Definisi Umum Suhu

Pengertian suhu adalah ukuran tingkat atau disebut juga derajat panas atau dinginnya suatu benda maupun zat. Semakin tinggi suhu, maka semakin panas permukaan benda tersebut.

Secara mikroskopis, suhu dapat digunakan untuk menunjukkan energi yang dipunyai oleh suatu benda. Setiap atom dalam benda masing-masing senantiasa bergerak, baik itu dalam bentuk perpindahan maupun gerakan di tempat getaran. Makin tinggi energi atom penyusun bendanya, maka makin tinggi suhu benda tersebut.

Suhu dikenal juga dengan sebutan temperatur dan diukur menggunakan termometer. Ada empat macam termometer yang digunakan dan terkenal di kalangan masyarakat yaitu celcius, reaumur, fahrenheit, dan kelvin. Perbandingan jenis termometer satu dengan yang lainnya dapat dilihat dari rumus di bawah ini :

C : R : (F-32) = 5 : 4 : 9

K = C + 273 (Derajat)

Tipe-Tipe Termometer

Kita dapat mengetahui bahwa suhu merupakan sensasi dingin atau panasnya sebuah benda dan zat yang dapat dirasakan ketika kita menyentuhnya. Secara kuantitatif, kita dapat mengetahui tingkatan suhu menggunakan alat bernama termometer. Termometer biasanya berisikan air raksa ataupun alkohol. Kata termometer sendiri berasal dari kata thermo yang artinya panas dan kata meter yang artinya mengukur.

Beberapa tipe termometer yang banyak dikenal oleh masyarakat adalah termometer alkohol, termometer basal, termometer merkuri, termometer oral, termometer galileo, termometer inframerah, termometer cairan kristal, termistor, dan termokopel.

Cara Konvesi Suhu Termometer

Cara mudah untuk dapat mengubah jenis suhu dari celcius, fahrenheit, dan reamer adalah dengan terlebih dulu mengetahui dan mengingat perbandingan C : F : R yang telah disebutkan diatas tadi dengan 5 : 4 : 9. Cara yang digunakan pun cukup mudah, (skala tujuan)/(Skala awal)xSuhu. Dari celcius ke fahrenheit setelah menggunakan rumus tersebut, dihitung dengan cara :

77 derajat fahrenheit, pada skala celcius menjadi 5/9x (77-32) = 25 derajat celcius.

Sebagai tambahan informasi, suhu terdingin di muka bumi ini pernah tercatat dalam sejarah dimiliki oleh Stasiun Vostok Antartika pada 21 Juli 1983 silam dengan suhu -89,2 derajat celcius.

Cari Artikel di Sini