Definisi Umum Struktur Sosial

Pengertian Struktur adalah tata ukur, tata hubung, dan tata letak dalam sebuah sistem yang membentuk sebuah satuan kerja. Struktur hampir dikenal dalam setiap aspek kehidupan manusia dan setiap lini ilmu seperti struktur dalam ilmu arsitektur, struktur dalam ilmu pemrograman, dan juga struktur dalam ilmu sosial.

Struktur dalam ilmu sosial atau struktur sosial adalah tatanan maupun susunan sosial yang membentuk beberapa macam kelompok sosial dalam masyarakat. Satuan kerja yang dimaksud dalam pengertian struktur secara umum diatas adalah kelompok sosial dalam masyarakat . struktur sosial dapat dibedakan menjadi dua, yaitu horizontal dan vertikal.

Contoh Struktur Sosial

Struktur sosial horizontal dapat anda lihat dari adanya kelompok pria dan kelompok wanita, ataupun adanya kelompok orang yang beragama Islam, kelompok orang yang beragama Kristen, maupun kelompok orang yang beragama Konghucu. Ciri-cirinya, masing-masing dalam kelompok tersebut tidaklah bertingkat, artinya mereka mempunyai kedudukan yang sama di masyarakat.

Sedangkan contoh dari struktur sosial vertikal adalah kelompok orang kaya dan kelompok orang miskin dimana terdapat kedudukan yang berbeda di masyarakat. Orang kaya biasanya berada di tempat dan kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang miskin. Sama halnya dengan seorang raja dengan rakyatnya.

Ciri-Ciri Struktur Sosial

Ada beberapa ciri struktur sosial, yaitu :

  1. Muncul pada kelompok masyarakat, dimana struktur sosial hanya dapat muncul pada individu-individu yang mempunyai status dan juga peran. Status dan peran tersebut akan terbaca oleh orang lain ketika mereka berada dalam sebuah kelompok.
  2. Berkaitan erat dengan kebudayaan, karena kelompok masyarakat lama kelamaan pasti akan membentuk kebudayaan. Setiap kebudayaan tentunya mempunyai struktur sosialnya sendiri-sendiri. Hal-hal yang mempengaruhi struktur sosial masyarakat Indonesia adalah keadaan geografis, mata pencaharian, dan pembangunan.
  3. Dapat berubah dan berkembang, karena masyarakat tidaklah statis. Mereka dapat berubah dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Maka dari itu, struktur yang dibentuk oleh mereka pun dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman.

Fungsi Struktur Sosial

  1. Fungsi identitas, sebagai penegas identitas yang dimiliki sebuah kelompok.
  2. Fungsi kontrol, yaitu untuk mengontrol individu yang berada dalam struktur sosial tertentu.
  3. Fungsi pembelajaran, keberadaan struktur sosial akan membuat individu belajar melalui interaksi yang ada didalamnya.

Cari Artikel di Sini