Pengertian, Jenis Pendapatan dan Perbedaan dengan Penghasilan

Pengertian pendapatan adalah arus masuk bruto dari manfaat ekonomi yang timbul dari aktivitas normal perusahaan selama satu periode, bila arus masuk itu mengakibatkan kenaikan ekuitas, yang tidak berasal dari kontribusi penanaman modal. Pengertian pendapatan tersebut dikutip dari Buku Standar Akuntansi Keuangan yang dibuat oleh Ikatan Akuntansi Indonesia.

Dalam pengertian umum, pendapatan merupakan hasil dari sebuah pencaharian usaha. Seorang ahli bernama Budiono menyatakan bahwa pendapatan merupakan hasil dari penjualan faktor-faktor produksi yang dimilikinya kepada sektor produksi. Sedangkan seorang ahli lain bernama Winardi mengatakan bahwa pendapatan merupakan hasil berupa uang ataupun materi lainnya yang dicapai dari penggunaan faktor-faktor produksi.

JENIS-JENIS PENDAPATAN

Menurut Suparmoko dan Artaman, ahli ekonomi, pendapatan secara garis besar dapat dikelompokkan dalam tiga golongan, yaitu :

1. Gaji dan upah, yang merupakan imbalan yang didapat setelah seseorang melakukan pekerjaan untuk orang lain yang diberikan dalam jangka waktu tertentu.

2. Pendapatan dari usaha sendiri, yang merupakan nilai total dari hasil produksi dikurangi dengan biaya-biaya yang dibayar dan usaha tersebut merupakan usaha milik sendiri atau keluarga dimana tenaga kerjanya berasal dari anggota keluarga sendiri.

3. Pendapatan dari usaha lain, yang merupakan perolehan seseorang dengan terlebih dulu mencurahkan tenaga kerja dan biasa disebut sebagai pendapatan sampingan, contohnya dari penyewaan aset berupa rumah, ternak, dan barang lainnya.

PERBEDAAN PENDAPATAN DAN PENGHASILAN

Dalam ilmu ekonomi basic, terkadang income juga diartikan sebagai pendapatan. Meskipun begitu, dalam ilmu akuntansi, ternyata pengertian income berbeda dengan revenue (pendapatan). Income pada dasarnya dapat diperoleh dari nilai kelebihan revenue atas biaya-biaya yang tidak dapat digunakan lagi untuk mendatangkan keuntungan pendapatan di masa yang akan datang (expired cost).

Maka dari itu, penghasilan atau income diartikan sebagai sebuah pendapatan bersih atau laba bersih dari hasil usaha setelah dikurangi dengan biaya-biaya yang menjadi beban. Adapun pendapatan atau revenue lebih diartikan pada pendapatan kotor atau laba kotor dari sebuah usaha yang belum dikurangi dengan beban biaya. Pendapatan atau revenue ini biasanya dikenal sebagai omzet penjualan.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: