Pengertian Ilmu Sosiologi, Sifat, Ciri-Ciri dan Kedudukannya

Pengertian sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari dan membahas kehidupan manusia dalam sebuah masyarakat. Sosiologi juga dikenal sebagai suatu cabang ilmu pengetahuan yang membahas tentang kehidupan manusia yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan, dan juga memiliki budaya.

Fokus kajian ilmu sosiologi berada pada hubungan timbal balik yang terjadi antara manusia dengan manusia, dan manusia dengan makhluk lainnya juga lingkungan sekitar; hubungan seorang individu dengan kelompok; hubungan kelompok dengan kelompok; dan proses yang muncul dari hubungan-hubungan tersebut.

SIFAT DASAR ILMU SOSIOLOGI

Sifat dasar Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan adalah :

  1. Sosiologi merupakan ilmu sosial yang artinya membahas dan mempelajari hubungan antara manusia di masyarakat.
  2. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan umum yang mempelajari dan membahas gejala-gejala yang terjadi pada interaksi manusia.
  3. Sosiologi merupakan ilmu yang membahas nilai baik dan buruk.
  4. Sosiologi dapat menjadi ilmu pengetahuan yang murni maupun terapan.
  5. Sosiologi merupakan ilmu abstrak yang menunjukkan bentuk dan juga pola kejadian di masyarakat.

CIRI-CIRI ILMU SOSIOLOGI

Ciri-ciri sosiologi yang menjadikannya sebagai cabang ilmu pengetahuan adalah :

  1. Bersifat empiris, didasarkan pada pengamatan dan penalaran akal sehat.
  2. Bersifat kumulatif, teori-teori yang dibentuk berdasarkan pada teori yang telah ada sebelumnya kemudian diperbaiki dan diperluas serta diperhalus dengan teori yang ada.
  3. Bersifat non-etis, bukan mencari baik buruknya suatu fakta, namun menjelaskan fakta tersebut melalui sebuah penelitian.

KEDUDUKAN ILMU SOSIOLOGI

Adapun kedudukan sosiologi diantara ilmu pengetahuan lainnya, seperti :

Sosiologi dengan ilmu sejarah

Sosiologi dan ilmu sosial membahas kejadian serta hubungan yang dialami oleh manusia sebagai anggota masyarakat, sejarah fokus pada kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu. Sedangkan sosiologi fokus pada peristiwa yang menjadi proses yang muncul diantara hubungan manusia dalam situasi dan kondisi yang berbeda.

Sosiologi dan ilmu pasti

Sosiologi mempunyai hubungan dengan matematika karena dalam penelitian sosiologi umumnya terdapat angka-angka matematika berupa statistik maupun diagram.

Sosiologi dan antropologi

Hubungan keduanya sangatlah dekat karena obyek kajian sosiologi adalah manusia dan masyarakat secara luas, sedangkan obyek kajian antropologi hanyalah budaya dan manusia.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: