Pengertian Pengideraan Jauh dan Komponen Pentingnya

Pengertian enginderaan jauh adalah pengumpulan informasi mengenai sebuah objek atau daerah dari kejauhan menggunakan data yang diambil dari satelit, pesawat, ataupun kendaraan selam bawah air. Metode yang biasanya digunakan dalam penginderaan jauh atau remote sensing ini meliputi fotografi, radar, spektroskopi, dan juga magnet.

KOMPONEN PENGINDERAAN JAUH

Penginderaan jauh merupakan sebuah sistem yang saling terkoordinasi dan terdiri atas berbagai macam komponen yang terkait. Komponen-komponen dalam penginderaan jauh tersebut meliputi :

1. Sumber tenaga

Tenaga digunakan untuk memantulkan dan memancarkan objek di permukaan bumi. Tenaga ini biasanya terdiri dari tenaga elektromagnetik dari matahari ataupun tenaga buatan.

2. Atmosfer

Atmosfer mempunyai fungsi menghambat ataupun mengganggu tenaga atau sinar matahari yang datang.

3. Interaksi antara Tenaga dan Objek

Kondisi ini dapat dilihat dari rona yang didapat. Objek yang pantulan atau pancaran tenaganya besar akan memiliki rona yang cerah, sedangkan objek yang pantulan tenaganya sedikit akan mempunyai rona gelap.

4. Sensor

Komponen ini berfungsi menerima dan merekam tenaga yang datang dari sebuah objek. Sensor dibedakan menjadi 2, yaitu sensor fotografik dan sensor elektronik.

5. Data Input

Komponen ini berbentuk perolehan data yang dapat dilakukan secara manual visual maupun numerik digital.

6. User

User berkaitan denagn keberhasilan dalam sistem penginderaan jauh. Kemampuan user dalam menerapkan hasil penginderaan jauh menjadikannya sebagai komponen yang sangat penting untuk memperoleh manfaat langsung dari sistem ini.

MANFAAT PENGINDERAAN JAUH

Penginderaan jauh tentunya mempunyai banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai sektor dalam kehidupan ini. seorang ahli geologi yang berhubungan dengan sistem penanggulangan bencana tentu memerlukan informasi dari teknologi penginderaan jauh. Informasi tersebut digunakan untuk mengetahui, memperkirakan potensi, serta melokalisir daerah rawan bencana.

Selain itu, penginderaan jauh juga bermanfaat untuk menentukan struktur geologi, pemantauan daerah bencana gempa dan vulkanik, pemantauan pencemaran laut, pemantauan lapisan minyak di laut, pemantauan distribusi sumber daya alam, dan manfaat lainnya yang berhubungan dengan ilmu geologi.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: