Pengertian Warna dan Pengelompokan Jenisnya

Pengertian warna adalah spektrum tertentu yang ada dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas pada suatu warna ditentukan dari panjang gelombang cahaya tersebut. contohnya, warna biru mempunyai panjang gelombang sekitar 460 nanometer. Sedangkan panjang gelombang warna yang dapat ditangkap oleh mata manusia diantara 380 sampai 780 nanometer.

PENGELOMPOKAN WARNA

Warna dapat dikelompokkan menjadi beberapa :

  1. Warna netral, merupakan warna-warna yang tidak lagi mempunyai kemurnian warna atau bukan warna primer dan bukan warna sekunder.
  2. Warna kontras atau komplementer, merupakan warna yang berkesan berlawanan antara satu dengan yang lainnya. Warna ini dapat didapat dari warna yang berseberangan yang terdiri atas warna primer dan sekunder.
  3. Warna panas, merupakan kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran dalam lingkaran warna mulai dari warna merah hingga kuning.
  4. Warna dingin, merupakan kelompok warna yang ada dalam kelompok rentang setengah lingkaran dalam suatu lingkaran warna mulai dari warna hijau hingga ungu.

ISTILAH LAIN WARNA

Istilah lain yang dikenal dalam warna adalah nilai warna. Nilai warna dapat ditentukan dari tingkat kecerahan ataupun tingkat kesuraman sebuah warna. Nilai ini dipengaruhi oleh penambahan putih maupun hitam. Dalam suatu sistem RGB, nilai ditentukan dari penambahan komponen merah, biru, dan juga hijau dalam sebuah komposisi yang tepat dan sama meskipun tidak harus berjumlah 100%.

BAHASAN TENTANG WARNA

Dalam sebuah peralatan optis, warna dapat berarti interpretasi otak terhadap tiga campuran warna primer, yaitu merah, hijau, dan biru yang digabung dalam suatu komposisi tertentu. Misalnya percampuran 100% merah, 0% hijau, dan 100% biru yang menghasilkan interpretasi warna magenta. Dalam seni rupa, warna dapat pula berarti suatu pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang ada pada permukaan sebuah benda.

Setiap warna mampu memberi kesan dan identitas berbeda sesuai dengan kondisi sosial yang mengamati. Misalnya, warna putih memberikan kesan suci dan dingin di daerah Barat karena disamakan dengan salju. Sedangkan di daerah Timur, warna putih memberi kesan kematian dan menakutkan karena disamakan dengan kain kafan.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: