Definisi Umum Pers

Pengertian pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memiliki, memperoleh, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, gambar dan suara, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media elektronik, media cetak dan segala jenis saluran yang tersedia. Pengertian tersebut terakomodir dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Pengertian pers menurut seorang ahli bernama Oemar Seno Adji terbagi menjadi dua, yaitu pers dalam arti sempit dan pers dalam arti luas.

Dalam arti sempit, pers berarti penyiaran gagasan, pikiran, atau berita dengan cara tertulis. Sedangkan pers dalam arti luas berarti memancarkan pikiran atau gagasan serta perasaan seseorang baik secara tertulis maupun lisan menggunakan semua jenis media komunikasi yang ada.

Fungsi dan Peran Pers

Menurut Harold D. Lasswell & Charless R. Wright, ahli komunikasi media massa, pers mempunyai fungsi :

  1. Sebagai alat pengamatan sosial.
  2. Sebagai alat korelasi sosial, dan
  3. Sebagai alat sosialisasi.

Selain itu, masih ada fungsi pers lainnya yaitu sebagai media informasi, media pendidikan, media hiburan, media kontrol sosial, dan lembaga ekonomi yang berperan cukup penting dalam kemajuan dan perkembangan ekonomi baik nasional maupun global. Selain itu, pers juga dapat berfungsi sebagai alat propaganda dan alat Pemerintah untuk melakukan kontrol terhadap warganya.

Sifat-Sifat Pers

Setiap negara tentunya mempuyai sifat pers yang berbeda satu sama lain. Perbedaan tersebut tentunya dipengaruhi oleh adanya perbedaan ideologi yang dianut oleh masing-masing negara. Beberapa sifat pers yang tersebar di beberapa negara di dunia diantaranya adalah :

  1. Liberal democration (pers demokrasi liberal).
  2. Communist press (pers komunis).
  3. Authoritarian press (pers otoriter).
  4. Freedom and Responsibility Press (pers bebas dan bertanggungjawab).
  5. Development Press (pers pembangunan), dan
  6. Five Foundation Press (pers Pancasila) yang dianut oleh Negara Indonesia.

Dari sekian banyak sifat pers tersebut, tentunya mempunyai peranan yang berbeda-beda pula yang disesuaikan dengan ideologi yang dianut oleh sebuah negara.

Cari Artikel di Sini