Definisi Umum Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan jangka panjang dalam kemampuan sebuah negara untuk menyediakan berbagai macam jenis barang-barang ekonomi pada penduduknya dimana kemampuan ini tumbuh sesuai dengan kemajuan teknologi dan sesuai dengan kelembagaan serta ideologi yang diperlukannya.

Pengertian pertumbuhan ekonomi mempunyai tiga komponen utama. Pertama, pertumbuhan ekonomi suatu negara dilihat dari meningkatnya terus menerus persediaan barang.

Kedua, teknologi maju merupakan faktor dalam pertumbuhan ekonomi yang menentukan derajat pertumbuhan kemampuan dalam penyediaan barang. Ketiga, penggunaan teknologi secara luas dan efisien memerlukan suatu penyesuaian di bidang kelembagaan dan ideologi sehingga inovasi yang dihasilkan bisa dimanfaatkan dengan tepat.

Faktor-Faktor Pertumbuhan Ekonomi

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, yaitu :

1. Barang modal

Merupakan berbagai jenis barang yang dipakai untuk memproduksi output atau barang dan jasa. Misalnya, mesin pabrik dan alat pertukangan.

2. Teknologi

Teknologi berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi karena kemajuan ekonomi suatu negara ditimbulkan dari adanya kemajuan teknologi.

3. Tenaga kerja

Tenaga kerja merupakan faktor produksi yang dominan. Penduduk yang banyak akan memperbesar jumlah tenaga kerja sehingga dapat menambah jumlah produksi.

4. Sumber daya alam

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang disediakan oleh alam, misalnya tanah, iklim, hasil hutan, dan hasil tambang yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam usaha mencapai kemakmuran.

5. Manajemen

Sistem pengelolaan perekonomian suatu negara guna menciptakan pertumbuhan ekonomi yang mumpuni tentu membutuhkan manajemen yang baik pula.

6. Kewirausahaan

Wirausahawan berperan dalam pertumbuhan ekonomi karena dibutuhkan dalam sektor investasi dan memperluas kesempatan kerja, meningkatkan output nasional, dan meningkatkan penerimaan negara berupa pajak.

7. Informasi

Informasi menunjang pertumbuhan ekonomi karena pelaku ekonomi dapat mengambil keputusan yang tepat dan cepat berdasar informasi yang akurat dan mudah diakses.

Contoh Pertumbuhan Ekonomi

Berikut ini beberapa contoh konkrit adanya pertumbuhan ekonomi di Indonesia, yaitu :

  1. Adanya pembangunan pabrik-pabrik besar dan juga pembangkit listrik.
  2. Indonesia menjalin kerjasama ekonomi dengan negara lain.
  3. Negara indonesia melakukan ekspor ke negara lain.
  4. Indonesia bergabung dengan beberapa organisasi ekonomi dunia.
  5. Beberapa produk Indonesia menjadi produk unggulan di beberapa negara tetangga.

Cari Artikel di Sini