Banyak yang menyukai olahraga kaki ini tapi apakah Anda sudah paham mengenai pengertian sepak bola? Dalam bahasa inggris, sepak bola disebut dengan football dan di America disebut dengan soccer,jadi arti sepak bola yakni menendang dengan kaki atau permain dan dengan barang yang berbentuk bulat dari bahan karet.

Pengertian Bola Menurut Etimologi

Pengertian bola secara etimologi atau secara bahasa, terdiri dari dua kata yakni sepak dan bola. Sepak berarti menendang dengan kaki dan bola adalah sebuah alat permainan dari karet dan berbentuk bulat. Kemudian bola tersebut dimainkan dengan cara ditendang oleh pemain.

Namun agar lebih lengkap, definisi sepak bola yakni suatu cabang olahraga dimana permainnya menggunakan bola yang berbahan kulit/ karet yang dimainkan oleh dua tim. Kemudian masing-masing tim beranggotakan 11 pemain inti dan pemain cadangan. Untuk informasi mengenai ini akan dibahas lebih lanjut. Itulah arti sepak bola.

Definisi Umum Sepak Bola

Pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara melakukan tendangan atau menendang bola kian kemari yang dilakukan oleh para pemain dengan target gawang dan bertujuan memasukkan bola ke gawang milik lawan.

Sepak bola berasal dari dua kata, yaitu sepak dan bola. Sepak artinya menendang, sedangkan bola merupakan alat permainan yang berbentuk bulat berbahan karet, kulit, dan sejenisnya. Begitulah pengertian sepak bola secara umum.

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Namun akan lebih lengkap jika kita belajar memahami pengertian sepak bola dari beberapa ahli sepak bola. Untuk itu ada beberapa ahli yang telah mendefiniskan sepak bola seperti berikut:

1. Agus Salim

Dia berpendapat bahwa sepak bola merupakan suatu cabang olahraga yang memainkan bola dengan kaki dan tujuannya agar bola masuk ke gawang lawan sebanyak mungkin. Dengan catatan tidak curang dan sesuai dengan peraturan yang berlaku atau peraturan sesuai dengan kesepakatan di bawah pihak yang berwenang.

2. Soekatamsi

Menurut ahli ini, Soekatamsi (1994:3), pengertian sepak bola yakni permainan beregu yang kemudian dilombakan. Masing-masing regu tersebut memiliki 11 anggota pemain termasuk penjaga gawang di bagian belakang.

3. Muhajir

Menurut Muhajir (2007:22), sepak bola adalah sebuah permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, dan dengan tujuan agar bola masuk ke gawang lawan serta bertahan agar gawang agar tidak dimasuki bola.

4. Luxbacher

Apa itu sepak bola? Luxbacher (2008:2) menyatakan jika sepakbola adalah sebuah permainan yang ditandingkan antara dua tim dengan masing-masing beranggotakan 11 orang. Permainan dilakukan dengan cara mempertahankan gawang serta berusaha menjebol gawang lawan.

5. Remmy Muchtar

Apa yang dimaksud sepak bola? Remmy Muchtar (1992:27) menyebut jika sepak bola merupakan permainan yang dilakukan dengan cara pengolahan bola dan gerak tubuh dalam permainan.

Tujuan Permainan Sepak Bola

Bermain sepak bola bukan tanpa tujuan karena tujuan sepak bola yaitu memasukkan bola ke dalam gawang lawan sebanyak-banyaknya sampai menang dalam pertandingan. Berikut ini adalah beberapa tujuan bermain sepak bola yang hendak dicapai dalam permainan sepak bola;

  1. Menendang gol ke gawang lawan sebanyak-banyaknya
  2. Menahan bola untuk tidak masuk ke gawang sendiri.
  3. Kerjasama sesama tim karena permainan ini merupakan permainan kolektif.
  4. Membangun dan menjaga sportifitas satu dan yang lain agar tercipta permainan yang adil.
  5. Menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar
  6. Meraih prestasi dalam dunia sepak bola

Sejarah Singkat Sepak Bola

Dari berbagai sumber yang ada, sepak bola dikenal lebih dulu di Tiongkok sejak abad ke 2 dan ke 3 Sebelum Masehi. DI abad tersebut Tiongkok dipimpin oleh Dinasti Han dan orang Tiongkok dengan bola kulit dan menendangnya ke dalam jaring kecil. Selain itu, permainan bola juga sudah populer di berbagai negara seperti Yunani, Jepang dan Roma. Motif utama mereka bermain adalah semata untuk bersenang-senang.

Kemudian lahir sepak bola modern yang dimulai di Inggris dengan munculnya beragam peraturan dasar hingga olahraga ini menjadi semakin terkenal. Namun, kendati kemudian sempat dilarang karena dianggap mengandung kekerasan, olahraga ini alih-alih justru semakin dikenal di masyarakat dunia.

Kemudian pada tahun 1904, sebuah persatuan sepak bola terbentuk yakni FIFA (Fédération Internationale de Football Association). FIFA merupakan sebuah badan pengendali internasional sepak bola yang resmi terbentuk pada 21 Mei 1904 di Paris, Perancis.

