Pengertian Bola Voli, Bola voli adalah cabbang olah raga yang masuk kategori paling populer setelah sepak bola dan bola basket. Dalam memainkannya, pemain perlu menguasai teknik dasarnya. Selain itu memahami peraturan dari permainan ini juga sangat penting. Mari simak informasi seputar bola voli.

Pengertian Bola Voli Secara Umum

Apa itu bola voli? Bola voli adalah suatu cabang dari olahraga yang cara memainkannya harus beregu yaitu dua grup yang masing-masing berjumlah enam orang. Olahraga ini mengkhususkan para pemain untuk bisa menguasai teknik yang benar agar bisa memenangkan pertandingan.

Permainan ini bertujuan untuk melewatkan bola hingga melebihi atas net dengan target jatuh menyentuh lantai lawan. Masing-masing tim memiliki kesempatan untuk memainkan 3 kali pantulan untuk memberikan bola kembali pada saat pertandingan.

Permainan bola voli adalah salah satu cabang olahraga yang populer di Indonesia yang membutuhkan kelincahan pemain serta kerjasama tim yang baik.

Setiap pemain tentu akan melakukan suatu gerakan yang berujung pada serangan (smash) dan bertahan menghadapi serangan balik dari lawan. Dalam permainan bola voli, kesigapan dan kelincahan pemain sangat dibutuhkan agar membentuk sebuah tim bola voli yang tangguh.

Pengertian Bola Voli Menurut Etimologi

Apa yang dimaksud bola voli menurut etimologi? Adapun menurut etimologi, kata bola voli ini merupakan arti dari bahasa Inggris yaitu Volleyball. Yang dari kata itu muncul pengertian luas tentang olah raga ini. Yaitu sebuah permainan yang dimainkan oleh dua regu berbeda dengan jumlah masing-masing regu adalah 6 orang.

Nah, olah raga ini sendiri berdiri di bawah naungan dari FIVB atau Federation Internationale de Volleyball. Organisasi besar itu adalah induk organisasi internasional bola voli. Di Indonesia, olah raga ini dinaungi oleh organisasi PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia.

Pengertian Bola Voli Menurut Ahli

Ada beberapa pengertian dari Bola Voli yang dikemukakan oleh para ahli dan kelompok tertentu. Berikut adalah paparannya:

1. Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia

Apa definisi bola voli menurut kelompok ini? bola voli memiliki pengertian sebagai olah raga yang mana dimainkan oleh dua grup atau tim di sebuah lapangan bola voli yang terpisah oleh net.

2. Aip Syaifuddin & Muhadi

Menurut kedua tokoh ini, arti bola voli adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu yang setiap regu memiliki anggota sejumlah 6 orang.

Masing-masing dari regu tersebut  akan berjuang untuk bisa memukul dan juga menjatuhkan bola ke daerah lawan, yaitu melalui atas net, serta mencegah lawan melakukan serangan balik.

3. Mahfud Irsyada

Beliau beranggapan bahwa bola voli merupakan permainan berbasis regu yang tidak hanya melibatkan satu atau dua orang saja.

Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa permainan bola voli adalah seuah permainan dua regu yang jumlah anggotanya lebih dari 1 orang yang mana masing-masing harus memenangkan score dengan cara melewatkan bola ke atas net hingga jatuh di daerah lawan dengan catatan mereka tidak dapat menangkisnya.

4. Suharno

Menurut Suharno, permainan bola voli adalah olahraga yang hanya bisa dimainkan oleh regu dengan jumlah anggota 6 orang, dimainkan di lapangan yang memiliki ukuran 18 x 9 meter, dan dilakukan dengan memantulkan bola secara bergantian setiap anggotanya, serta berusaha untuk menjatuhkan bola tepat di daerah lawan.

5. Wikipedia

Apa itu bola voli? Di dalam wikipedia bahasa Indonesia, definisi dari bola voli adalah permainan olahraga yang mana dimainkan oleh dua tim yang saling berlawanan.

Sejarah Bola Voli

Nama dari olahraga ini dulunya bukan voli, tetapi Mintonette. Pada saat itu, orang yang mengemukakan olahraga ini bernama William G Morgan. Beliau adalah seorang instruktur dari pendidikan jasmani di Holyoke Massachusetts, Amerika Serikat tepatnya pada tanggal 9 Februari.

Sebenarnya, olahraga ini merupakan suatu permainan yang dibuat dengan cara mengkombinasikan beberapa macam permainan. Seperti halnya adopsi 4 karakter dari olahraga bola basket, tenis, baseball, dan juga handball.

Lalu, pada tahun 1896, nama olahraga ini (Mintonette) diganti voley ball atau dalam bahasa Indonesia berarti bola voli. Pada tahun itulah Internasional YMCA Training School pertama kali diselenggarakan.

Peraturan Bola Voli

Terdapat beberapa aturan dasar dalam permainan bola voli yang ditetapkan oleh FIVB dan PBVSI, diantaranya berkaitan dengan :

1. Ukuran lapangan Bola Voli

ukuran lapangan bola voli

ukuran lapangan bola voli (BAABUN)

Menurut FIVB, ukuran lapangan bola voli sebesar 9 x 18 meter dengan garis batas serang pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah. Untuk garis tepi lapangan haruslah berukuran 5 cm.

2. Ukuran Bola dalam Permainan  Bola Voli

ukuran bola voli

ukuran bola voli (amazon)

Bola yang digunakan harus memenuhi kriteria berbentuk bulat, terbuat dari kulit lunak ataupun bahan sintetis lainnya, memiliki diameter 65-67 cm dengan massa sekitar 260-280 gram, serta harus memiliki kombinasi warna.

3. Jumlah Pemain dalam Satu Tim pada Permainan Bola Voli

Pemaian bola voli terdiri dari dua regu yang masing-masing beranggotakan 6 orang pemain termasuk libero. Libero merupakan pemain yang keluar masuk namun tidak mempunyai hak melakukan smash terhadap bola hingga ke seberang net.

4. Pakaian Atlit Bola Voli

Setiap pemain harus menggunakan atribut berupa baju, kaos, atau jersey dengan nomor punggung atau nomor dada lengkap dengan celana pendek yang terdapat nomor serupa di bagian paha kanan, ditambah dengan kaos kaki dan sepatu.

5. Penilaian dalam Permainan  Bola Voli

Penilaian pada olahraga ini ditentukan menajdi dua kriteria, yaitu kesalahan reli dan kemenangan setiap set. Kedua kriteria tersebut mempunyai ciri masing-masing yang hanya dapat dipahami oleh mereka yang telah terlebih dulu mendapatkan edukasi penilaian permainan bola voli.

Teknik Permainan Bola Voli

Terdapat beberapa teknik permaian bola voli yang dikenal oleh para atlit dan pelatihnya, seperti teknik servis atas, teknik mengumpan bola, teknik memukul bola dengan keras (smash), dan teknik membendung bola (blocking). Kesemua teknik tersebut dipakai dalam bermain bola voli guna menghasilkan permainan bola voli yang berkualitas dan mengantarkan tim menuju ke posisi peringkat teratas.

Teknik Dasar Bola Voli

Di dalam permainan bola voli, kita mengenal istilah teknik dasar bola voli. Setiap pemain bola voli diharuskan memahami teknik dasar ini agar bisa dengan mudah memenangkan permainan.

1. Passing

Teknik Passing yaitu suatu teknik yang sangat dasar namun merupakan bagian paling utama dari permainan ini. Kemudian, setelah pemain memperoleh bola bola voli, maka ia harus mengumpankan kepada teman setim atau secara langsung memberikan tembakan ke area kosong untuk mendapatkan poin. Teknik passing ini masih dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu passing bawah dan passing atas. Berikut adalah penjelasannya:

a. Passing Bawah

Passing Bawah merupakan situasi ketika pemain menerima bola tepat di bawah kepala. Passing ini berfungsi untuk menerima bola servis yang diperoleh dari lawan, dan passing juga disebut sebagai penerimaan bola pertama yang nantinya akan diarahkan kepada seseorang yang berdiri di tengah.

b. Passing Atas

Passing atas adalah situasi ketika pemain menerima bola tepat di atas kepala. Teknik ini umumnya dilakukan oleh pemain tengah dan merupakan sentuhan kedua. Teknik ini biasanya digunakan untuk menerima servis dari lawan jika pemain tidak bisa menggunakan passing bawah.

2. Servis

Istilah servis sudah sangat familiar bagi Anda, bukan? Servis sendiri merupakan pukulan pertama dari permainan voli untuk mengawali pertandingan. Servis pada bola voli ini dibagi menjadi 4, yaitu servis lompat, servis atas, servis bawah, dan servis samping.

3. Blocking

Teknik berikutnya adalah teknik blocking. Teknik ini berfungsi untuk menahan smash yang diluncurkan oleh pihak lawan. Selain bisa digunakan untuk menangkis smash, blocking juga biasa dilakukan untuk menjatuhkan bola tepat ke daerah lawan, caranya dengan mengembalikan smash yang dilontarkan lawan.

4. Smash

Teknik dasar bola voli terakhir adalah smash. Apa itu Smash? Smash merupakan teknik yang bertujuan untuk menjatuhkan bola ke daerah lawan dengan tangkisan yang keras. Sehingga lawan akan kesulitan untuk menerima bola dan alhasil grup tersebut akan memperoleh poin. Smash dibagi menjadi 6 jenis, yaitu quick smash, semi smash, pull smash, push smash, open smash, dan ace smash.

Di atas adalah informasi yang terkait tentang pengertian bola voli. Bola voli ini adalah olahraga yang melatih kelincahan dan fokus dalam bermain. Selain itu, ia juga mengajarkan para pemain untuk saling bekerja sama agar memenangkan pertandingan dalam waktu bola voli yang sudah ditetapkan. Semoga bermanfaat!

Cari Artikel di Sini