Pengertian Upload (Unggah) dalam Internet

Pengertian upload adalah sebuah cara yang digunakan untuk mengirim data atau file dari perangkat elektronik ke perangkat lainnya yang memiliki koneksi internet seperti file video, foto, maupun lagu. Upload disebut juga sebagai unggah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sebuah proses yang digunakan untuk mengirim suatu file dengan menggunakan internet.

MANFAAT UPLOAD

Manfaat upload yang dapat kita rasakan adalah kita bisa menghemat memori yang diperlukan untuk menyimpan file tersebut dan dipindah ke dalam sebuah server yang menyediakan penyimpanan data untuk kita menyimpan. Selain itu file yang kita upload sewaktu waktu dapat kita ambil lagi dengan menggunakan cara download. Manfaat yang lainnya adalah kita tidak perlu khawatir apabila file yang kita simpan didalam sebuah komputer atau flash disk atau penyimpanan lainnya terhapus atau rusak karena kalau kita upload file tersebut, file tersebut tidak akan hilang.

CARA UPLOAD FILE DI INTERNET

Langkah yang pertama apabila kita mau upload adalah hubungkan perangkat komputer maupun handphone anda ke internet, kemudian anda memilih akan menyimpan ke server yang anda sukai, seperti drop box, google drive, 4shared, mediafire, onedrive dan masih banyak lagi. Setelah memilih server yang anda sukai anda harus membuat akun menggunakan email anda. Setelah mempunyai akun anda bisa mengupload file yang akan diupload di server tersebut.

HUBUNGAN UPLOAD DAN DOWNLOAD

Hubungan upload dengan download sangatlah berhubungan. Apabila upload adalah untuk mengirimkan suatu file ke server atau perangkat lain melalui internet. Download adalah menyimpan atau mengunduh suatu file yang terdapat disuatu server atau perangkat lain melalui internet. Hubungan keduanya adalah saling membutuhkan. Bila kita ingin menyimpan suatu file kita harus menguploadnya dan bila kita membutuhkannya lagi kita harus mendownloadnya.

Bila kita saling bertukar file seperti gambar, foto, video maupun lagu. Salah satu pihak harus mengupload file tersebut dahulu baru pihak lain dapat mendownloadnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa upload dan download adalah suatu rangkaian yang tidak dapat kita pisahkan. Apabila hanya salah satu saja, maka tidak akan ada gunanya lagi.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: