Daftar Isi

Definisi Umum Repeater

Pengertian repeater adalah sebuah perangkat yang mempunyai fungsi menerima sinyal berisikan data dalam sebuah jaringan. Melalui repeater, diharapkan jangkauan jaringan tersebut akan menjadi lebih luas.

Repeater akan bekerja dengan cara menerima sinyal untuk kemudian memancarkannya kembali dengan gelombang yang identik dengan sinyal asal namun menggunakan cara yang sedikit berbeda. Pada umumnya, sebuah repeater memancarkan kembali sinyal tersebut dalam suatu frekuensi yang beda dari frekuensi sinyal asalnya.

Fungsi utama repeater adalah memperluas jangkauan jaringan wifi, maka dari itu repeater biasa disebut sebagai wifi extender. Selain itu, ada juga teknisi jaringan yang menyebut repeater sebagai wifi booster.

Tipe-Tipe Repeater

Repeater yang beredar di pasaran terdiri dari beberapa tipe, yaitu telephone repeater, optical communications repeater, dan radio repeater. Masing-masing tipe repeater tesebut mempunyai fungsi yang spesifik sesuai dengan peruntukannya. Adapun penjelasannya akan diulas pada paragraf dibawah ini :

  1. Telephone repeater, menggunakan saluran telephone. Pada saluran kabel yang ada pada sebuah telephone, biasanya sinyal akan terdegradasi karena jarak tempuh yang cukup jauh. Maka dari itu dibutuhkan repeater agar sinyal yang diterima user menjadi jelas.
  2. Optical Communications repeater, yang berfungsi memperkuat jangkauan sinyal yang ada dalam suatu kabel serat optik (fiber optic cable).
  3. Radio repeater, berfungsi memperkuat jangkauan sinyal radio yang apda umumnya mempunyai satu buah antena yang berfungsi sebagai receiver sekaligus transmitter.

Fungsi Repeater

Repeater mempunyai fungsi untuk memperluas jangkauan jaringan wifi sebagaimana telah berkali-kali disebutkan pada paragraf sebelumnya. Hardware pada repeater telah diprogram untuk dapat menerima sinyal wifi dari sebuah transmitter untuk kemudian diperkuat. Setelah sinyal diperkuat, repeater akan menyebarkan kembali sinyal tersebut demi mendapatkan jangkauan wifi yang lebih luas.

Cara Kerja Repeater

Pada dasarnya, repeater mempunyai dua komponen, yaitu komponen yang bertugas menerima data sinyal dari transmitter dan komponen yang berfungsi memancarkan kembali data sinyal tersebut.

Sebelum data sinyal dipancarkan kembali, hardware pada repeater biasanya akan melakukan perubahan frekuensi agar sinyal data yang dipancarkan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Dengan demikian, sinyal pun akan dipancarkan kembali dengan lebih kuat dan tentunya dengan jarak jangkauan yang juga lebih luas.

Cari Artikel di Sini