Pengertian seni rupa adalah sebuah cabang seni yang menghasilkan karya yang bisa diraba dan dilihat oleh mata. Seni rupa merupakan olahan karya seni dari unsur garis, titik, bidang, volume, bentuk, tekstur, warna dan efek pencahayaan. Secara sederhananya, seni rupa merupakan hasil karya gambar atau visual.

Pengertian  Seni Rupa Secara Umum

Seni adalah sesuatu yang indah atau bermakna indah menggunakan keterampilan dan imajinasi. Definisi dan nilai yang dirasakan dari karya seni telah berubah sepanjang sejarah dan dalam budaya yang berbeda.

Seni adalah beragam aktivitas manusia dalam menciptakan visual, auditori atau melakukan artefak (karya seni). Seni sama halnya mengekspresikan imajinasi , ide-ide konseptual, atau keterampilan teknis  untuk dihargai karena keindahan atau kekuatan emosional mereka. Dalam bentuknya yang paling umum, kegiatan-kegiatan ini mencakup produksi karya.

Pengertian Seni Rupa Menurut Ahli

Adapun pengertian seni menurut pendapat para ahli adalah :

1. El Greco, 1541-1614

Seni ada di mana-mana ketika Anda mencarinya; memuji bintang-bintang yang berkelap-kelip karena mereka adalah cipratan dari Tuhan.

2. Johann Wolfgang von Goethe, 1749-1832

Seni adalah mediator yang tak terkatakan.

3. Honore de Balzac, 1799-1850

Apa itu seni? Alam terkonsentrasi.

4. Paul Cezanne, 1839-1906

Seni adalah harmoni yang paralel dengan alam.

5. Emile Zola, 1840-1929

Sebuah karya seni adalah sudut alam yang terlihat melalui temperamen.”

Pengertian Seni Rupa Menurut Etimologi

Istilah “seni” menurut etimologi sendiri terkait dengan kata Latin “ars” yang berarti, seni, keterampilan, atau kerajinan. Penggunaan kata seni yang diketahui pertama kali berasal dari manuskrip abad ke-13. Namun, kata seni dan banyak variannya (artem, eart, dll.) Mungkin sudah ada sejak berdirinya Roma.

Definisi seni telah diperdebatkan selama berabad-abad di antara para filsuf. “Apa itu seni?” Adalah pertanyaan paling mendasar dalam filsafat estetika, yang benar-benar berarti, “bagaimana kita menentukan apa yang didefinisikan sebagai seni?”

Pertanyaan itu menyiratkan dua sub teks: hakikat seni, dan kepentingan sosialnya (atau kurang dari itu). Definisi seni secara umum telah jatuh ke dalam tiga kategori: representasi, ekspresi, dan bentuk.

Jenis-jenis Seni Rupa

Secara umum, seni rupa dibagi menjadi dua bagian yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Lalu menurut bentuknya, seni rupa dibagi menjadi seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi.

Seni Rupa Murni

Pengertian seni rupa murni adalah salah satu cabang seni rupa yang menciptakan karya yang berfungsi hanya untuk sekedar dinikmati keindahannya.

Seni rupa murni merupakan salah satu cabang dari seni rupa. Dilihat dari nilai estetikanya, cabang seni rupa ini dianggap paling unggul. Hal ini disebabkan dalam proses pembuatan seni rupa murni tidak memperdulikan nilai-nilai dan faktor praktis dari hasil karya seni ini.

Dalam seni rupa murni ini, fungsi hasil karyanya hanyalah untuk dinikmati keindahannya dan sebagai sarana hiburan saja. Dengan demikian, seni rupa murni dapat dikatakan memiliki nilai estetika yang tinggi.

Dalam pembuatan karya seni rupa murni ini, para seniman tidak memperdulikan fungsi dari hasil karya tangan mereka tersebut. Dikarenakan tidak mempertimbangkan fungsinya, hasil karya seni rupa yang satu ini lebih bebas dalam menuangkan ide-idenya.

Contoh seni rupa murni

Seni rupa murni merupakan salah satu cabang dari seni rupa. Dalam seni rupa murni terdapat hasil karya-karya seni yang telah diciptakan. Berikut ini contoh dari karya seni rupa murni:

1. Patung

Patung merupakan karya seni rupa murni 3 dimensi. Karya seni patung ini dibuat dengan teknik dan menggunakan alat tertentu sesuai keinginan pembuatnya.

Bahan bahan yang dapat dijadikan patung antara lain tanah, logam, batu alam, dan lain-lainnya. Dilihat dari cara membuatnya yang sesuai dengan pengertian seni rupa murni, maka patung dimasukkan kedalam salah satu hasil karyanya.

2. Lukisan

Lukisan merupakan seni rupa murni 2 dimensi. Media untuk karya seni ini adalah media lukis, yaitu kertas, kanvas, dan sebagainya. Untuk melukis, biasanya menggunakan alat lukis berupa pensil, cat, dan alat lukis lainnya..

3. Grafis

Pengertian seni rupa murni Grafis merupakan seni rupa murni dua dimensi yang berupa tulisan dan gambar serta bisa juga gabungan dari keduanya.

Dalam pembuatan karya seni grafis, biasanya menggunakan teknik cetak yang canggih maupun yang konvensional. Seniman seni grafis dituntut kreatif untuk menciptakan berbagai model dari tulisan dan gambar yang menarik, sehingga merupakan hasil karya seni yang memiliki nilai keindahan yang tinggi.

Seni Rupa Terapan

Dari pengertian seni rupa, kita juga bisa membedakannya menjadi seni rupa terapan. Untuk jenis seni rupa terapan lebih mengutamakan fungsi dari karya tersebut. Walaupun begitu tetap mengedepankan keindahan yang bagus. Contoh karya seni terapan antara lain seni arsitektur dan seni kriya.

Untuk seni arsitektur digunakan dalam merancang sebuah bangunan. Sehingga lebih mengutamakan kegunaan dari bangunan tersebut dibandingkan nilai estetikanya. Indonesia termasuk negara yang memiliki seni rupa terapan arsitektur yang banyak sekali. Seperti candi-candi yang ada di indonesia.

Untuk seni kriya terjadi karena adanya hasil kebudayaan untuk sebuah lingkungan atau diri karyawan. Contohnya keramik, loham, kriya kayu kulit, gerabah dan lain sebagainya.

Definisi Umum Seni Rupa 2 Dimensi

Pengertian seni rupa 2 dimensi adalah sebuah karya seni rupa yang mempunyai batas dua sisi, yaitu sisi panjang dan sisi lebar. Karya seni rupa 2 dimensi ini tidak mempunyai ruang karena tidak ada unsur ketebalan ataupun ketinggian. Hasil dari seni ini hanya dapat dinikmati pada satu sisi saja.

Selain seni rupa 2 dimensi, ada juga seni rupa 3 dimensi yang merupakan kebalikan dari seni rupa 2 dimensi. Dalam seni rupa 3 dimensi, terdapat unsur panjang, lebar, dan juga tinggi sehingga menghasilkan sebuah ruang.

Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

Terdapat beberapa teknik yang biasa dipakai dalam pembuatan seni rupa 2 dimensi, yaitu :

1. Teknik plakat

Biasanya dipakai dalam lukisan. Teknik ini mengandalkan cat poster atau cat minyak yang menghasilkan warna padat dan pekat.

2. Teknik kolase

Dilakukan dengan cara memotong kertas lalu menempelkannya pada objek tertentu sehingga menghasilkan sebuah lukisan. Teknik ini menghasilkan lukisan yang realis atau abstrak.

3. Teknik transparan

Menggunakan media cat air yang digoreskan tipis-tipis sehingga menghasilkan tekstur transparan.

4. Teknik 3M (melipat, menggunting, dan merekat)

Teknik ini merupakan manipulasi lembaran-lembaran kertas yang dirangkai sedemikian rupa membentuk sebuah bentuk karya seni 3 dimensi.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Ada banyak sekali contoh seni rupa 2 dimensi yang bisa anda temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti :

1. Seni grafis

Seni grafis pada dasarnya adalah cabang seni rupa yang membutuhkan alat bantu. Seni ini dibuat menggunakan teknik cetak dan teknik seni rupa 2 dimensi. Salah satu contoh seni grafis adalah fotografi di mana anda membutuhkan media berupa kamera yang menghasilkan sebuah karya seni yang dapat dinikmati oleh banyak orang.

2. Lukisan

Lukisan merupakan karya seni rupa 2 dimensi pada sebuah permukaan misalnya kanvas, dinding, atau kertas. Proses pembuatannya cukup mudah, dengan memulaskan cat dengan kuas, pisau palet, atau peralatan lainnya pada permukaan media yang tersedia.

3. Kaligrafi

Kaligrafi adalah seni artistik tulisan tangan bahasa Arab. Kaligrafi bisa disebut sebagai salah satu bentuk gabungan ekspresi seni dalam konteks agama dan budaya Islam.

Dari penjelasan diatas, kita akan lebih paham tentang pengertian seni rupa itu sendiri. sekian artikel kali ini. semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Prinsip Seni Rupa

Prinsip-prinsip seni rupa sendiri adalah mekanisme pengaturan dan organisasi untuk berbagai elemen desain dalam karya seni. Namun pada dasarnya prinsip seni rupa adalah :

  1. Harmoni
  2. Keseimbangan
  3. Proporsi
  4. Dominasi / Penekanan
  5. Variasi
  6. Gerakan
  7. Irama

Aliran Seni Rupa

Ada beberapa aliran “seni modern” yang paling berpengaruh di antaranya adalah

  1. Impresionisme
  2. Fauvisme
  3. Kubisme
  4. Futurisme
  5. Ekspresionisme;
  6. Dada
  7. Surealisme
  8. Abstrak Ekspresionisme
  9. Pop art

Fungsi Seni Rupa

Ada beberapa tujuan dari hadirnya seni rupadi antaranya adalah :

1. Tujuan sosial

Seni dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran sosial.

2. Seni sebagai “zona bebas”

Seni adalah tempat untuk berekspresi.

3. Seni sebagai hiburan

Seni dapat berupaya menghadirkan emosi atau suasana hati tertentu, untuk tujuan menenangkan atau menghibur penonton.

Contoh Seni Rupa

Contoh seni rupa sendiri seperti lukisan atau patung, contoh lainnya adalah :

  1. Sebuah objek yang telah dirancang khusus untuk daya tarik estetika, seperti perhiasan
  2. Sebuah objek yang telah dirancang untuk daya tarik estetika seperti dalam desain interior dan banyak seni rakyat
  3. Sebuah objek yang diciptakan karena alasan fungsional yang kemudian dihargai sebagai seni (seringkali kemudian, atau oleh orang luar budaya)
  4. Foto, film, atau program komputer visual tidak sesaat, seperti video game atau animasi komputer.

Pameran Seni Rupa

Pameran seni rupa adalah ruang di mana benda-benda seni dipajang. Pameran seni dipahami sebagai pertunjukan karya seni. Pameran seni Eksposisi semacam itu dapat menampilkan gambar, gambar, video, suara, instalasi, pertunjukan, seni interaktif, seni media baru atau patung oleh seniman individu, kelompok seniman atau koleksi bentuk seni tertentu.

Karya seni dapat ditampilkan di museum, ruang seni, klub seni atau galeri seni pribadi atau di beberapa tempat bisnis utama yang bukan tampilan atau penjualan seni, seperti kedai kopi.

Pameran seni rupa umumnya diselenggarakan pada acara tertentu, seperti ulang tahun, peringatan, atau acara apapun. Anda ingin melihat berbagai macam hiasan seni rupa? Kunjungi saja pemerannya!

Cari Artikel di Sini