Pengertian Peluang Secara Umum, Matematika dan Usaha

Pengertian peluang adalah suatu cara untuk mengungkap pengetahuan atau kepercayaan bahwa suatu kejadian akan berlaku atau telah terjadi. Peluang juga dikenal sebagai kebolehjadian atau probabilitas. Berbicara tentang peluang, tentunya masih sangat umum karena peluang bisa ada dalam berbagai hal seperti peluang dalam ilmu eksak matematika, peluang usaha, peluang bisnis, dan juga peluang lainnya yang berhubungan dengan sains, keuangan, ataupun filsafat.

PELUANG DALAM MATEMATIKA

Dalam ilmu matematika, peluang dianggap sebagai suatu probabilitas atau kejadian dimana sebuah angka menunjukkan kemungkinan terjadinya suatu kejadian. Nilai peluang ini berada diantara 0 sampai dengan 1.

Kejadian yang mempunyai nilai probabilitas 1 merupakan kejadian yang sudah pasti terjadi atau sesuatu yang telah terjadi, contohnya adalah matahari terbit dari timur. Sedangkan suatu kejadian yang nilai probabilitasnya 0 adalah sebuah kejadian yang mustahil atau tidak mungkin terjadi, contohnya sepasang kambing melahirkan seekor sapi.

Dalam matematika, peluang atau probabilitas atas suatu kejadian A terjadi dilambangkan dengan notasi P(A), p(A), atau Pr(A). Sebaliknya, probabilitas yang dilambangkan dengan [bukan A] atau komplemen A merupakan suatu probabilitas bahwa suatu kejadian A tidak akan terjadi yang ditulis dengan rumus 1-P(A).

PELUANG USAHA

Kata peluang selain identik dalam ilmu matematika, juga dapat kita temukan dalam sebuah konsep bisnis. kata peluang berasal dari bahasa Inggris opportunity yang mempunyai arti kesempatan yang muncul dari suatu kejadian ataupun momen. Peluang usaha merupaan suatu kesempatan yang datang sehingga dapat dimanfaatkan oleh individu atau badan usaha untuk mendapatkan keuntungan.

Contoh peluang usaha yang saat ini sedang booming dikalangan masyarakat adalah bisnis online di era serba digital. Bisnis jenis ini sangat menjanjikan asalkan pelakunya mampu untuk terus berusaha, berinovasi, serta bersaing dengan banyaknya penjual di pasaran. Selain itu, didunia nyata peluang usaha juga cukup banyak yang bisa anda temukan, seperti usaha budidaya hewan, tanaman pertanian, dan juga perkebunan. Keduanya tetap membutuhkan ketekunan dan keuletan dari pelaku usahanya demi menghasilkan keuntungan yang signifikan.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: