Daftar Isi

Definisi Umum Relasi

Pengertian relasi adalah suatu hubungan, perhubungan, pertalian, atau pelayanan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Selain artian relasi dalam hal umum, kita juga dapat menemukan istilah relasi dalam rumus matematika.

Relasi dalam matematika berarti suatu himpunan bagian antara A (domain) dan B (kodomain) atau sebuah relasi yang memasangkan setiap elemen yang ada pada himpunan A secara tunggal dengan eleman yang ada pada B.

Contoh dari relasi dalam matematika adalah, misalnya suatu relasi (biner) F dari himpunan A ke himpunan B merupakan suatu perkawanan elemen-elemen di A dengan elemen-elemen di B, maka dapat didefinisikan sebagai suatu fungsi dari himpunan A ke himpunan B adalah suatu relasi yang membuat pasangan setiap elemen dari himpunan A secara tunggal dengan elemen yang ada pada himpunan B.

Relasi dalam Matematika

Dalam ilmu matematika, relasi dapat dituliskan dalam beberapa bentuk seperti diagram panah, diagram cartesius, dan himpunan pasangan berurutan. Dari ketiga bentuk relasi tersebut, biasanya kita akan sering menjumpai diagram panah dan himpunan pasangan berurutan.

Secara visualisasi, diagram panah terlihat lebih menarik dan lebih mudah dibaca dibandingkan dengan himpunan pasangan berurutan yang didominasi oleh kumpulan kata-kata. Dalam diagram panah, telah disusun sedemikian rupa dan diperjelas menggunakan tanda anak panah.

Contoh Soal Relasi

Berikut ini kami sajikan sebuah contoh soal yang biasanya dikeluarkan saat anda mempelajari ilmu matematika, khususnya dalam bab relasi atau statistika. Diketahui A+{1,2,3,4} dan B={1,2,3,4,5,6,7,8}. Sebuah fungsi f: A-> B ditentukan oleh f(x) + 2x-1.

Maka gambarlah fungsi f dengan diagram panah, tentukan range fungsi f, dan gambarlah grafik fungsi f. Bagi orang yang belum pernah menemui dan belajar tentang relasi dalam matematika, tentu tidak akan mudah mengerjakan soal tersebut. Bahkan mungkin menangkap maksud dari soal tersebut pun cukup sulit.

Untuk itu anda perlu benar-benar teliti dan paham tentang fungsi relasi berikut cara penyelesainnya dalam mempelajari bab relasi yang ada dalam ilmu matematika dan ilmu eksak lainnya. Sebuah relasi yang dikerjakan tanpa adanya ketelitian yang cukup, maka akan mengacaukan jenis data lainnya dan menimbulkan sebuah kerancuan.

Cari Artikel di Sini