Pengertian teks eksplanasi bisa dimaknai secara singkat sebagai teks penjelasan/berita. Secara lebih luas bisa dipahami bahwa teks eksplanasi berarti sebuah teks/naskah yang berisi tentang uraian kronologi dan sebab akibat sebuah proses/peristiwa bisa terjadi.

Teks eksplanasi sering kita jumpai pada artikel berita. Kita tentu ingat dan pernah membaca koran dan artikel di media online tentang sebuah peristiwa perampokan dan sebagainya. Uraian dari artikel yang disajikan secara runtut dari mulai waktu dan tempat kejadian sampai kenapa dan apa dampak dari peristiwa tersebut itulah sebagian contoh dari teks eksplanasi.

Dalam ilmu tata tulis dan jurnalistik, teks eksplanasi biasanya memang secara spesifik bisa diartikan sebagai teks informasi berita.

Namun sebenarnya semua artikel atau teks yang mengandung sebab akibat dan ciri lainnya tetap masuk dalam kategori teks eksplanasi. Jadi, informasi apapun tidak harus berita bisa dikategorikan jenis teks eksplanasi jika mengandung setidaknya konteks tentang sebab akibat.

Pengertian Teks Eksplanasi Secara Umum

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang sebuah uraian informasi yang sistematis dan konteksnya sebab akibat. Oleh karena itu perlu dipahami bahwa teks eksplanasi mengandung muatan kronologis yang berurutan dan jelas.

Untuk lebih mudah memahami apa itu teks eksplanasi bisa kita tarik pengertian secara umum bahwa arti teks eksplanasiadalah sebuah teks informasi/berita tentang sebuah peristiwa/kejadian alam dan sosial yang bersifat faktual dan tidak mengada-ada, berisi sebab akibat yang biasanya disertai solusi yang logis.

Dari pengertian luas tersebut kita dapat sebuah benang merah bahwa ciri khusus dari teks eksplanasi adalah memuat sebab akibat dan fakta. Jadi, jika ada sebuah informasi atau berita yang tidak mencantumkan sebab akibat dan tahapan berarti bukan teks eksplanasi.

Begitu juga dengan kaidah faktual atau nyata kebenarannya. Sebuah berita yang tidak diyakini kebenarannya alias hoax bukanlah termasuk teks eksplanasi kecuali didukung oleh kajian teori yang valid.

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Ahli

Setelah kita ketahui bersama tentang pengertian teks eksplanasi secara luas kini kita akan mengkaji lebih jauh tentang apa yang dimaksud teks eksplanasi menurut para ahli.

Berikut menurut kamus dan beberapa ahli yang memiliki pandangan dan telah mengemukakan pandangannya tentang teks eksplanasi.

1. The Contemporary English-Indonesian Dictionary

Menurut Kamus Inggris-Indonesia Kontemporer bahwa teks eksplanasi memiliki pengertian sebagai sebuah teks yang menguraikan tentang proses yang berkaitan dengan fenomena sosial, alam, sains, budaya, dan sebagainya.

2. Mahsun (2013)

Menurut Mahsun, teks eksplanasi mengandung pengertian sebagai sebuah teks yang disusun secara terstruktur dan sistematis, berisi pernyataan umum/pembuka, penjelasan/isi, dan diakhiri dengan interpretasi sebagai penutup.

3. Restuti (2013)

Restuti sendiri dalam memberikan argumen/pendapat terkait pengertian teks eksplanasi adalah sebagai berikut.

Teks eksplanasi ialah sebuah teks yang berbicara dan menjelaskan secara berurutan mengenai fenomena alam maupun sosial masyarakat.

Selain dari kamus dan kedua ahli di atas, tentu masih ada ahli-ahli lain yang memiliki pendapat khusus tentang pengertian teks eksplanasi. Kutipan dari ahli diatas hanya sebagian sehingga Anda bisa mencari referensi lain sebagai pembanding.

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Etimologi

Definisi teks eksplanasi menurut bahasa (etimologi) sendiri terdiri dari dua kata: teks dan eksplanasi. Teks sendiri berarti sebuah naskah yang berisi kata-kata dari penulis/pengarang yang tujuannya bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Sementara itu eksplanasi sendiri merupakan kata serapan dari explanation (bahasa inggris) yang artinya penjelasan atau keterangan. Kata eksplanasi dalam hal ini dispesifikasikan pada informasi berupa berita/penjelasan yang bersifat faktual.

Jadi dari pengertian secara etimologi dua kata tersebut bisa ditarik pengertian singkat bahwa teks eksplanasi berarti naskah yang berisi penjelasan yang sesuai fakta.

Struktur Teks Eksplanasi

Meski sepertinya sebuah informasi berita teks eksplanasi terdiri hanya ratusan kata namun dalam penyusunannya setidaknya ada struktur yang mesti diikuti. Berikut ini struktur teks eksplanasi mulai dari pembukaan hingga interpretasi.

1. Pembuka/pernyataan umum

Pada bagian ini, teks akan menjelaskan secara umum tentang fenomena-fenomena yang terjadi dari peristiwa yang diberitakan. Biasanya konteks pada bagian pembuka ini menjawab pertanyaan tentang apa, kenapa, dan bagaimana sesuatu tersebut bisa terjadi.

