ekonomi hingga prospek kerja jurusan ekonomi. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini