Pengertian seni musik perlu diketahui untuk mengetahui secara jelas hal-hal mendasar mengenai musik, meliputi unsur, fungsi dan juga pendapat para ahli. Seni musik terus mengalami perkembangan dari masa ke masa sehingga dasar-dasarnya perlu untuk diketahui. Agar lebih jelas, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Musik Secara Umum

Secara umum definisi seni musik adalah cabang seni yang mengungkapkan ekspresi jiwa menggunakan musik. Sedangkan musik itu sendiri adalah seni yang menggunakan suara yang mengandung nada yang indah berupa Irama lagu musik juga tidak terlihat wujudnya tapi bisa dirasakan.

Arti seni musik adalah sebuah cabang seni yang fokus dalam menggunakan melodi, irama, tempo, harmoni, dan juga vocal yang kemudian berperan sebagai sarana dalam menuangkan perasaan penciptanya. Seni musik ini bisa bertambah dan juga berganti seiring dengan  berjalannya waktu.

Pengertian Seni Musik Menurut Etimologi

Untuk memahami apa yang dimaksud seni musik secara lebih mendalam, maka harus diketahui secara dasar yakni dari asal katanya ataupun secara etimologi nya.

Seni musik sendiri berasal dari kata musik yaitu bahasa Inggris “music” selain itu, juga berasal dari bahasa Yunani yaitu “mousike” yang lebih merujuk pada semua seni yang dipimpin oleh muses. Sama halnya dengan seni musik dan puisi. Selain itu di Roma kata ars musica juga digunakan untuk istilah instrumen musik.

Secara lebih singkat arti seni musik adalah hasil cipta yang digunakan sebagai bentuk pengungkapan perasaan dan juga emosi yang dituangkan dalam bentuk suara maupun audio. Hal ini dilakukan dengan memperhatikan unsur-unsur nya sehingga bisa menghasilkan nada yang indah untuk didengarkan seni musik ini juga termasuk dalam cabang seni di dalam audio.

Dalam Wikipedia dijelaskan apa itu seni musik. Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga bisa mengandung lagu, nada, irama dan juga keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan melalui alat-alat musik.

Meskipun musik adalah sejenis fenomena intuisi untuk mencipta memperbaiki dan juga mempersembahkannya di dalam bentuk seni. Mendengar musik adalah jenis hiburan. Musik juga termasuk fenomena yang unik yang bisa dihasilkan oleh alat musik.

Pengertian Musik Menurut Para Ahli

Beberapa ahli mengutarakan pendapatnya tentang pengertian seni musik yaitu sebagai berikut:

1. Jamalus

Jamalus menyatakan bahwa seni musik adalah karya seni yang menghasilkan bunyi dalam bentuk lagu yang mampu menunjukkan ekspresi pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik seperti melodi Harmoni

2. Exicographer

Exicographer berpendapat bahwa seni musik adalah ilmu dan seni dari Persatuan ritmis nada-nada vokal instrumental yang melibatkan melodi dan harmoni dalam suatu emosional.

3. Adjie Esa Putra

Adjie Esa Putra mengatakan bahwa seni musik ialah sebuah bunyi yang teratur bukan hanya bersifat normal moral informatif saja melainkan juga diakui selaras berdasarkan pada perhitungan para ilmu fisika. Aristoteles mengatakan bahwa seni musik ialah curahan kemampuan tenaga penggambaran yang asalnya dari gerakan rasa dalam satu rentetan nada atau melodi yang mempunyai irama.

4. Banoe

Banoe mengatakan bahwa musik berasal dari nama dewa Muse yang mana, dewa ini mempunyai cabang seni dan ilmu pengetahuan. Selain itu Banoe juga berpendapat bahwa pengertian seni musik ialah cabang seni yang menjelaskan tentang berbagai macam suara dalam pola yang bisa dipahami oleh manusia.

5. David Ewen

David Ewen juga mengemukakan bahwa seni musik ialah pengetahuan serta seni mengenai kontribusi kombinasi ritmik dan beberapa nada baik itu instrumental maupun vokal yang mencakup melodi dan juga harmoni. Sebagai ekspresi dalam diri, segala sesuatu yang menginginkan diungkapkan terlebih lagi dalam hal emosional.

6. Dello Joio

Dello Joio mengungkapkan bahwa  pengenalan terhadap musik akan meningkatkan suatu rasa penghargaan akan nilai seni selain akan menyadari akan dimensi lain dari sebuah kenyataan yang ada tersembunyi.

Unsur Seni Musik

Ada beberapa unsur dalam musik, yaitu:

1. Melodi

Melodi merupakan ikatan yang menandakan tinggi rendah maupun Panjang pendeknya nada dalam musik. Dalam musik, melodi akan terdengar seperti nada yang bergerak menuju puncak dan kemudian kembali pada kondisi awal. Melodi sendiri terdiri dari durasi, pitch, dan tone yang bisa disebut juga dengan timbre.

Timbre atau warna suara adalah suatu hal yang dapat mengatur serangkaian not dan dilambangkan dengan alfabet A sampai G. Not-not itu menjadi melodi dalam selang waktu tertentu yang disebut dengan durasi dan bisa dihasilkan dari berbagai macam alat musik.

Dengan warna suara yang berbeda-beda pula, irama atau ritme  adalah rangkaian gerak yang beraturan dan menjadi unsur dasar dari sebuah musik.

2. Ritme

Ritme berbentuk dari Pengulangan bunyi panjang pendek kata dalam sebuah lagu maupun karena adanya pergantian tekanan kata kata di dalam syair sebuah lagu.

Secara sederhananya, Irama ini bisa diartikan sebagai penentu ketukan di dalam musik. Cara merasakan adanya ritme yaitu dengan mendengarkan lagu secara berulang-ulang. Ritme akan melekat di benak penikmat musik tersebut.

3. Birama

Birama ialah suatu unsur seni musik yang berupa ketukan maupun ayunan secara berulang-ulang dan datang secara teratur dalam waktu yang sama biar lama pada umumnya ditulis dengan angka pecahan seperti 2/3 3/4 2/4 dan juga seterusnya.

4. Tangga nada

Tangga nada adalah urutan nada yang disusun hingga membentuk tangga nada.tangga nada dibagi menjadi dua, yaitu tangga nada pentatonik dan tangga nada diatonik tangga diatonis ialah tangga nada yang terdiri atas tujuh nada dan dua jenis cara yaitu 1/2 dan 1.

Sedangkan untuk tangga pentatonik merupakan tangga nada yang terdiri dari lima nada pokok suatu tangga nada sudah dipastikan mempunyai suatu nada dasar yang diikuti oleh nada-nada lain yang bisa lebih tinggi maupun lebih rendah. Dengan pola interval yang tertentu .

5. Harmoni

Harmoni yaitu keselarasan paduan bunyi secara teknis. Harmoni ini meliputi peranan susunan dan juga hubungan dari sebuah paduan bunyi yang berbentuk keseluruhan. Harmoni mempunyai elemen interval dan cuka akor.

Interval adalah susunan tiga nada apabila dibunyikan secara serentak akan terdengar harmonis sedangkan akor akan mengiringi sebuah melodi. Tanpa akor maka musik akan kehilangan separuh nyawa dan tidak akan terdengar harmonis.

6. Tempo

Tempo adalah ukuran kecepatan birama lagu, semakin cepat suatu lagu dimainkan maka bisa dikatakan bahwa nilai tempo dari lagu tersebut semakin tinggi unsur tempo dalam seni musik digolongkan menjadi 8 yaitu Largo (Lambat Sekali), Lento (Lebih Lambat), Adagio (Lambat), Andante (Sedang), Moderato (sedang Agak Cepat), Allegro (Cepat), Vivace (Lebih Cepat), dan Presto (Cepat Sekali).

7. Dinamika

Dinamika dalam seni musik memainkan sebuah nada dengan volume yang lembut dan juga nyaring. Keadaan nyaring tersebut mempunyai istilah tersendiri dalam permainan seni musik.

8. Timbre

Timbre adalah kualitas maupun warna bunyi dalam seni musik ini sangat dipengaruhi oleh sumber bunyi dan bagaimana ia bergetar. Timbre biasanya juga akan bergantung kepada instrumen bunyi musik yang di mainkan. Timbre yang dihasilkan oleh alat musik beda-beda.

Fungsi Seni Musik

Seni musik memiliki fungsi diantaranya:

1. Sebagai sarana ekspresi diri

Musik akan mudah memberikan ekspresi ungkapan terutama perasaan para pemainnya. Selain itu nada-nada yang ada dalam musik juga bisa mewakili ekspresi yang dikeluarkan. Misalnya saja seperti perasaan sedih, maka nada yang dibunyikan adalah nada yang bertempo lambat dan juga halus.

Sebagai sarana hiburan. Seni musik juga merupakan pilihan yang tepat untuk sarana hiburan bahkan tiap orang memerlukan musik untuk menjaga mood nya agar tetap stabil. Meski demikian, harus diingat juga bahwa musik juga bisa melalaikan si pendengarnya dari aktivitas sehari-harinya sehingga harus bijak untuk memilih waktu yang tepat dan durasi yang tepat.

2. Sarana terapi

Musik juga bisa digunakan sebagai sarana terapi dan sudah dikenal sejak perang dunia kedua saat itu untuk mengobati para korban. Bahkan sampai sekarang, musik juga masih digunakan untuk terapi.

3. Sebagai sarana upacara

Di mana di Indonesia sendiri dengan keragaman budaya maka seni musik digunakan sebagai pengiring ketika melaksanakan tradisi-tradisi yang ada. Selanjutnya adalah sarana komersial, di mana para para seniman ataupun musisi seni musik dijadikan salah satu sumber mata pencaharian.

Mereka akan merekam karya seninya melalui sebuah kaset maupun CD yang kemudian dijual ke pasaran. Hasil penjualan inilah yang akan menjadi penghasilan sehari-hari mereka. Dari hobi menjadi pekerjaan. Selanjutnya adalah sarana tari. Tentu saja kita mengetahui bahwa setiap tarian memerlukan iringan musik.

Dengan begitu, musik menjadi erat hubungannya jika digabungkan dengan seni musik. Keduanya mempunyai kesamaan pola dan juga ritme satu sama lain. Suatu tarian tanpa adanya musik tentu akan hampa.

Demikianlah informasi mengenai pengertian seni musik, mulai dari pengertian secara umum, pengertian menurut ahli, unsur-unsurnya dan fungsi seni musik itu sendiri. Semoga bisa menambah wawasan.

Cari Artikel di Sini