Kalimat-kalimat yang digunakan pada paragraf pembuka bersifat sebagai gambaran umum. Untuk runtutan keterangan yang lebih detail akan dilanjutkan pada kalimat di paragraf berikutnya.

2. Penjelas/sebab-akibat

Secara singkat, bagian ini berisi kronologis yang detail berisi tentang mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi. Pada bagian ini seluruh elemen sebab akibat diuraikan secara terperinci sehingga biasanya membutuhkan paragraf yang lebih banyak. Misalnya terkait dengan bencana alam, maka di paragraf ini berisi sebab akibat hingga bencana alam tersebut bisa terjadi.

3. Interpretasi (penutup)

Bagian terakhir ini bersifat opsional, artinya bisa saja dicantumkan dan bisa saja tidak. Sebab, interpretasi sendiri berarti uraian kesimpulan atau intisari dari keseluruhan peristiwa yang ingin disampaikan. Biasanya teks berita baik media cetak maupun online seringkali meniadakan bagian ini sebab dianggap akan melemahkan konteks dan esensi dari peristiwa itu sendiri.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Meski umumnya tidak secara langsung bisa diamati, namun teks eksplanasi sendiri mempunyai ciri-ciri tertentu.

  • Struktur lengkap mulai dari pembuka/pernyataan umum, penjelas/sebab akibat, dan interpretasi.
  • Informasi/berita yang disampaikan berupa fakta dan didukung data yang valid.
  •  Bersifat objektif
  • Bersifat informatif
  • Membahas tentang sains dan peristiwa.
  • Memuat informasi/berita yang bersifat ilmiah dan sains.

Kaidah Teks Eksplanasi

Pada teks eksplanasi terdapat kaidah-kaidah yang mesti dipahami oleh penulis maupun pembaca. Kaidah yang dimaksud disini adalah kaidah kebahasaan yang melekat pada naskah/teks itu sendiri.

Berikut ini beberapa kaidah-kaidah yang bisa dicermati dari sebuah teks eksplanasi.

  1. Berfokus pada hal/informasi yang bersifat sosial umum. Contoh; banjir, tsunami, gempa, dan lain-lain
  2. Memakai istilah-istilah ilmiah
  3. Lebih dominan menggunakan kata kerja aktif
  4. Menggunakan kata penghubung sebab dan waktu, misal: jika, sehingga, sebelum, sesudah, kemudian.
  5. Memakai kalimat pasif
  6. Memberi keterangan kausal berarti informasi tersebut faktual.

Jenis Teks Eksplanasi Dan Contohnya

Ada beberapa jenis teks eksplanasi yang bisa kita pelajari. Kali ini kita akan mengutip dari NWS Departement School and Education bahwa teks eksplanasi dibagi menjadi empat jenis: kausal, sequential, teoritis, dan faktorial.

Bagaimana penjelasan lebih detail dan contohnya dari masing-masing jenis teks eksplanasi tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1. Teks eksplanasi kausal

Kausal sendiri diambil dari bahasa inggris “cause” yang artinya sebab. Dengan kata lain teks eksplanasi kausal ini adalah teks yang berisi sebab yang berurutan dari tahap ke tahap. Contoh:

“Pagi itu terjadi kecelakaan beruntun yang menewaskan 5 orang pengendara motor dan satu sopir angkot luka-luka. Kronologisnya, saat sopir angkot tengah berhenti di pinggir jalan. Tiba-tiba dari arah belakang melaju rombongan motor dengan kecepatan tinggi. Naasnya, pengemudi motor yang paling depan saat itu tidak hati-hati hingga menabrak bagian belakang angkot. Malang, dari arah berlawanan melintas sebuah truk tronton dengan kecepatan sedang. Alhasil korban yang mengalami benturan terpental ke aspal dan terlindas truk tronton tersebut”.

2. Teks eksplanasi sequential

Jenis teks eksplanasi ini berisi tentang tahapan/proses dari sebuah fenomena/peristiwa dari awal hingga akhir. Contoh; proses produksi gula kelapa dari mulai penyadapan nira hingga pengolahannya menjadi gula kelapa.

3. Teks eksplanasi teoritis

Jenis teks eksplanasi ini berisi teori tentang kemungkinan-kemungkinan di balik terjadinya sebuah fenomena alam yang terasa kurang logis. Contoh; lubang besar yang terjadi di suatu tempat yang menurut isu diakibatkan oleh kendaraan UFO.

4. Teks eksplanasi faktorial dan konsekuensial

Jenis teks ini berisi tentang efek-hasil dari suatu proses/kronologis. Biasanya jenis teks ini diterapkan pada sub bidang ilmu pengetahuan. Contoh; penyebab udara dingin di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Ke-empat jenis teks eksplanasi tersebut seringkali digunakan sesuai dengan penjelasan dasar di atas. Sebenarnya masih banyak contoh teks eksplanasi yang bisa kita perbincangkan. Namun karena terbatasnya pengetahuan penulis sehingga tidak dicantumkan contoh panjang untuk masing-masing jenis teks eksplanasi tersebut.

Semoga artikel tentang pengertian teks eksplanasi dan penjelasan terkaitnya ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Cari Artikel di Sini