Selanjutnya, sepak bola menjadi olahraga yang selalu digelar sebagai sebuah pertandingan antara negara untuk mendapatkan Piala Dunia. Pertandingan sepak bola internasional untuk memperebutkan Piala Dunia pertama kali diselenggarakan di tahun 1930 di Uruguay sekaligus dimenangkan oleh tuan rumah.

Materi Sepak Bola

1. Teknik Dasar Sepak Bola

Ada beberapa teknik dasar yang digunakan oleh para pemain bola, diantaranya adalah :

  1. Teknik menendang bola.
  2. Teknik menghentikan bola.
  3. Teknik menggiring bola, dan
  4. Teknik menyundul bola.

Dalam teknik menendang bola, tentu saja menggunakan kaki. Teknik merupakan teknik kunci dan faktor dominan dalam sebuah permainan sepak bola. Teknik menendang bola dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar, dan teknik menendang bola menggunakan kaki bagian punggung.

Dalam teknik menghentikan bola pun terdapat beberapa macam, yaitu teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, kaki bagian punggung, telapak kaki, kaki bagian paha, dada dan perut, serta menggunakan kepala. Pelaksanaan teknik ini pada dasarnya sama dengan teknik menendang bola.

Teknik menggiring bola yaitu mendorong bola ke depan secara pelan dengan variasi ke samping sembari berlari hingga bola bergulir di tanah namun tetap dalam penguasaan pemain.

Teknik ini dilakukan menggunakan kaki bagian dalam, bagian luar, kaki bagian punggung, maupun kaki kiri dan kanan secara bergantian. Adapun teknik menyundul bola merupakan gerakan mendorong bola menggunakan kepala khususnya dahi saat bola berada di udara atau dalam posisi melayang.

2. Aturan Sepak Bola

Sepak bola dimainkan oleh dua buah regu dengan masing-masing 11 pemain yang terdiri dari 10 pemain sebagai penyerang dan seorang penjaga gawang.

Permainan ini dilakukan dalam waktu 2 x45 menit dan dipimpin oleh seorang wasit dibantu 2 orang hakim garis. Tujuan dari permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin dengan tetap memperhatikan aturan main. Berikut deskripsi aturan sepak bola lebih lanjut.

3. Jumlah Pemain Sepak Bola

Jumlah pemain sepak bola berjumlah 11 orang dengan masing-masing posisi yakni 4pemain bertahan, 1 penjaga gawang, 2-5 pemain tengah, dan 1-3 penyerang.masing-masing biasanya memiliki seorang kapten yang bertugas agar timnya tetap solid. Tugas-tugas dari masing-masing posisi pemain tersebut adalah:

  • Penjaga gawang ataukeepermemiliki tugas untuk menjaga gawang agar tidak kemasukan bola.
  • Pemain bertahan atau backmemiliki tugas untuk menghalau lawan untuk tidak masuk ke area pertahanan.
  • Pemain tengah/ gelandang atau disebut juga sebagai midfielderatau playmaker memiliki tugas untuk mengatur permainan timnya.
  • Pemain sayap atau winger merupakan pemain yang bertugas untuk menjaga agar permainan bisa dikendalikan kiri atau kanan lapangan.
  • Penyerang atau disebut dengan strikermerupakan pemain yang bertugas untuk memasukkan goal ke gawang lawan.

4. Ukuran Lapangan Sepak Bola

gambar lapangan bola ukuran

gambar lapangan bola ukuran (catatanaffan08.blogspot.com)

Lapangan sepak bola memiliki ukuran resmi misalnya permainan sepak bola dilakukan di sebuah lapangan berumput. Kemudian pada bagian sisi lapangan ada garis pembatas antara bagian dalam dan luar lapangan. Dalam skala internasional standar sebuah lapangan seperti berikut:

  1. Panjang 100 – 120 meter
  2. Lebar 65 – 75 meter
  3. Lebar gawang 7,32 meter
  4. Tinggi gawang 2,44 meter

Sementara itu, kotak penalti berada di sekitar gawang dimana penjaga gawang atau kiper boleh juga menangkap bola tersebut  dengan tangannya. Selain itu, kotak penalti juga merupakan area untuk tendangan pinalti apabila pemain sedang bertahan khususnya pelanggaran terhadap lawan.

5. Durasi Permainan Sepak Bola

Lama permainan sepak bola sesuai dengan standar internasional yaitu 2 x 45 menit (2 babak). Namun, dalam hal ini terdapat wasit yang memiliki hak untuk memimpin pertandingan dan memberikan tambahan waktu jika dibutuhkan. Tambahan waktu biasanya sekitar 1-5 menit untuk setiap babak.

Sebagai catatan, untuk pertandingan tertentu terdapat sistem gugur jika dalam dua babak pertandingan kedua tim  belum ada yang saling mengungguli atau dalam posisi imbang. Jika hal tersebut terjadi, maka tambahan waktu biasanya 2×15 menit. Namun, jika perpanjangan waktu tersebut juga belum menentukan hasil maka akan dilakukan adu pinalti hingga salah satu tim menang.

Begitulah pengertian sepak bola dan berbagai aturan permainan yang berlaku di dunia internasional. Kalian yang menyukai permainan sepak bola tentu sudah paham bagaimana aturan mainnya namun artikel ini akan membantu untuk memahami permainan lebih mendalam. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini