Pengertian Wireless (Tanpa Kabel) adalah: Fungsi, Plus dan Minus

Definisi Umum Wireless

Pengertian wireless adalah jaringan tanpa kabel atau disebut juga nirkabel yang memanfaatkan udara sebagai media transmisi untuk mengantarkan gelombang elektromagnetik.

Wireless sudah ditemukan sejak para ilmuwan menemukan radio dan juga radar yang dioperasikan menggunakan wireless. Beberapa model peralatan yang menggunakan wireless diantaranya adalah GPRS untuk navigasi, telepon selular, telepon cordless, alat-alat komputer, remote control, satelit televisi, dan wireless LAN.

Cara Kerja Wireless

Prinsip kerja wireless mirip dengan walky talky dan transreceiver. Pada wireless, transreceiver dipegang oleh adapter yang mempunyai fungsi untuk mendeteksi adanya jaringan wireless pada komputer melalui radio.

Jika sudah terdeteksi, kemudian lakukan otentikasi pengguna. Jenis data apapun yang dikirim dari komputer atau laptop akan diubah melalui adaptor wireless dari bentuk digital 0s dan 1s menjadi sinyal radio berbentuk analog.

Fungsi Teknologi Wireless

Nirkabel mempunyai beberapa fungsi menarik seperti :

  1. Pemakai tidak mempunyai batas ruang gerak pada jarak jangkauan dari satu titik pemancar WIFI.
  2. Sistem WIFI dapat diperkuat dengan peralatan khusus, misalnya booster.
  3. Wireless sebagai WIFI dapat digunakan dengan mudah dengan biaya pemasangan yang murah.
  4. Area jangkauannya lebih fleksibel.
  5. Wireless memberi kemungkinan bagi LAN untuk dipasang tanpa kabel sehingga mengurangi biaya pemasangan.
  6. Wireless Access Point (WAP) mempunyai fungsi untuk mengatur lalu lintas data.
  7. WAP juga berfungsi sebagai hub atau switch yang menghubungkan jaringan lokal dengan wireless.
  8. Dapat digunakan untuk mengatur access point agar menjalankan fungsi sebagai DCHP server.
  9. Dapat dipasang di area outdoor.

Kelebihan Wireless

Wireless, sebagai sebuah dampak dari perkembangan teknologi tentunya mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya adalah adanya pembangunan jaringan dalam sebuah kategori cepat dengan biaya pemeliharaan yang relatif murah, mudah untuk direlokasi dan juga dikembangkan, infrastruktur dengan dimensi kecil, sumber file dapat dipindahkan tanpa bantuan kabel, serta praktis dan mudah disetting.

Kekurangan Wireless

Meskipun banyak kelebihan yang dimiliki oleh wireless, namun tetap ada kekurangan yang memerlukan penyempurnaan. Adapun beberapa kekurangan dari wireless adalah keamanan dan kerahasiaan data menjadi kurang terjamin, adanya interfensi pada gelombang radio, terkadang terjadi keterlambatan, biaya peralatannya cukup besar, produknya kurang kompatibel, kualitas sinyal dipengaruhi oleh cuaca, dan dimungkinkan terjadinya penyadapan koneksi.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: