Daftar Isi

Definisi Umum Sistem Ekonomi

Pengertian sistem ekonomi adalah keseluruhan tata cara untuk mengoordinasikan perilaku masyarakat (produsen, konsumen, pemerintah, bank, dan pihak-pihak lainnya) dalam menjalankan kegiatan ekonomi baik itu produksi, distribusi, konsumsi, dan investasi, sehingga terbentuk satu kesatuan yang dinamis dan teratur sehingga menghindari adanya kekacauan yang berarti.

Masih banyak pengertian sistem ekonomi yang dikemukakan oleh para ahli berdasarkan pengetahuan dan penelitiannya namun tidak akan kami sebutkan disini.

Fungsi Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi pada dasarnya mempunyai banyak sekali fungsi vital bagi perekonomian negara. Fungsi sistem ekonomi diantaranya adalah :

  1. Sebagai penyedia dorongan untuk berproduksi.
  2. Mengkoordinasikan kegiatan individu dalam sebuah sistem perekonomian.
  3. Sebagai pengatur dalam pembagian hasil produksi di seluruh anggota masyarakat agar dapat terlaksana seperti apa yang diharapkan.
  4. Menciptakan mekanisme tertentu agar distribusi barang dan jasa berjalan dengan baik.

Jenis-Jenis Sistem Ekonomi

Terdapat berbagai macam sistem ekonomi yang dianut oleh seluruh negara di berbagai belahan dunia ini, diantaranya adalah :

  1. Sistem ekonomi tradisional, yaitu suatu sistem ekonomi dalam organisasi kehidupan ekonomi yang didasarkan pada kebiasaan, tradisi masyarakat secara turun temurun yang mengandalkan faktor produksi apa adanya.
  2. Sistem ekonomi terpusat/ komando/ sosialis, yaitu sistem ekonomi dimana Pemerintah mempunyai kendali yang dominan terhadap pengaturan kegiatan ekonomi masyarakat.
  3. Sistem ekonomi liberal, yaitu sistem ekonomi yang didasarkan atas kebebasan yang seluas-luasnya bagi seluruh masyarakat dalam kegiatan perekonomian tanpa adanya campur tangan dari Pemerintah.
  4. Sistem ekonomi campuran, yaitu sistem ekonomi yang di satu sisi Pemerintah memberi kebebasan bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi, namun disisi lain Pemerintah juga ikut campur dalam perekonomian dengan tujuan menghindari adanya monopoli dari segolongan masyarakat.
  5. Sistem ekonomi Pancasila, yaitu sistem ekonomi yang didasarkan atas jiwa ideologi Pancasila yang didalamnya terdapat makna demokrasi ekonomi, yaitu suatu kegiatan ekonomi yang didasarkan pada usaha bersama dengan asas kekeluargaan dan gotong royong dari, oleh, dan untuk rakyat dalam bimbingan dan juga pengawasan dari Pemerintah.

Cari Artikel di Sini