Pengertian Wirausaha adalah sikap atau kemampuan dalam membuat sesuatu yang unik, baru dan memiliki nilai. Sesuatu tersebut dapat bermanfaat bagi orang lain maupun diri sendiri. Menjadi wirausaha harus memiliki sikap mental dan jiwa yang kreatif. Kedua hal tersebut harus dimiliki untuk dapat meningkatkan usaha atau kegiatan yang ia tekuni.

Pengertian Wirausaha Secara Umum

Pengertian Wirausaha dapat diartikan sebagai orang yang berani berusaha secara mandiri dalam mengerahkan segala sumber daya dan upaya yang ada. Wirausaha harus mampu memiliki kepandaian dalam mengenali produk, menentukan cara produksi, memasarkan, mengatur permodalan operasi dan sebagainya.

Pengertian Wirausaha Secara Umum adalah orang yang menjalan usaha dengan kemungkinan terjadinya keuntungan atau kerugian. Menjadi seorang wirausaha harus memiliki kesiapan mental yang besar karena harus menghadapi salah satu dari keadaan tersebut. Tidak heran jika wirausaha selalu memiliki karakteristik khusus yang melekat pada dirinya.

Definisi Wirausaha pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu orang yang berbakat atau pandai dalam mengenai produk baru. Wirausaha juga mampu menentukan cara produksi, menyusun operasi produk dan permodalannya.

Arti Wirausaha juga dapat diartikan sebagai kemampuan untuk berdiri sendiri dalam mengejar peluang untuk mengelola usaha dan pengalaman untuk memacu kreativitas.

Pengertian Wirausaha Menurut Ahli

Berikut ini beberapa Pengertian Wirausaha Menurut Ahli :

1. Robbin & Coulter

Apa Itu Wirausaha? Wirausaha adalah proses seseorang atau kelompok individu dalam menggunakan upaya yang terorganisir dan sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan sesuatu. Suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi peluang dan menciptakan sebuah inovasi dan keunikan.

2. Arif F Hadipranata

Wirausaha Adalah sosok yang berani mengambil resiko untuk mengelola dan mengatur segala urusan. Wirausaha juga akan menerima sejumlah keuntungan finansial dan non finansial.

3. Raymond

Menurut raymond, wirausaha adalah seseorang yang kreatif, inovatif dan mampu mewujudkan kreatifitasnya untuk meningkatkan kesejahteraan diri pada lingkungan dan masyarakat.

4. Achmad Sanusi

Apa Yang Dimaksud Wirausaha? Menurut Achmad Sanusi yaitu suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang menjadi dasar tujuan, siasat, tenaga penggerak, kiat, proses dan hasil bisnisnya.

5. Mas’ud Machfoedz & Mahmud Machfoedz

Wirausaha merupakan seseorang yang mempunyai inovasi untuk mengubah kesempatan menjadi suatu ide yang dapat dijual. Wirausaha juga mampu memberikan nilai tambah pada usaha, biaya, waktu dan kecakapannya untuk mendapatkan keuntungan.

6. Frank Knight

Wirausaha menurut Frank Knight yaitu dapat mencoba dan memprediksi perubahan pasar. Peran seorang wirausaha dalam menghadapi ketidak satpilan pada dinamika pasar sangat dibutuhkan. Sehingga wirausaha harus dapat melakukan berbagai fungsi manajerial mendasar seperti pengawasan dan pengarahan.

Pengertian Wirausaha Menurut Etimologi

Pengertian Wirausaha Menurut Etimologi berasal dari dua kata yang digunakan yaitu wira dan usaha. Wira berarti berwatak agung, manusia unggul, pahlawan, pejuang, gagah berani dan memiliki budi yang luhur. Sedangkan usaha adalah perbuatan atau sikap. Menurut Joseph Schumpeter, wirausaha adalah inovator yang melakukan berbagai perubahan di dalam pasar dengan melewati penggabungan beberapa hal yang baru.

Karakteristik Wirausaha

Menjadi seorang wirausaha tentu memiliki beberapa karakteristik khusus yang melekat pada dirinya. Berikut ini beberapa Karakteristik Wirausaha yang harus dimiliki.

1. Memiliki Rasa Percaya Diri

Menjadi seorang wirausaha harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Ia tidak boleh tergantung kepada orang lain. Kepercayaan dirinya harus kuat, sehingga ia dapat menentukan dan menjalankan usahanya dengan benar.

2. Berorientasi pada Tugas dan Hasil

Salah satu karakteristik dari wirausaha yaitu berorientasi pada tuga dan hasil. Ia memiliki Sikap dan Perilaku Wirausaha yang tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang dibebankan kepadanya serta hasil dari tugas tersebut.

3. Berani Menanggung Resiko

Banyak wirausaha yang gagal ditengah jalan karena ia tidak ingin menanggung resiko atau kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Padahal menanggung resiko berhubungan erat dengan tanggung jawab yang melekat padanya. Seorang wirausaha harus mempertimbangan segala tindakan secara matang terlebih dahulu, sehingga resiko yang akan terjadi dapat diperkirakan terlebih dahulu.

4. Jika Kepemimpinan

Ciri-Ciri Wirausaha yaitu memiliki jiwa kepemimpinan. Jiwa kepemimpinan harus dimiliki oleh wirausaha untuk memimpin anak buah atau pegawainya. Jika tidak memiliki karakteristik yang satu ini, Anda tidak dapat memimpin diri sendiri dan orang lain. Bahkan anak buah akan bertindak semaunya sendiri.

Definisi Umum Pengusaha

Sebagian orang mendefinisikan pengertian pengusaha sebagai kemampuan bertahan secara terus menerus sedangkan menjadi pengusaha sendiri merupakan seni dalam bertahan.

Dengan kata lain, pengusaha merupakan melakukan usaha yang tentunya tidak pantang menyerah. Hal ini karena akan banyak rintangan serta tantangan saat anda memutuskan menjadi seorang pengusaha.

Saat anda memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha, anda tentunya diharuskan untuk mampu bertahan dalam segala kondisi. Membangun usaha tidak hanya mampu memperbesar bisnis dan usaha namun juga harus mampu mempertahankan.

Kelebihan Menjadi Pengusaha

Seorang pengusaha tentunya harus siap dengan kekalahan serta kegagalan dalam bisnis karena tanpa kekalahan dan kegagalan tidak mungkin seseorang bisa menjadi pengusaha yang tangguh dan sukses.

Dalam hal ini, pengertian dan manfaat pengusaha tentunya dapat melatih mental lebih kuat saat menghadapi beragam tantangan. Banyak ditemukan cerita bahwa sebelum menjadi pengusaha sukses, para pelaku bisnis tersebut terlebih dahulu mengalami beragam tantangan.

Modal Pengusaha

Tak dapat dipungkiri bahwa uang adalah salah satu modal penting untuk menjadi seorang pengusaha. Dalam pengertian pengusaha, Memperbesar modal yang berarti anda mengecilkan nilai usaha sedangkan memperbesar nilai usaha beranda anda telah mengecilkan modal yang berbentuk uang.

Hal ini karena memperbesar modal uang lebih baik jika anda memposisikan diri sebagai seorang investor karena hakikatnya pengusaha merupakan seseorang yang melakukan usaha tanpa menyerah dan lelah. Menurut definisi dan pengertian pengusaha, menjadi pengusaha merupakan pekerjaan yang mulai karena mendapatkan rezeki secara langsung dari usaha sendiri.

Perlu diketahui bahwa sekolah tinggi bukanlah modal yang menjanjikan untuk menjadi seorang pengusaha. Dalam dunia wirausaha, learning by doing merupakan prinsip yang paling utama dan nyata. Sehingga modal utama seorang pengusaha bisa dirumuskan menjadi kecerdasan, keberanian, serta ditambah dengan keuletan.

Menurut pengertian pengusaha, antara kecerdasan dan keberanian, keberanian lebih diutamakan sebagai modal merintis usaha. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengusaha kecil serta menengah yang sukses namun hanya berpendidikan rendah. Seseorang yang terlalu pintar dan cerdas akan mempunyai banyak pertimbangan sehingga sulit untuk merintis suatu usaha.

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta yaitu terletak dari sikap mental dan bentuk gerak usaha dari perwujudan tersebut. Wirausaha merupakan bentuk sudah sendiri dimana orang tersebut pasti bekerja sendiri atau memiliki usaha sendiri bukan bekerja pada orang lain.

Sedangkan wiraswasta adalah sikap mental yang berani berdiri dengan kekuatannya sendiri. Sikap wiraswasta biasanya dimiliki oleh karyawan yang bekerja kepada orang lain yang memiliki usaha.

Contoh Wirausaha Sukses

1. Chairul Tanjung

Salah satu wirausaha sukses yaitu Chairul Tanjung. Mungkin banyak orang yang tahu mengenai pahit hidup yang dirasakan oleh Chairul. Ketika ia masih kecil, bisnis usahanya mengalami kebangkrutan hingga membuat keluarganya harus tinggal di rumah kontrakan. Orang tuanya juga kesulitan untuk membayar kuliahnya di Universitas Indonesia.

Melihat keluarganya yang kesulitan. Chairul kemudian membuka usaha fotokopi di kampus Uin sampai berjualan kaos dan buku stensilan. Meski mengalami jatuh bangun, ia tidak pernah menyerah. Ia tekun menjalani bisnisnya hingga kini menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

2. Bob Sadino

Siapa yang tidak kenal dengan Bob Sadino? Bob Sadino menjadi salah satu Contoh Wirausaha Sukses di Indonesia. Kesuksesan yang ia raih tentu tidak mudah karena ia harus pontang-panting dahulu dalam merintis bisnisnya. Bob membulatkan tekatnya untuk menjadi pengusaha ketika 9 tahun bekerja di BUMN.

Bisnis yang ia jalani bermulai dengan bisnis sewa mobil hingga menjadi buruh bangunan. Segala bisnis mengalami kebangkrutan karena kecelakaan yang dialami. Tidak sampai disitu, ia memutuskan untuk berhutang kepada tetangganya, berjualan telur ayam. Berkat kerja keras dan keuletannya ia berhasil mendirikan supermarket yang menjual berbagai produk peternakan dan pertanian.

3. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti merupakan seorang perempuan yang hanya mengantongi ijazah SMP. Meskipun begitu, ia berhasil menjalani bisnisnya dalam bidang perikanan dan pernebangan. Sehingga susi dianggap layak menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada masa Jokowi-JK. Susi memilih berhenti sekolah dan beralih menjadi pengepul ikan di Pangandaran.

Modal awal yang Ia gunakan dalam bisnisnya hanya Rp. 750.000 dari hasil penjualan perhiasannya. Ia mulai membeli ikan dari pelelangan kemudian memasarkannya ke sejumlah restoran. Seiring dengan berjalannya waktu, bisnis yanpeg ia jalani terus bekermbang hingga akhirnya ia membeli pesawat sendiri untuk pengangkut produk lautnya,

Pengertian wirausaha dan berbagai penjelasanya perlu Anda ketahui sebelum Anda memilih menjadi seorang wirausaha. Karena hal tersebut menjadi salah satu bagian ilmu pengetahuan agar Anda dapat stabil dalam menjalankan sebuah usaha pada nantinya. Semangat, kerja keras dan tidak mudah menyerah menjadi bagian penting untuk Anda miliki.

Cari Artikel di Sini