Pengertian Sepak Bola adalah: Teknik Dasar dan Peraturannya

Definisi Umum Sepak Bola

Pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara melakukan tendangan atau menendang bola kian kemari yang dilakukan oleh para pemain dengan target gawang dan bertujuan memasukkan bola ke gawang milik lawan.

Sepak bola berasal dari dua kata, yaitu sepak dan bola. Sepak artinya menendang, sedangkan bola merupakan alat permainan yang berbentuk bulat berbahan karet, kulit, dan sejenisnya.

Teknik Dasar Sepak Bola

Ada beberapa teknik dasar yang digunakan oleh para pemain bola, diantaranya adalah :

  1. Teknik menendang bola.
  2. Teknik menghentikan bola.
  3. Teknik menggiring bola, dan
  4. Teknik menyundul bola.

Dalam teknik menendang bola, tentu saja menggunakan kaki. Teknik merupakan teknik kunci dan faktor dominan dalam sebuah permainan sepak bola. Teknik menendang bola dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar, dan teknik menendang bola menggunakan kaki bagian punggung.

Dalam teknik menghentikan bola pun terdapat beberapa macam, yaitu teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, kaki bagian punggung, telapak kaki, kaki bagian paha, dada dan perut, serta menggunakan kepala. Pelaksanaan teknik ini pada dasarnya sama dengan teknik menendang bola.

Teknik menggiring bola yaitu mendorong bola ke depan secara pelan dengan varasi ke samping sembari berlari hingga bola bergulir di tanah namun tetap dalam penguasaan pemain.

Teknik ini dilakukan menggunakan kaki bagian dalam, bagian luar, kaki bagian punggung, maupun kaki kiri dan kanan secara bergantian. Adapun teknik menyundul bola merupakan gerakan mendorong bola menggunakan kepala khususnya dahi saat bola berada di udara atau dalam posisi melayang.

Aturan Sepak Bola

Sepak bola dimainkan oleh dua buah regu dengan masing-masing 11 pemain yang terdiri dari 10 pemain sebagai penyerang dan seorang penjaga gawang.

Permainan ini dilakukan dalam waktu 2 x45 menit dan dipimpin oleh seorang wasit dibantu 2 orang hakim garis. Tujuan dari permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin dengan tetap memperhatikan aturan main.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: